uefau17.com

6 Fakta O.J. Simpson Meninggal Dunia, Keluarga Minta Privasi hingga Sosok Inspirasi - Global

, Las Vegas - O.J. Simpson meninggal dunia. Bintang sepak bola Amerika dan aktor Hollywood yang dibebaskan dari tuduhan membunuh mantan istri dan temannya dalam persidangan yang memukau publik dan mengungkap perpecahan ras di Amerika mengembuskan napas terakhir di usia 76 tahun.

Berikut ini enam fakta terkait O.J. Simpson meninggal dunia, mengutip Associated Press dan NBC News, Jumat (12/4/2024):

1. Pengumuman Kematian O.J. Simpson Via Akun Resmi Twitter X

Pihak keluarga mengumumkan di akun resmi X yang dahulu Twitter milik Simpson bahwa dia meninggal pada hari Rabu 10 April 2024.

2. Meninggal Karena Kanker

Pihak berwenang menyebut O.J. Simpson meninggal dunia karena kanker prostat.

3. Meninggal di Las Vegas

Pihak berwenang mengatakan pada Kamis (11/4) bahwa O.J. Simpson meninggal di Las Vegas.

4. Keluarga Minta Privasi

O.J. Simpson, mantan bintang National Football League (NFL) yang dibebaskan dari pembunuhan mantan istrinya dan temannya dalam persidangan yang disiarkan televisi yang melanda AS, telah meninggal karena kanker, menurut keluarganya.

"Dia dikelilingi oleh anak-anak dan cucu-cucunya," kata keluarga tersebut dalam sebuah pernyataan yang diposting di X. "Selama masa transisi ini, keluarganya meminta Anda menghormati keinginan mereka akan privasi dan rahmat."

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

5. Kemoterapi dan Laporan Perawatan Hospice

NBC menyebut laporan beredar pada bulan Februari bahwa Simpson telah didiagnosis menderita kanker prostat dan berada dalam perawatan hospice saat menjalani kemoterapi. Dia menyangkal berada di rumah sakit dalam video yang diposting di X, namun tidak menyebutkan apakah dia telah didiagnosis menderita kanker.

"Hospice ? hospice ? Anda berbicara tentang hospice?" katanya dalam video sambil tertawa, seraya menambahkan bahwa dia tidak tahu siapa yang memulai rumor tersebut.

Mengutip cancer.org, perawatan hospice berfokus pada kualitas hidup seseorang saat mereka mendekati akhir hayatnya. Hospice merawat orang dan gejala kankernya, bukan kanker itu sendiri. Sebuah tim profesional perawatan kesehatan bekerja sama untuk menangani gejala, tekanan, dan masalah spiritual.

3 dari 4 halaman

6. Duka Cita, Sosok Inspirasi

Reaksi atas kematian O.J. Simpson mulai bermunculan. Komentar-komentar yang terus bermunculan di media sosial, media, dan televisi dari tokoh masyarakat dan orang-orang yang mengenalnya secara pribadi mencerminkan perpecahan yang masih ada atas pembebasan kasus pembunuhan yang terkenal menjeratnya.

Pengacara Alan Dershowitz, yang bekerja sebagai penasihat hukum di tim pembela kriminal Simpson, mengakui kepada NBC News dalam pernyataan terpisah bahwa persidangan pembunuhan tahun 1994 dan akhirnya pembebasannya adalah bagian besar dari warisan Simpson.

"Saya tahu dia sakit parah, jadi saya sedih dia meninggal," kata Dershowitz kepada NBC News. "Saya mengenalnya dengan cukup baik selama persidangan. Itu adalah salah satu persidangan yang paling memecah belah dalam sejarah Amerika berdasarkan ras. Dia akan selalu dikenang karena pengejaran Bronco, sarung tangannya, dan saat pembebasannya."

Sejumlah selebriti juga menyampaikan reaksi atas kematian Simpson. Episode program "The View" hari Kamis (11/4) memulai acara paginya dengan pembawa acara bersama Whoopi Goldberg memberikan berita kepada penonton sebelum melanjutkan ke percakapan yang lebih luas tentang persidangan tersebut.

Co-host Sunny Hostin, yang merupakan seorang pengacara, menceritakan bahwa hasil persidangan Simpson adalah bagian dari inspirasinya untuk mengejar karir di bidang hukum.

"Saya ingat merasakan ketidakadilan yang besar terjadi. Itu salah satu alasan saya menjadi jaksa," kata Hostin, merujuk pada pembebasan Simpson. “Bagi saya, tragedi itu adalah ketidakadilan.”

Pembawa acara Alyssa Farrah Griffin setuju bahwa pembebasan tersebut "adalah kegagalan keadilan" dan ditujukan kepada keluarga Brown dan Goldman.

"Bagi saya, ketika orang seperti ini meninggal, satu-satunya yang ada di pikiran saya adalah, saya harap ini memberikan kedamaian bagi keluarga para korban," kata Griffin. "Mereka memang memenangkan gugatan perdata setelah kejadian tersebut, karena saya setuju bahwa hal tersebut merupakan sebuah ketidakadilan, namun hal tersebut tidak menyelesaikan masalah. Jadi, saya berharap hal ini dapat membantu mereka menemukan kedamaian."

Caitlyn Jenner, mantan atlet Olimpiade dan tokoh reality TV, membagikan pesan singkat sebagai tanggapan atas kematian Simpson.

"Hari Pembebasan," tulis Jenner di media sosial. Jenner sebelumnya menikah dengan Kris Jenner, yang mendiang suaminya, pengacara California Robert Kardashian, adalah teman Simpson dan membantu pembelaannya selama persidangan pembunuhan.

Beberapa atlet juga memberikan pesan penghormatan atas warisan Simpson. Sebelum pembunuhan Brown dan Goldman, Simpson mendapatkan ketenaran sebagai mahasiswa yang menonjol di USC — memenangkan trofi Heisman pada tahun 1968 — dan selama 11 musimnya di NFL, sembilan musim pertama dihabiskan bersama Buffalo Bills.

"O.J. Simpson adalah pemain pertama yang mencapai rekor terburu-buru yang menurut banyak orang tidak dapat dicapai dalam 14 pertandingan musim ketika dia mencapai jarak 2.000 yard. Kontribusinya di lapangan akan disimpan di arsip aula di Canton, Ohio," kata Jim Porter, presiden Professional Football Hall of Fame, dalam sebuah pernyataan.

Beberapa pemain sepak bola profesional, termasuk Jevon Holland, Eric Ebron dan Darius Slayton, bereaksi terhadap kematian Simpson dengan postingan media sosial yang bertuliskan Rest in Peace (Istirahat dalam Damai).

 

4 dari 4 halaman

O.J. Simpson dan Kasus yang Menggemparkan

O.J. Simpson mendapatkan ketenaran, kekayaan, dan sanjungan melalui sepak bola dan bisnis pertunjukan, tetapi warisannya selamanya berubah gara-gara kasus pembunuhan mantan istrinya, Nicole Brown Simpson, dan temannya Ronald Goldman di Los Angeles pada bulan Juni 1994. 

Laporan AP menyebut ayah Goldman, Fred, dan saudara perempuannya, Kim, mengeluarkan pernyataan yang mengakui bahwa "harapan untuk akuntabilitas sejati telah berakhir."

Pada 3 Oktober 1995, mantan bintang sepak bola AS O.J. Simpson dibebaskan dari tuduhan pembunuhan ganda yang sadis pada 1994 terhadap istrinya, Nicole Brown Simpson, dan temannya, Ronald Goldman, tepat di akhir persidangannya yang kontroversial.

Hari itu, sekitar 140 juta orang Amerika mendengarkan melalui radio atau menonton di televisi saat vonis dijatuhkan.

Setelah persidangan panjang selama 252 hari itu, Simpson dibebaskan karena pengacara -kerap disebut dream team– menggunakan metode yang kreatif dan kontroversial untuk meyakinkan hakim bahwa Simpson tidak terbukti bersalah dan dapat menghindar dari bukti yang melibatkannya sebagai pembunuh.

Simpson dibebaskan dari pembunuhan pada tahun 1995, tetapi juri dalam persidangan perdata kemudian memutuskan dia bertanggung jawab atas kematian Brown dan Goldman, dan dia diperintahkan untuk membayar ganti rugi sebesar $33,5 juta kepada anggota keluarga mereka.

Ganti rugi itu kabarnya tidak pernah dibayar penuh.

CBS News melaporkan bahwa sebagai bintang National Football League, aktor, dan penyiar sebelum pembunuhan istrinya yang terasing pada tahun 1994, Simpson dengan cepat menarik perhatian dan ketenaran global ketika ia dituduh melakukan pembunuhan ganda terhadap Nicole Brown dan temannya, Ron Goldman. Pengadilan pidana, yang secara luas dianggap sebagai "pengadilan abad ini" kala itu, mendapatkan liputan media yang obsesif dan penayangan massal serta memicu perdebatan yang terus berlanjut di forum publik selama beberapa dekade.

Bebas dari kasus pembunuhan, Simpson kemudian pada tahun 2008 dihukum karena perampokan bersenjata dan kejahatan lainnya, termasuk tuduhan kepemilikan senjata, yang berasal dari insiden di Las Vegas tahun sebelumnya di mana dia dan beberapa terdakwa lainnya mencuri memorabilia olahraga yang diklaim Simpson sebagai miliknya. Dia akhirnya menjalani hukuman sembilan tahun di penjara terpencil di Nevada dan dibebaskan pada tahun 2017.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat