uefau17.com

Tak Punya Kandung Kemih, Bagaimana Caranya Burung Kencing? - Global

, Jakarta - Burung tidak memiliki kandung kemih, jadi bagaimana caranya mereka kencing?

Tidak mempunyai kandung kemih ini ada hubungannya dengan penerbangan.

"Kencing mereka tidak mirip dengan kita," kata Sushma Reddy, profesor ornitologi di University of Minnesota, dikutip dari Live Science, Senin (13/2/2023).

"Kencing mereka bukan cairan," lanjutnya.

Sebagai gantinya, burung menjatuhkan pasta putih yang mengandung kencing dan kotoran.

Burung memiliki satu lubang untuk membuang kotoran yang disebut kloaka.

Kloaka adalah anatomi burung yang multifungsi. Ini mengarah ke saluran kemih, pencernaan dan reproduksi.

Melalui lubang kloaka, burung secara bersamaan buang air kecil dan buang air besar.

Reddy mengatakan bahwa nenek moyang burung yakni dinosaurus, juga memiliki kloaka. Begitu juga amfibi, reptil, beberapa ikan, dan monotremata seperti platipus.

Dari perspektif evolusi pada burung, metode ekskresi limbah ini kemungkinan dipertahankan karena merupakan adaptasi terhadap penerbangan.

Dibutuhkan juga banyak energi untuk mempertahankan kepakan sayap, sehingga burung harus tetap ringan dan menjaga nutrisi penting untuk penerbangan jangka panjang dan mengeluarkan barang yang tidak mereka butuhkan dengan cepat dan efisien saat terbang.

Terbang membantu menjelaskan perbedaan antara sistem kemih burung dan mamalia. Mamalia membuang limbah nitrogen dengan mengubah amonia (zat beracun) menjadi urea yang kemudian diencerkan dalam cairan. Ini adalah urine yang dikeluarkan oleh manusia dan mamalia lainnya.

Burung mengubah limbah nitrogen yang dikeluarkan oleh ginjal menjadi asam urat, yang tidak larut dalam air dan keluar sebagai padatan, seperti yang dijelaskan dalam manual tentang "sistem unggas" dari University of Wisconsin-Madison's Extension Kabupaten Dodge.

Artinya, burung dapat menghemat air dan tidak perlu membawa kandung kemih yang berat dan penuh.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Ada Jejak Asam Urat dalam Urine Burung

Kencing burung mungkin lebih kompleks dari yang kita kira.

Sebuah studi yang diterbitkan pada 2020 di Journal of Ornithology, menguji komposisi kimia dari urine enam spesies unggas dan tidak menemukan jejak asam urat.

Sebaliknya, para ilmuwan menemukan senyawa yang terbuat dari amonium, magnesium, dan fosfat. Hasil mereka menunjukkan bahwa proses yang tidak diketahui mengubah asam urat tepat sebelum keluar dari kloaka.

Studi selanjutnya dengan lebih banyak spesies burung dapat membantu menjelaskan transformasi misterius ini.

Sebelum membaca makalah penelitian terbaru itu, Reddy mengatakan bahwa ia dan ahli ornitologi lainnya akan dengan tegas menyatakan bahwa asam urat adalah bahan utama kotoran burung.

"Kadang-kadang hal-hal yang ada di buku teks persis seperti yang harus kita uji lagi," ucap Reddy tentang temuan itu.

Reddy menggunakan kotoran burung untuk mempelajari DNA, sehingga memahami komposisi yang tepat dari kencing burung penting untuk pekerjaannya.

Laboratoriumnya menggunakan kotoran dari burung piping plovers (Charadrius melodus) yang terancam punah sebagai cara non-invasif untuk mengumpulkan sampel genetik yang memberikan informasi tentang pola makan burung, mikrobiomanya, dan bahkan penyakitnya.

Menurut Reddy, DNA yang diperoleh dari kencing seperti "lensa ke semua hal berbeda yang dapat kita ceritakan tentang burung".

3 dari 4 halaman

Tentang Burung Piping Plovers

Burung piping plovers adalah burung penghuni pantai seukuran burung pipit.

Burung ini adalah harta karun Amerika Utara yang sesungguhnya.

Ditemukan hanya di sepanjang pantai Atlantik, mengelilingi Great Lakes dan di dataran alkalai di Great Plains utara, burung ini mendapatkan namanya dari peluit mirip lonceng yang digunakannya untuk komunikasi.

Populasi pedalaman burung piping plovers terancam punah dan populasinya di pesisir juga terdaftar sebagai terancam menurut Endangered Species Act of 1973.

Piping plovers adalah burung yang umum di sepanjang pantai sampai akhir abad ke-19, ketika bulu mereka dicari untuk perdagangan pembuatan topi.

Karena perburuan piping plovers dan burung lainnya yang berlebihan, Amerika Serikat (AS) mengesahkan Migratory Bird Act of 1918. Undang-undang ini berfungsi untuk meningkatkan populasi piping plovers hingga pertengahan abad ketika kesejahteraan burung sekali lagi terancam, kali ini melalui peningkatan pengembangan dan penggunaan rekreasi pantai.

4 dari 4 halaman

Burung Piping Plovers Rentan terhadap Gangguan Manusia

Piping plovers sangat rentan terhadap gangguan manusia. Sebab, mereka adalah burung bersarang di tanah yang membuat rumah mereka di pantai terbuka berpasir.

Tidak hanya kehilangan habitat, tetapi keberhasilan pembiakan dan pemeliharaan pun terancam oleh berbagai hal. Misalnya, lalu lintas kendaraan dan pejalan kaki, peningkatan populasi pemangsa yang tertarik pada sampah manusia, dan hewan peliharaan yang tidak terpantau.

Perubahan ekologi pesisir juga memengaruhi populasi mangsa burung seperti serangga dan invertebrata air kecil, dan modifikasi topografi garis pantai dapat membuat sarang lebih rentan terhadap air pasang, badai, dan angin.

Piping plovers bersifat monogami, proses bertelurnya juga panjang dan berbahaya bagi keturunan yang belum menetas.

Sekitar empat telur diletakkan selama 6 hingga 7 hari, tetapi sarang biasanya tidak dierami selama proses selama seminggu ini.

Telur yang tidak terpantau disamarkan dengan baik yang menawarkan perlindungan, tetapi dengan meningkatnya lalu lintas sarang sering dihancurkan atau ditinggalkan tanpa disadari.

Meski begitu, populasi burung piping plovers di AS hampir tiga kali lipat dalam beberapa tahun sejak mereka pertama kali dilindungi di bawah Endangered Species Act, berkembang menjadi 1.550 pasang pada 2011.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat