uefau17.com

Tuai Kontroversi, Pangeran Saudi Mohammed bin Salman Tak Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II - Global

, London - Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed Bin Salman tidak lagi diharapkan menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II, kata sumber Kantor Luar Negeri Inggris.

Dilansir BBC, Senin (19/9/2022), sumber tersebut, dikutip Reuters, mengatakan perubahan itu dilakukan oleh pihak Saudi.

Kelompok hak asasi manusia telah mengkritik keputusan untuk mengundang Putra Mahkota, yang merupakan penguasa de facto Arab Saudi.

Pangeran, yang dikenal sebagai "MBS", telah dituduh oleh intelijen Barat memerintahkan pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi pada 2018.

Dia menyangkal tuduhan itu. Tapi dia telah dilihat sebagai sesuatu yang paria di Barat dan belum pernah ke Inggris sejak pembunuhan di dalam Konsulat Saudi di Istanbul, kata koresponden keamanan BBC Frank Gardner.

Sumber yang dekat dengan Kedutaan Besar Saudi sebelumnya mengkonfirmasi bahwa Putra Mahkota akan mengunjungi London akhir pekan ini. Tetapi Pangeran Turki al-Faisal, bangsawan senior Saudi lainnya, diperkirakan akan menghadiri pemakaman sebagai gantinya, kata sumber Kantor Luar Negeri.

Kelompok hak asasi manusia mengatakan undangan kepada Mohammed Bin Salman mewakili pengapuran catatan hak asasi manusia Saudi yang mengerikan.

Undangan ke China juga menimbulkan kontroversi, karena perlakuan Beijing terhadap Muslim Uyghur di Xinjiang. China telah mengkonfirmasi bahwa mereka mengirim Wakil Presidennya, Wang Qishan, ke pemakaman.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Xi Jinping Juga Tak Hadir

Selain Pangeran Saudi, undangan untuk China juga menuai kontroversi. 

Sejumlah anggota parlemen Inggris mengatakan bahwa undangan pemerintah China ke pemakaman Ratu Elizabeth II harus ditarik.

Anggota parlemen senior Tory, Tim Loughton dan Sir Iain Duncan Smith termasuk di antara mereka yang telah menulis surat kepada menteri luar negeri untuk menyatakan keprihatinan.

Mereka mengatakan "luar biasa" bahwa "arsitek" genosida terhadap minoritas Uyghur telah diundang.

Presiden China Xi Jinping ada dalam daftar tamu untuk pemakaman kenegaraan tetapi diperkirakan tidak akan hadir. 

Sebagai gantinya, Presiden China Xi Jinping mengutus Wakil Presiden Wang Qishan menghadiri upacara pemakaman Ratu Elizabeth II di Inggris.

Kedatangan Wang atas undangan pemerintah Kerajaan Inggris, demikian pernyataan juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Mao Ning.

3 dari 4 halaman

PM Inggris Liz Truss Akan Bertemu Pemimpin Dunia Jelang Pemakaman Ratu Elizabeth II

Perdana Menteri Inggris Liz Truss akan bertemu sejumlah pemimpin dunia menjelang pemakaman Ratu Elizabeth II pada Senin, termasuk Presiden Joe Biden.

Perdana menteri akan mengadakan pembicaraan informal dengan pemimpin AS - dan para pemimpin Kanada, Polandia dan Irlandia - pada hari Minggu.

Dia akan bertemu rekan-rekannya dari Australia dan Selandia Baru pada hari Sabtu, demikian seperti dikutip dari MSN News, Sabtu (17/9/2022).

Pemakaman hari Senin akan menjadi salah satu acara diplomatik terbesar dalam beberapa tahun terakhir, dengan sekitar 500 kepala negara dan pejabat asing diperkirakan akan hadir.

Ini akan memberi Ms Truss kesempatan untuk bertemu rekan-rekan asing kurang dari dua minggu setelah menjabat.

Downing Street menambahkan bahwa pertemuan lebih lanjut yang akan berlangsung selama akhir pekan dapat diperbaiki pada hari Jumat nanti.

4 dari 4 halaman

Pertemuan Perdana sebagai PM Inggris

Meskipun dia bertemu Biden ketika dia menjadi menteri luar negeri, pertemuan akhir pekan ini dengannya akan menjadi yang pertama bagi Truss sebagai perdana menteri Inggris.

No 10 mengatakan pertemuan itu akan berlangsung di Downing Street pada hari Minggu, bersama dengan pertemuan dengan Taoiseach Irlandia (Perdana Menteri) Micheál Martin, PM Kanada Justin Trudeau, dan Presiden Polandia Andrzej Duda.

Sebelum ini, Truss juga akan bertemu PM Australia Anthony Albanese dan PM Selandia Baru Jacinda Ardern pada hari Sabtu di Chevening, retret resmi negara menteri luar negeri di Kent.

Truss juga akan menghadiri Majelis Umum PBB di New York minggu depan, di mana pertemuan lebih lanjut dengan para pemimpin global diharapkan.

Downing Street mengatakan pembicaraan akhir pekan ini tidak akan menjadi pertemuan bilateral formal karena periode berkabung resmi selama 10 hari, yang berarti tidak akan ada akses media.

Media tidak akan menerima ringkasan diskusi seperti yang biasanya terjadi setelah pertemuan PM dengan para pemimpin asing, No 10 menambahkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat