uefau17.com

El Salvador Lirik Bitcoin untuk Bebas dari Mata Uang Fiat - Crypto

, Jakarta - Wakil Presiden El Salvador, Felix Ulloa baru-baru ini menyatakan bahwa Bitcoin (BTC) kemungkinan akan menjadi alat untuk membebaskan negara itu dari penggunaan mata uang fiat, termasuk dolar Amerika Serikat.

Melansir News.bitcoin.com, Minggu (16/6/2024) dalam wawancara dengan Russia Today (RT) di sela-sela San Petersburg International Economic Forum (SPIEF), Ulloa menyoroti peluang yang dibawa oleh adopsi Bitcoin ke negara tersebut terhadap kebebasan ekonomi.

Ketika ditanya tentang kemungkinan de-dolarisasi El Salvador dan kaitannya dengan Bitcoin, Ulloa menekankan bahwa pemerintahannya telah mempelajari kasus tersebut sebelumnya.

"Untuk ini, Bitcoin telah menjadi sebuah pilihan; dan tidak hanya Bitcoin tetapi juga mata uang kripto lainnya yang beredar di pasar internasional," jelas Ulloa.

Tahun lalu, El Salvador mengesahkan undang-undang aset digital, yang mencakup mata uang kripto, token, dan aset digital lainnya untuk memajukan liberalisasi ekonomi, dia menyoroti.

Sebelumnya, Ulloa juga menyoroti peran Bitcoin dalam kebangkitan perekonomian El Salvador, memperkuat hubungan antara kripto dan industri pariwisata.

Pada Oktober 2023, ia menilai bahwa "pariwisata dan penggunaan mata uang digital berjalan seiring dan merupakan tanda masa depan dan kelahiran kembali negara kita."

Sebagai informasi, El Salvador mengadopsi dolar AS pada tahun 2020, mengizinkan penggunaannya untuk semua transaksi komersial dan keuangan sambil berupaya meningkatkan angka perekonomiannya.

Ulloa menyatakan bahwa El Salvador ingin membebaskan perekonomiannya dari bank sentral dan juga dari ketergantungan tersirat pada mata uang fiat, seperti dolar AS, euro, poundsterling, dan lainnya.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

El Salvador Berhasil Tambang 473 Bitcoin Gunakan Energi Panas Bumi

El Salvador, negara pertama yang mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah, dilaporkan telah menambang 473,5 Bitcoin ke perbendaharaannya menggunakan energi panas bumi. 

Dilansir dari Yahoo Finance, Selasa (21/5/2024), menurut laporan, data resmi yang dirilis oleh The Bitcoin Office of El Salvador (ONBTC) mengungkapkan jumlah bitcoin ini ditambang sejak 2021 menggunakan daya 1,5 MW dari kompleks vulkanik Tecapai.

Bitcoin ditambang oleh 300 penambang di pembangkit listrik tenaga panas bumi Berlin menggunakan energi yang disediakan oleh kompleks vulkanik Tecapa. Mata uang kripto ini adalah bagian dari lebih dari 5.750 BTC yang saat ini disimpan El Salvador di alamat perbendaharaan publiknya, yang diungkapkan oleh Presiden Nayib Bukele awal tahun ini.

Bukele sempat melontarkan beberapa komentar tentang pemanfaatan energi panas bumi, sejenis tenaga yang diperoleh dari uap yang dipanen dari reservoir yang terletak di bawah bumi untuk menjalankan turbin. 

Dia bahkan memposting video yang menunjukkan dimulainya operasi pembangkit listrik tenaga panas bumi di Berlin, menampilkan koneksi beberapa penambang bitcoin. 

Meskipun demikian, ini adalah salah satu peluang pertama di mana pemerintahan Bukele menawarkan keseimbangan mengenai hasil dari inisiatif pertambangan ramah lingkungan ini.

Proyek ini rencananya akan diperluas, mengingat hanya 1,5 MW dari 120 MW yang diproduksi oleh pembangkit listrik di Berlin yang saat ini digunakan untuk tujuan ini. 

Pada 2022, Bukele mengonfirmasi negara tersebut telah melakukan investasi untuk meningkatkan kapasitas jaringan listrik panas bumi, dan mengungkapkan mereka telah menemukan sumur yang mampu menghasilkan 95 MW pada 2022. 

Ini mungkin merupakan seluruh listrik yang dibutuhkan untuk menggerakkan Bitcoin City, sebuah kota metropolitan yang diumumkan oleh presiden pada 2021 yang akan digerakkan oleh energi hijau.

3 dari 3 halaman

Bitcoin City Bakal Hadir di El Salvador?

Pada 2022, Bukele mengonfirmasi negara tersebut telah melakukan investasi untuk meningkatkan kapasitas jaringan listrik panas bumi, dan mengungkapkan mereka telah menemukan sumur yang mampu menghasilkan 95 MW pada 2022. 

Ini mungkin merupakan seluruh listrik yang dibutuhkan untuk menggerakkan Bitcoin City, sebuah kota metropolitan yang diumumkan oleh presiden pada 2021 yang akan digerakkan oleh energi hijau.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat