uefau17.com

Bikin Masakan Tambah Enak, Begini Trik Praktis Buat Minyak Bawang Putih Anti Pahit - Citizen6

, Jakarta Sudah rahasia umum bahwa bawang putih menjadi salah satu bumbu yang hampir selalu ada dalam berbagai masakan. Pasalnya, bawang putih bisa dikatakan sebagai salah satu bumbu kunci agar rasa masakan jadi lebih gurih. 

Untuk mempercepat proses memasak, banyak orang membuat olahan minyak bawang putih. Biasanya, minyak bawang putih ini banyak ditambahkan pada bubur, nasi goreng, mie ayam, bakmi, dsb. 

Lalu, bagaimanakah cara membuat minyak bawang putih yang praktis, awet, dan tidak pahit? Temukan langkah-langkahnya dalam penjelasan yang dirangkum dari akun TikTok @makremp0n9 pada Kamis (20/6/2024) berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Bahan-bahan

Beberapa bahan minyak bawang putih adalah sebagai berikut:

  • 500 gr bawang putih (atau sesuai dengan berapa banyak yang ingin dibuat)
  • 3 butir bawang merah
  • 1 ruas jahe 
  • Minyak goreng
3 dari 10 halaman

Haluskan Seluruh Bahan

Langkah pertama, haluskan bawang putih, bawang merah, dan jahe. Bisa dicincang halus menggunakan pisau, diblender kasar, ataupun dihaluskan menggunakan chopper.

4 dari 10 halaman

Tumis Sampai Harum

Siapkan panci atau wajan yang sudah diisi minyak goreng, pastikan banyaknya minyak bisa merendam bawang. Masukkan bawang yang sudah dihaluskan, baru nyalakan api kecil. Aduk-aduk sampai harum dan warna bawang sedikit menguning. 

5 dari 10 halaman

Tunggu Minyak Bawang Dingin

Jika sudah harum dan sedikit menguning, segera matikan api dan tunggu hingga dingin. Jangan tunggu sampai kecoklatan, karena ketika api dimatikan panas yang tersisa akan terus memasak bawang dan merubah warnanya perlahan-lahan. 

6 dari 10 halaman

Masukkan ke dalam Food Container

Jika suhunya sudah turun, masukkan minyak bawang ke dalam food container atau wadah apapun yang kedap udara, lalu simpan ke dalam kulkas. Minyak bawang pun siap dipakai kapanpun, dan tahan selama 3-6 bulan. Selamat mencoba!

7 dari 10 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar

8 dari 10 halaman

Bolehkah Bayi Diberi Minyak Bawang?

Penggunaan minyak bawang merah tidak disarankan, demikian juga dengan balsam untuk bayi dalam mengatasi demam karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Iritasi ini dapat mengganggu kenyamanan dan mempengaruhi perkembangan bayi. Bayi sering kali merasa tidak nyaman ketika minyak bawang digunakan. Sebaiknya, penggunaannya dihindari.

9 dari 10 halaman

Minyak Bawang Putih untuk Apa Saja?

Minyak atsiri bawang putih sangat efektif dalam mencegah infeksi jamur dan kutil berkat sifat anti jamurnya yang kuat. Penggunaannya juga bermanfaat untuk mengobati penyakit kulit seperti kurap dan panu yang disebabkan oleh jamur.

10 dari 10 halaman

Apakah Minyak Bawang Sehat?

Berdasarkan penelitian yang dimuat di sciencedirect pada tahun 2022, minyak bawang putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti efek anti-mikroba, perlindungan jantung, perlindungan dari kanker, mencegah Alzheimer, menghambat pertumbuhan jamur, mengatur kadar gula darah, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat