uefau17.com

Pertama di Indonesia, Berkenalan dengan Tim Profesional Drone Show Indo - Citizen6

, Bandung Tim Drone Show Indo berhasil mengamankan legalitas dokumen dari Kementerian Perhubungan sebagai operator Drone Light Show. Semua tahapan pengujian hingga demonstrasi bisa dilalui dengan prosedur yang sudah ditentukan.

Dalam tahap demonstrasi di Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, akhir pekan lalu, pertunjukan drone dilakukan dengan ratusan drone terbang bersamaan membentuk ragam formasi. Warna warni dari LED menambah kesan suguhan yang menarik.

Bentuk dan tulisan terpancar dari cahaya dan formasi yang presisi. Para penonton yang hadir di lokasi pun mengabadikan melalui gawai pintar mereka.

Sebelum menerbangkan ratusan drone, Tim Drone Show Indo mempersiapkan segala sesuatunya dengan teliti dan sesuai prosedur yang sudah dirumuskan. Instalasi tenda meja Ground Station Control (GSC) dan alat pendukung juga dilakukan dengan cermat untuk memastikan semua peralatan berfungsi dengan baik.

Tahap pre-flight dan monitor check dilakukan dengan teliti oleh tim teknis dan penguji dari Kemenhub. Mereka memastikan semua drone berfungsi dengan baik dan siap untuk terbang.

Pengujian ini mencakup pemeriksaan sistem navigasi, kestabilan terbang, serta keamanan operasi drone. Indikator keberhasilan pengujian meliputi stabilitas terbang, responsivitas kontrol, dan keakuratan navigasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Evaluasi aspek keselamatan

Semua persiapan yang rumit itu terbayar dengan suksesnya ratusan drone membentuk ragam formasi. Usai pertunjukan, tim pun memastikan semua hal yang berkaitan dengan aspek keselamatan dievaluasi.

"Demonstrasi penerbangan drone ini bertujuan untuk memperkuat keahlian dalam penerbangan dan memastikan kompetensi operasi drone kami," ujar Fadel Yasrawi, selaku Direktur Drone Show Indo.

"Drone Show Indo berkomitmen untuk terus mengembangkan teknologi drone yang inovatif dan berfokus pada keselamatan serta kepatuhan terhadap regulasi. Kami bersyukur semua tahap pengujian bisa dilewati dengan sukses," jelas dia lagi.

Ia menegaskan, tim berusaha menjadi mitra tepercaya dalam industri drone, menyediakan solusi komprehensif yang mencakup teknologi mutakhir, pelatihan, dan dukungan operasional bagi mitra bisnis di seluruh dunia dengan keamanan yang teruji melalui Specific Operations Risk Assessment (SORA).

 

3 dari 4 halaman

Telah menjalani semua tahapan pengujian

Di tempat yang sama, Capt. Meddy Yogastoro, perwakilan dari Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), mengatakan tim Drone Show Indo sudah menjalani semua tahapan pengujian sejak Februari 2024.

Pihaknya mengecek semua dokumen, alat, prosedur, kecakapan pilot dan aspek keselamatan yang mereka miliki. Demonstrasi penerbangan ratusan drone adalah tahap akhir yang harus dilalui.

"Tim ini bisa menjadi operator drone light show dengan 200 unit drone. Demonstrasi yang dilakukan menunjukkan kemampuan terbangnya. Kami akan memberikan persetujuan sebagai operator drone light show," jelas dia.

"Ini sebenarnya pembuktian kami melihat prosedur, kami melihat apakah sesuai. Setelah mampu, kami akan memberikan surat persetujuan dan SORA. Mereka bisa terbang di ruang kontrol air space, malam hari, siang hari dan itu bisa berlaku satu tahun ke depan. Kami akan monitor," ia melanjutkan.

 

4 dari 4 halaman

Hasil evaluasi

Hasil evaluasinya, tim Drone Show Indo sudah mampu mengendalikan ratusan drone, tim dan pilotnya dinilai handal, prosedur keselamatan pun dijalankan dengan sangat baik. Mereka pun serius memastikan akurasi konektivitas dengan jaringan bisa berjalan maksimal.

Di sisi lain, Kemenhub sudah menerbitkan 9 ribu sertifikat untuk pilot, lalu mengeluarkan dokumen perizinan untuk 1,700 unit drone untuk kategori non hobi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat