uefau17.com

7 Rekomendasi Gim Survival yang Paling Menantang, Berani Coba? - Citizen6

, Jakarta Gim bergenre survival adalah jenis video gim yang menekankan keahlian pemain dalam bertahan hidup di lingkungan yang keras dan penuh tantangan.

Dalam gim ini, pemain sering kali ditempatkan di lingkungan alam liar atau dunia post-apokaliptik di mana sumber daya sangat terbatas, dimana para pemain mau tidak mau harus menggunakan keterampilan mereka untuk mencari makanan, air, dan bahan-bahan lain yang diperlukan untuk bertahan hidup.

Seiring berjalannya permainan, pemain sering dihadapkan pada berbagai bahaya seperti monster, cuaca buruk, dan musuh lain yang mencoba menghalangi tujuan bertahan hidup mereka.

Untuk bertahan hidup, pemain harus mengumpulkan sumber daya, membangun tempat tinggal yang aman, dan menghadapi tantangan dengan strategi yang baik.

Salah satu aspek yang menarik dari gim ini adalah adanya elemen eksplorasi yang mendalam, dikarenakan para pemain sering kali diminta untuk menjelajahi peta yang luas dan menemukan lokasi-lokasi tersembunyi yang menyimpan sumber daya berharga.

Eksplorasi ini memberikan pengalaman yang mendebarkan dan sering kali menghadirkan kejutan-kejutan menarik bagi pemain.

Meskipun demikian, berhasil bertahan dan berkembang di lingkungan yang keras tersebut memberikan kepuasan yang luar biasa bagi para pemainnya.

Gim survival (bertahan hidup) yang termasuk dalam kategori Metroidvanias dan Roguelikes, menjadi populer di kalangan pengembang besar maupun kecil, sehingga pemain memiliki banyak pilihan.

Dan berikut adalah daftar gim survival terbaik saat ini yang bisa Anda coba langsung, melansir dari Digital Trends, Selasa (21/05/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Ark: Survival Ascended

Setelah mekanisme dasar gim survival menjadi umum, game dalam genre ini harus memiliki elemen istimewa untuk membedakan diri mereka.

Namun, Ark: Survival Ascended memilih untuk memasukkan dinosaurus dan persenjataan fiksi ilmiah.

Meskipun terdengar aneh, evolusi dari manusia gua menjadi marinir luar angkasa yang mengendarai dinosaurus dengan pistol laser adalah konsep yang unik dalam genre ini.

Di gim ini bukan hanya melawan dinosaurus saja, namun kemampuan untuk menjinakkan dan mengendarai mereka menambahkan tingkat fantasi dan keseruan yang belum pernah ada sebelumnya.

Dengan puluhan pembaruan dan ekspansi, game ini bahkan mengalami peningkatan yang signifikan, mengubah namanya menjadi Ascended menjelang rilis sekuelnya.

3 dari 8 halaman

2. Sons of the Forest

Sons of the Forest adalah contoh bagus tentang bagaimana membuat sekuel dalam gim survival dilakukan dengan benar.

Meskipun kedua judul ini lebih linier daripada gim survival lainnya, dengan perkembangan jalur cerita yang jelas, Anda masih memiliki kebebasan untuk menghabiskan waktu sebanyak yang Anda inginkan untuk bertahan hidup di pulau tersebut.

Skenarionya sedikit mirip dengan gim Lost, namun alih-alih menemukan sekelompok orang misterius di pulau itu, Anda malah berhadapan dengan kanibal dan mutan yang menakutkan.

AI pada kanibal juga menarik karena mereka tidak hanya menyerang tanpa berpikir, namun mereka akan melihat dan mengamati Anda dari jauh atau melarikan diri saat Anda mencoba menyiksa salah satu dari mereka.

Gim ini penuh dengan misteri yang menarik untuk dipecahkan, sehingga cocok untuk petualangan yang panjang.

4 dari 8 halaman

3. Grounded

Pengembang memakan waktu lama untuk mengambil konsep adegan dari film Honey, I Shrunk the Kids di mana anak-anak menjelajahi halaman belakang rumah mereka yang terasa seperti hutan, dan mengadaptasinya menjadi sebuah gim survival unik seperti yang kita harapkan.

Akhirnya, kita disuguhkan dengan gim Grounded.

Dalam gim ini, Anda harus membangun markas, senjata, dan peralatan dari bahan-bahan aneh seperti biji pohon dan bagian-bagian dari tubuh serangga, sambil berjuang untuk bertahan hidup dari serangga-serangga jahat di halaman rumah dan mencari cara untuk kembali ke ukuran manusia normal.

Seperti dalam film tersebut, serangga-serangga dalam gim ini dibuat menyeramkan, namun tak usah khawatir bagi mereka yang takut pada laba-laba karena gim ini menyediakan opsi “arachnofobia” yang mengurangi visual menyeramkan laba-laba tersebut.

5 dari 8 halaman

4. Subnautica

Kita sering kali mendapatkan gim survival di pulau terpencil, namun jarang sekali ada gim yang mengambil latar hampir sepenuhnya di bawah air, dimana gim Subnautica ini menempatkan pemainnya untuk bertahan hidup di lautan yang misterius.

Konsep ini membawa mekanisme baru dan menarik, seperti mengelola pasokan udara saat menjelajah lautan, serta merasakan tekanan di kedalaman laut yang lebih dalam.

Dalam gim ini juga adanya monster-monster laut yang berukuran besar, yang tentunya membuat para pemainnya ketakukan.

6 dari 8 halaman

5. Valheim

Gim ini menghadirkan dunia yang terinspirasi oleh Viking dengan gaya seni yang sederhana namun menarik.

Semua elemen seperti monster, senjata, dan bangunan-bangunan diadaptasi dari mitologi Norse, dan gim ini memperkenalkan elemen-elemen yang memaksa pemain untuk mempertimbangkan banyak hal yang biasanya diabaikan dalam gim bergenre survival.

Sebagai contoh, menyalakan api unggun untuk menghangatkan diri di dalam rumah tanpa memiliki cerobong asap atau jendela untuk mengeluarkan asap dapat menyebabkan karakter Anda mati lemas.

7 dari 8 halaman

6. Dying Light

Dying Light adalah gim aksi petualangan yang menggabungkan elemen survival horror dengan gameplay parkour yang dinamis.

Ceritanya berlatar di sebuah kota yang terinfeksi virus misterius yang mengubah penduduknya menjadi zombie yang ganas. Pemain mengambil peran sebagai agen yang dikirim untuk misi rahasia di kota tersebut.

Gameplay Dying Light fokus pada eksplorasi dunia terbuka yang luas, di mana pemain dapat berlari, melompat, dan memanjat bangunan-bangunan untuk menghindari zombie dan menyelesaikan berbagai misi.

Selain itu, pemain juga harus memperhatikan aspek survival, seperti mencari sumber daya untuk membuat senjata, memperbaiki perlengkapan, dan mengelola kesehatan dan stamina karakter.

Secara umum, Dying Light dapat dikategorikan sebagai game survival karena pemain harus bertahan hidup di lingkungan yang keras dan berbahaya, sambil menghadapi ancaman zombie dan mencari cara untuk tetap hidup.

8 dari 8 halaman

7. Palworld

Meskipun sebelumnya gim ini dianggap sebagai versi Pokémon dengan senjata, Palworld sebenarnya lebih dari itu.

Gim ini merupakan perpaduan antara Pokémon dengan unsur bertahan hidup.

Dengan menggabungkan konsep penangkapan dan penjinakan monster dengan pembangunan markas dan pengelolaan sumber daya, Palword menjadikan dirinya berbeda dengan Pokémon.

Meskipun mekanisme bertahan hidupnya tidak terlalu sulit, tetapi cukup untuk mendorong pemain membangun markas agar dapat mengautomasi pekerjaan tambang dan pengolahan sumber daya, sehingga pemain bisa fokus pada mendapatkan senjata yang bagus untuk melawan monster yang lebih kuat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat