uefau17.com

5 Rekomendasi Buku ala RM BTS Tentang Makna Kehidupan, Army Wajib Baca - Citizen6

, Jakarta - Kim Nam Joon--atau lebih dikenal RM, merupakan leader sekaligus main rapper dari grup KPop paling populer yaitu BTS. Hingga saat ini, pria kelahiran 1994 tersebut sudah menulis 200 lagu sepanjang karier bermusiknya.

Para Army--sebutan untuk penggemar BTS, pasti mengetahui bahwa RM adalah sosok yang sangat mencintai seni. Pada September 2021, dirinya pernah menyumbangkan 100 juta won kepada sebuah yayasan kesenian tradisional. Setelahnya pada tahun 2022, RM juga menambahkan 100 juta won untuk membuat katalog yang memperkenalkan lukisan Korea.

Tidak hanya dari kedermawanannya, kecintaannya pada seni juga dapat terlihat dari caranya membuat karya. RM memiliki kegemaran membaca buku, itu yang membuatnya dapat membantu memperluas wawasan serta menginspirasi seni yang dihasilkannya.

Atas hobinya ini, tidak heran jika penulis lirik berbakat dari BTS itu kerap kali merekomendasikan beberapa buku agar dibaca oleh para penggemarnya. Selain itu, tidak sedikit juga buku-buku tersebut menjadi inspirasi dari lagu atau video musik yang dibuatnya.

Berikut 5 rekomendasi buku ala RM BTS yang bisa membuat hidup kamu menjadi lebih bermakna.

1. The One Who Walk Away From Omelas - Ursula K. Le Guin

Buku ini menceritakan kisah kota utopis di mana semua orang hidup dengan bahagia, namun dengan mengorbankan penderitaan salah satu anak. Cerita ini menampilkan dilema moral sebuah masyarakat, ketika beberapa orang mampu hidup dengan sejahtera meskipun harus membuat orang lain menderita.

Buku ini juga menjadi salah satu inspirasi RM dalam membuat video musik BTS yang berjudul “Spring Day.” Hal ini menunjukkan seberapa besar kecintaan RM BTS pada membaca serta bagaimana dia menuangkan gagasan dalam karya seninya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Kim Jiyoung, Born 1982 - Cho Nam Joo

Buku ini memberikan penjelasan jujur mengenai posisi perempuan dalam mata masyarakat patriarki dan misoginis. Patriarki adalah pandangan yang menempatkan pria lebih dominan daripada wanita, sedangkan misoginis adalah rasa benci dan tidak suka terhadap wanita secara ekstrem.

Seperti judulnya, buku ini mengangkat kisah Kim Ji Young, perempuan Korea Selatan yang sejak kecil hingga dewasa selalu hidup dalam pandangan tersebut. Cerita ini memberikan wawasan luas tidak hanya mengenai pandangan terhadap perempuan, namun juga kehidupan.

Fakta bahwa buku ini ada dalam daftar bacaan RM menunjukkan bahwa dia memiliki empati yang tinggi kepada sesamanya, terutama perempuan maupun kaum yang suka tersingkirkan.

3. Demian - Hermann Hesse

Buku lain yang juga menjadi inspirasi bagi RM BTS yaitu Demian karya Hermann Hesse. Buku ini mengajarkan proses penemuan jati diri di mana seseorang harus mempelajari arti ‘baik’ dan ‘jahat’.

Bagi Hesse, baik dan jahat bukanlah sesuatu yang bersifat mutlak. Semua itu terekam dalam pesan, “ada kejahatan di dalam semua kebaikan, dan ada kebaikan di dalam semua kejahatan.”

Hal inilah yang coba dituangkan oleh BTS dalam video musik “Blood, Sweat, & Tears.” Mereka menggambarkannya sebagai terang vs gelap, yang pada akhirnya menyatu untuk melambangkan sifat rumitnya kehidupan nyata.

3 dari 3 halaman

4. The Little Prince - Antoine de Saint-Exupéry

Tidak ada penggemar buku yang tidak mengetahui mengenai buku ini. Menjadi salah satu buku yang paling fenomenal di seluruh dunia, Little Prince bercerita mengenai seorang pilot yang terdampar, kemudian bertemu dengan seorang bocah laki-laki, yaitu Pangeran Kecil.

Anak tersebut telah melakukan perjalanan dari planet yang satu ke planet yang lain untuk mencari pengetahuan. Kisahnya memiliki banyak makna yang terkadang tidak bisa langsung disadari saat pertama kali membacanya.

RM secara pribadi merekomendasikan pentingnya membaca buku ini kepada Army. Sebab seiring bertambahnya usia, buku ini akan terus mengingatkan kita untuk memperhatikan hal-hal yang paling penting dalam hidup.

5. Jeanneret Chandigarh - Jacques Dworczak

Buku ini berbicara mengenai arsitektur di kota Chandigarh, India, yang dirancang oleh arsitek asal Swiss, Le Corbusier dan sepupunya Pierre Jeanneret. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak sekali penggemar dari India yang sangat antusias melihat rekomendasi buku RM yang satu ini.

Koleksi buku RM diketahui memang memiliki judul yang sangat beragam. Hal ini juga berangkat dari kepribadiannya yang sangat mencintai seni, sehingga tidak heran jika buku ini ada dalam raknya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat