uefau17.com

Dihajar Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23, STY Tetap Pede Timnas Indonesia Lolos Olimpiade 2024 - Bola

, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong masih percaya diri anak-anak asuhnya mampu tembus ke Olimpiade 2024 Paris. Meski baru saja tumbang 0-2 di tangan Uzbekistan dalam semifinal Piala Asia U-23 pada Senin (29/4/2024) malam WIB, juru taktik asal Korea Selatan belum kehilangan asa melaju ke turnamen multievent terakbar dunia.

Seperti diketahui, duel Timnas Indonesia U-23 melawan Uzbekistan di Stadion Abdullah bin Khalifa memang berlangsung alot. Pasukan Garuda Muda terus menerima gempuran dari lawannya dan kesulitan menunjukkan performa maksimal kala berhadapan dengan Serigala Putih.

Anak-anak asuh Shin Tae-yong sempat memaksakan skor 0-0 bertahan sampai turun minum. Indonesia juga nyaris membuka keunggulan lewat aksi Muhammad Ferarri yang memanfaatkan kemelut dari lemparan ke dalam Pratama Arhan, andai gol tersebut tak dianulir wasit pada menit 63.

Setelahnya, Uzbekistan tampil makin tidak terbendung di hadapan Garuda Muda. Mereka balas mencetak gol melalui Khusayin Norchaev di menit 68. Timnas Indonesia U-23 yang berada di posisi tertinggal justru tertimpa nestapa makin besar memasuki 10 menit akhir waktu normal.

Kapten Rizky Ridho mendapat kartu merah di menit 84, sehingga terpaksa meninggalkan lapangan lebih dulu. Bek Pratama Arhan juga membuat gol bunuh diri 2 menit berselang ketika mencoba menyelamatkan gawang Indonesia dari ancaman pasukan Uzbekistan.

Anak-anak asuh Shin Tae-yong pun tak bisa berbuat banyak di sisa waktu yang ada. Laga semifinal Piala Asia U-23 2024 berakhir dengan skor 0-2 untuk kemenangan Timnas Uzbekistan U-23.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Indonesia Berebut Tempat Ketiga dengan Irak

Dengan kekalahan ini, Timnas Indonesia U-23 gagal mendapat tiket Olimpiade 2024 Paris lewat jalur juara atau runner-up Piala Asia U-23 2024. Garuda Muda kini tinggal punya dua pintu altenatif agar bisa tembus ke ajang olahraga multievent dunia.

Pertama, Pratama Arhan dan kawan-kawan bisa coba memenangkan laga melawan sesama tim pesakitan Irak, yang tumbang dari Jepang di semifinal AFC Asian Cup U-23 pada Selasa (30/4/2024) dini hari WIB. Keberhasilan merengkuh peringkat 3 bakal otomatis membuat Timnas Indonesia U-23 mengantongi slot tanding di Olmpiade.

Kalau pun kalah lagi, Garuda Muda bisa menempuh cara terakhir yakni via play-off antarkonfederasi. Timnas Indonesia U-23 harus menantang Guinea yang sebelumnya finis sebagai peringkat 4 dalam gelaran AFCON U-23, Juli tahun lalu.

3 dari 3 halaman

Shin Tae-yong Tetap Optimistis

Terlepas dari misi berat tersebut, pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong tetap optimistis anak-anak asuhnya bisa melewati jalur yang ada untuk melaju ke Olimpiade Paris.

Juru taktik asal Korea Selatan pun mengeklaim skuad juga punya keyakinan besar, sehingga akan berupaya mempersiapkan diri secara maksimal jelang menghadapi duel kontra Irak pada Kamis (2/5/2024) pukul 22.30 WIB.

"Saya biasa mempercayai diri sendiri, dan sekarang saya ingin percaya juga dengan para pemain. Kami semua yakin bahwa kami bisa tembus ke Olimpiade," ucap STY selepas kekalahan dari Uzbekistan.

"Tentu saja, para pemain sudah lelah sekarang, baik secara fisik maupun mental. Akan tetapi, kami tetap akan menghadapi pertandingan penting pada 2 Mei."

"Jadi besok (hari ini) kami akan istirahat sedikit, lalu kami akan menjalani persiapan untuk pertandingan selanjutnya," sambung juru taktik Timnas Indonesia U-23 pada Senin (29/4/2024) malam WIB.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat