uefau17.com

6 Warna yang Tak Boleh Dipakai ke Kondangan Nikah, Jangan Sampai Saltum - Citizen6

, Jakarta - Mencari pakaian untuk menghadiri pesta pernikahan bisa menjadi tugas yang sulit. Selain memperhatikan gaya dan kecocokan, warna pakaian juga harus dipertimbangkan.

Meskipun Anda menyadari bahwa putih adalah warna yang sebaiknya dihindari, tetapi selain itu, tidak ada aturan yang benar-benar pasti untuk warna yang tidak boleh Anda kenakan ke pesta pernikahan.

Untuk menghindari "kecerobohan mode" saat menghadiri acara pernikahan, stylist bersertifikat dan pendiri Elizabeth Kosich Styling merekomendasikan untuk menjauh dari beberapa warna pakaian tertentu.

"Tentu saja, sudah menjadi rahasia umum bahwa aturan nomor satu untuk pakaian tamu pernikahan adalah jangan pernah memakai warna putih. Namun, ada warna lain yang harus dihindari yang kurang dikenal,” ucap Kosich, kepada Best Life, Sabtu (6/4/2024).

Penasaran warna pakaian apa saja yang perlu dihindari saat menghadiri pesta pernikahan? Ini dia.

1. Metalik

Warna neon atau terlalu mencolok juga sebaiknya dihindari. Warna-warna terang seperti neon pink, hijau neon, atau oranye terlalu mencolok dan dapat mengalihkan perhatian dari pengantin.

"Selalu ingat bahwa, sebagai tamu pernikahan, Anda berada di sana untuk merayakan pesta kedua mempelai dan tidak menarik perhatian pada diri Anda sendiri," kata Kosich.

Pilihlah warna-warna yang lebih lembut dan netral untuk menciptakan penampilan yang elegan dan tidak mencolok.

"Metalik membuat Anda menonjol dan pada akhirnya, mengalihkan perhatian para tamu dari mempelai wanita. Simpan gaun metalik Anda," sambungnya.

2. Denim

Dalam acara pernikahan, stylist dan ahli mode menyarankan untuk menghindari penggunaan kain denim atau apapun dengan warna yang mirip dengan denim.

"Bahkan jika acara pernikahan dilakukan di taman yang terkesan lebih santai, tetaplah menjauhi denim dan kain dengan warna serupa," ungkap seorang stylist terkenal, Stasen.

Denim seringkali dikaitkan dengan penampilan yang kasual dan tidak cocok untuk acara pernikahan yang biasanya membutuhkan pakaian yang lebih formal. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih kain yang lebih formal dan tepat agar Anda dapat berpakaian dengan sesuai untuk acara tersebut.

Selain itu, mengenakan denim juga dapat membuat pasangan pengantin tidak senang melihat penampilan Anda.

"Untuk menghormati pasangan pengantin dan kesempatan baik yang mereka berikan kepadamu, jangan ragu untuk meningkatkan level penampilan Anda dengan menghindari penggunaan denim," tambah Kosich.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Merah

Salah satu warna yang sebaiknya dihindari adalah merah. Tara West, fashion stylist, blogger gaya hidup, dan co-host podcast mengatakan bahwa meskipun warna merah dapat memberikan kesan cantik dalam hampir semua acara, ia menyarankan untuk menghindarinya saat pernikahan.

"Alasannya adalah karena warna merah memiliki kecenderungan untuk mencuri perhatian dan mengambil alih fokus dalam foto yang melibatkan pengantin atau pesta pengantin," ucap West.

West menekankan, meskipun warna merah dapat menyanjung banyak warna kulit dan sering terlihat sangat seksi, namun perlu diingat bahwa pernikahan adalah momen yang penuh dengan keindahan dan kesempurnaan. Oleh karena itu, penting untuk memilih warna-warna yang dapat melengkapi dan memperkuat kesan elegan serta romantis pada momen yang berharga ini."

 

3 dari 5 halaman

4. Warna apapun yang mendekati putih

Jika Anda berpikir bahwa mengenakan pakaian putih di pesta pernikahan memberi Anda sedikit ruang gerak, Anda harus mempertimbangkannya kembali. Untuk menghormati pengantin wanita, sebaiknya hindari nuansa apapun yang bahkan sangat dekat dengan warna putih.

Meskipun putih secara umum dilarang untuk tamu yang hadir dalam pernikahan atau acara pengantin, kita perlu lebih spesifik. "Anda juga harus menghindari memakai warna apapun yang senada dengan putih, seperti off-white, krem, putih kulit telur, atau sampanye," kata West.

Selain itu, jika penampilan Anda memiliki rona dan corak yang mirip dengan warna putih atau warna yang bisa dikenakan oleh pengantin wanita, sebaiknya jauhi itu.

Kristi Spencer, pakar etiket dan pendiri The Polite Company mengatakan bahwa ini juga berlaku untuk warna seperti abu-abu muda, yang mungkin terlihat seperti putih dalam gambar. 

"Ada pengecualian kecil, di mana pakaian Anda dapat memiliki petunjuk pola putih, dan Anda juga dapat menggunakan aksesori putih yang lembut," ujar Spencer.

Yang penting adalah menghindari pakaian yang sangat putih yang bisa menyamai pengantin wanita. Dengan mengikuti tip etiket sederhana ini, Anda akan memastikan bahwa pengantin wanita tetap menjadi bintang di pesta pernikahan tersebut.

4 dari 5 halaman

5. Hitam

Banyak dari kita sering memilih warna hitam saat ingin tampil menarik dengan aksesori yang mudah dipadukan. Namun, saat menghadiri pesta pernikahan, ada baiknya untuk tidak memilih pakaian hitam secara keseluruhan.

Menurut Spencer, meskipun aturan ini sudah lama berlaku, mengenakan pakaian serba hitam ke pesta pernikahan masih bisa dianggap sebagai tanda ketidaksetujuan. Oleh karena itu, sebaiknya kita memilih sesuatu yang berbeda untuk tampilan kita di acara tersebut.

"Penting untuk mempertimbangkan tema dan dress code yang telah ditentukan oleh pasangan pengantin, sehingga kita dapat tampil sesuai dengan harapan mereka dan memberikan dukungan pada momen spesial mereka," sambungnya.

 

5 dari 5 halaman

6. Neon

Pada hari pernikahan, perhatian semua orang biasanya tertuju pada pengantin. Oleh karena itu, penata gaya merekomendasikan untuk menghindari penggunaan warna-warna yang terlalu terang seperti kuning neon, merah muda, oranye, atau hijau.

Warna neon adalah yang paling mencolok dan sebaiknya dihindari," menurut Kosich.

Stasen menyarankan agar Anda tetap dapat memasukkan beberapa warna ke dalam ansambel Anda tanpa harus mengabaikan saran untuk menghindari warna-warna neon. Ia menyarankan untuk mempertimbangkan penggunaan warna-warna permata atau pastel lembut yang dapat memberikan semburat warna yang berselera tinggi pada penampilan Anda.

"Anda masih dapat menambahkan warna ke dalam ansambel Anda tanpa harus mengganggu perhatian yang seharusnya tertuju pada pengantin di hari pernikahan tersebut," tambah Stasen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat