uefau17.com

Tanda Anda Memiliki Kepribadian Ambivert, Kombinasi Antara Ekstrovert dengan Introvert - Citizen6

, Jakarta Kepribadian Anda menentukan cara Anda berinteraksi dan bereaksi terhadap dunia di sekitar Anda. Mengetahui lebih banyak tentang mereka dapat membantu Anda belajar di tempat yang Anda rasa paling nyaman, baik secara sosial maupun profesional.

Gagasan tentang kepribadian introvert dan ekstrovert pertama kali datang dari psikiater Swiss Carl G. Jung pada awal tahun 1900-an. Ia percaya beberapa orang diberi energi oleh dunia luar (ekstrovert) dan yang lain diberi energi oleh dunia internal (introvert).

Seorang ekstrovert adalah seseorang yang mendapatkan energi dari berada di dekat orang lain. Mereka suka bepergian, menghadiri acara sosial, dan berinteraksi dengan orang lain. Seorang ekstrovert dapat disebut sebagai “orang yang suka bergaul”.

Sementara orang introvert adalah orang yang mendapatkan energi dari refleksi yang tenang. Mereka senang menghabiskan waktu sendirian atau bersama satu atau dua orang yang mereka rasa dekat. Seringkali, mereka membutuhkan “waktu sendiri” untuk memulihkan tenaga setelah berada dalam lingkungan sosial berkelompok.

Introvert terkadang dianggap pemalu atau antisosial, padahal sebenarnya itu bukanlah sifat introvert. Seseorang yang mengidentifikasi dirinya sebagai seorang introvert mungkin menyukai orang lain, tetapi lebih suka berinteraksi dalam jumlah kecil. Dan mereka umumnya bukan penggemar obrolan ringan, lebih memilih percakapan yang lebih dalam dan bermakna.

Ahli saraf percaya bahwa orang ekstrovert mungkin merespons rangsangan dari luar lebih positif dibandingkan introvert karena otak mereka melepaskan lebih banyak dopamin (zat kimia di otak Anda yang menyebabkan perasaan senang dan senang) selama situasi ini.

Tipe kepribadian ini dianggap berada pada suatu spektrum. Itu berarti seseorang jarang sekali bisa benar-benar pas di satu sisi atau sisi lainnya, namun berada di antara keduanya. Anda bisa lebih dekat ke sisi ekstrovert atau lebih dekat ke sisi introvert.

Jika Anda merasa salah satu deskripsi ini tidak cocok, Anda mungkin seorang ambivert. Ambivert ada di tengah. Mereka mungkin lebih condong ke arah perilaku ekstrovert atau introvert tergantung situasinya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanda Kamu Mungkin Seorang Ambivert

Berikut lima tanda Anda mungkin seorang ambivert, dilansir dari Healthline:

1. Anda adalah pendengar dan komunikator yang baik

Orang ekstrovert lebih suka berbicara lebih banyak, sedangkan introvert suka mengamati dan mendengarkan. Tapi orang ambivert tahu kapan harus bicara dan kapan harus mendengarkan.

Seorang ambivert mungkin membuka rapat dengan memberikan semangat singkat, kemudian menawarkan kesempatan kepada karyawan untuk membicarakan tantangan atau kekhawatiran mereka sendiri.

2. Anda memiliki kemampuan untuk mengatur perilaku

Menyesuaikan diri agar sesuai dengan orang atau situasi tampaknya merupakan hal yang alami bagi orang ambivert. Bayangkan Anda sedang naik lift bersama orang asing. Seorang ekstrovert mungkin mulai berbasa-basi, tetapi seorang introvert mungkin memasang earbud untuk menghindari interaksi. Anda dapat memilih salah satu opsi, bergantung pada sesama pengendara.

3. Anda merasa nyaman dalam lingkungan sosial, tetapi juga menghargai waktu sendiri

Ambivert bisa merasa seperti berada di tengah keramaian atau saat menikmati malam yang tenang di rumah. Katakanlah seorang teman menelepon dengan undangan di menit-menit terakhir untuk keluar malam. Seorang ekstrovert kemungkinan besar akan menerima tanpa ragu-ragu, dan seorang introvert kemungkinan besar akan menolak untuk tetap tinggal di sana. Orang yang ambivert mungkin akan mempertimbangkan pro dan kontra dari tamasya tersebut. Mereka bisa melakukan apa saja.

4. Empati muncul secara alami dalam diri Anda

Ambivert mampu mendengarkan dan menunjukkan bahwa mereka memahami dari mana datangnya seseorang. Jika seorang teman mengalami masalah, seorang ekstrovert mungkin akan langsung menawarkan solusi, dan seorang introvert mungkin pandai mendengarkan. Seorang ambivert mungkin mendengarkan dan mengajukan pertanyaan bijaksana untuk mencoba dan membantu.

5. Anda mampu memberikan keseimbangan

Dalam situasi kelompok, ambivert dapat memberikan keseimbangan yang sangat dibutuhkan dalam dinamika sosial. Seorang ambivert mungkin adalah orang yang membantu memecah keheningan yang canggung, membuat orang lain yang lebih introvert merasa nyaman untuk memulai percakapan.

3 dari 4 halaman

Keuntungan Menjadi Seorang Ambivert

Karena ambivert hidup di tengah-tengah, mereka memiliki kemampuan unik untuk memanfaatkan sifat-sifat di kedua ujung spektrum. Mereka bahkan mungkin lebih mudah berkompromi ketika berinteraksi karena mereka dapat merasa nyaman dalam berbagai situasi yang berbeda.

Seorang ambivert dapat belajar bagaimana menguasai aspek positif dari kedua tipe kepribadian tersebut. Misalnya, Anda bisa menjadi orang yang bisa berbaur dalam sebuah pesta, menceritakan kisah-kisah menarik dan menarik perhatian penonton, namun Anda juga bisa mendengarkan dengan cermat dan mendapatkan kepercayaan seseorang.

Akibatnya, orang ambivert mungkin bisa mengembangkan ikatan yang lebih dalam. Ciri-ciri ekstrovert dapat mengarah pada pertemuan dan interaksi dengan lebih banyak orang, sedangkan sifat introvert dapat membantu membina persahabatan yang erat.

4 dari 4 halaman

Kekurangan Menjadi Seorang Ambivert

Ambivert dianggap lebih fleksibel karena bisa berpindah antara introversi dan ekstroversi. Tergantung pada situasinya, hal ini mungkin memberikan tekanan ekstra pada ambivert. Menjaga keseimbangan mungkin merupakan kualitas yang baik, tetapi juga bisa melelahkan.

Seorang ambivert mungkin juga berada dalam posisi menjaga perdamaian dalam lingkungan sosial atau pekerjaan. Orang-orang yang lebih dekat dengan sisi introvert atau ekstrovert dari spektrum kepribadian mungkin mengalami kesulitan memahami dari mana sisi lain berasal, dan mencari seorang ambivert untuk menjembatani kesenjangan tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat