uefau17.com

Modal 1 Bahan Dapur, Ini Cara Efektif Cegah Semut Masuk ke Rumah - Citizen6

, Jakarta Semut sering kali muncul di rumah tanpa diundang, dan terdapat ribuan spesies di dunia (menurut theconversation.com). Mereka datang ke rumah karena berbagai alasan, seperti untuk membuat sarang atau mencari makanan, terutama yang memiliki rasa manis seperti gula, kue, dan buah. Ada berbagai cara untuk mencegah kedatangan semut, seperti membersihkan rumah secara teratur, menaburkan rempah-rempah di sudut-sudut, dan menggunakan cairan kimia.

Tetapi, terkadang orang bisa lengah, dan sekelompok semut dapat masuk ke dalam rumah. Jika tidak diatasi dengan baik, semut sulit diusir dan mungkin akan kembali lagi. Untungnya, ada cara sederhana yang dibagikan oleh seorang warganet bernama Yunita. Menurutnya, cara ini efektif untuk mengusir semut, dan bahan yang digunakan mudah didapat dengan harga terjangkau. Dengan menerapkan cara ini, ia mengklaim semut tidak pernah muncul kembali setelahnya.

Yuk simak informasi selengkapnya, dikutip dari salah satu pengguna TikTok, @yunita_ys dan berbagai sumber, pada Jumat (31/05/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Bahan Dapur yang Digunakan?

Dalam video TikTok miliknya, @yunita_ys, ia mengungkapkan bahwa cara yang digunakannya adalah dengan menggunakan tepung maizena. Caranya cukup sederhana, yakni menaburkan tepung maizena secukupnya di area lantai atau meja yang menjadi tujuan gerombolan semut.

Tidak perlu menggunakan terlalu banyak agar tidak sulit untuk membersihkannya nanti. Rupanya, semut memiliki ketakutan terhadap bahan masakan yang berasal dari jagung, seperti tepung maizena ini.

3 dari 9 halaman

Langkah Lebih Lanjut

Biarkan tepung maizena tersebar di sekitar area semut sampai semut menghilang. Biasanya, semut akan pergi dengan sendirinya dalam waktu sekitar tiga menit. Menurut pestweek.com, tepung maizena diakui sebagai cara yang efektif dalam membasmi semut.

Tepung ini dapat membentuk lapisan tebal di dalam perut semut saat mereka mengonsumsinya. Sebagai hasilnya, jika tersebar di sekitar sarang semut, semut cenderung pergi karena merasa takut atau bahkan mati setelah mengonsumsi tepung tersebut.

4 dari 9 halaman

Manfaat Tepung Maizena untuk Tanaman

Rupanya, tepung maizena yang berasal dari serat jagung memiliki beberapa kegunaan yang bermanfaat bagi tanaman. Berikut adalah manfaat tepung maizena untuk tanaman, informasi ini dikutip dari Balcony Garden Web.

5 dari 9 halaman

1. Mengusir Hama

Sebarkan tepung maizena di atas daun tanaman sebagai cara untuk mengatasi ulat dan serangga. Pendekatan ini tanpa menggunakan bahan kimia dapat membuat serangga menjadi lemah dan menghambat pergerakan mereka di batang dan daun.

6 dari 9 halaman

2. Sebagai Pupuk

Selain sebagai penangkal semut, tepung maizena juga dapat berfungsi sebagai pupuk yang bermanfaat bagi pertumbuhan rumput. Kandungan 10% nitrogen dalam tepung maizena menjadi unsur nutrisi penting untuk perkembangan rumput.

Caranya sangat mudah, hanya perlu menyebarkan 5 kg tepung maizena atau gluten jagung di lahan seluas 92 meter persegi. Selanjutnya, siram dengan baik dan saksikanlah pertumbuhan rumput yang subur dengan nutrisi dari bahan dapur ini.

7 dari 9 halaman

Kegunaan Tepung Maizena untuk Apa Saja?

Menurut informasi dari halodoc yang ditinjau oleh dr. Rizal Fadli, tepung maizena adalah tepung yang terbuat dari endosperma biji jagung. Ini sering jadi bahan pengental dalam makanan seperti saus, sup, dan semur. Beberapa koki juga menggunakan tepung ini sebagai pengganti tepung lain untuk mendapatkan konsistensi yang diinginkan dalam resep tertentu.

8 dari 9 halaman

Apa Manfaat Tepung Maizena untuk Kulit?

Tepung maizena bisa dimanfaatkan untuk meredakan iritasi pada kulit, termasuk sunburn dan alergi kulit.

9 dari 9 halaman

Apa Bedanya Tepung Maizena dan Tepung Tapioka?

Tepung ini berasal dari pati singkong. Proses pembuatan tepung tapioka melibatkan beberapa tahap, termasuk endapan sari pati yang harus menunggu beberapa hari sebelum diolah melalui proses penggilingan. Sedangkan, tepung maizena diperoleh dari biji jagung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat