uefau17.com

Sering Diabaikan, Ini Cara Gampang Merawat Kulit Tangan yang Bisa Dilakukan di Rumah - Citizen6

, Jakarta - Perawatan tangan seringkali menjadi bagian yang paling diabaikan dalam rutinitas perawatan kulit. Padahal, tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sering digunakan sehingga banyak interaksi yang terjadi melalui tangan, seperti bersalaman, lambaian, memegang atau mengambil benda. Tentu hal ini akan memudahkan kulit tangan untuk terkena berbagai masalah kulit, seperti kulit belang atau kulit kering.

Dengan begitu, sebenarnya tangan berhak memiliki kondisi yang kesehatan yang baik. Selain untuk kesehatan fisik, kulit yang sehat juga akan membantu seseorang untuk meningkatkan rasa percaya diri ketika berinteraksi dengan orang lain.

Alasan Merawat Tangan itu Penting

Dengan melihat sekilas tangan seseorang, terkadang kamu dapat mengetahui usianya, sama seperti wajahnya. Hal ini secara tidak langsung menggarisbawahi pentingnya merawat kulit tangan dengan cara yang baik dan benar.

Pada kulit yang sehat, lapisan terluar berfungsi sebagai penghalang yang dapat menghentikan air ke luar dari lapisan kulit yang paling dalam. Untuk menjaganya tetap utuh dan berfungsi dengan baik, lapisan terluar kulit memiliki peranan penting. Namun, bila bagian dari penghalang ini terganggu, akan memengaruhi kemampuan kulit untuk menahan air sehingga kulit bisa menjadi kering.

Layaknya wajah, tangan seringkali terkena polusi, kotoran, atau zat kimia lainnya yang mungkin saja berbahaya. Perlu diketahui bahwa meningkatnya aktivitas mencuci tangan akibat COVID-19 akan menambah beban penyakit dan menyebabkan dermatitis pada beberapa kasus.

Oleh karena itu, perawatan tangan yang tepat dengan produk yang sesuai merupakan bagian penting dari rutinitas perawatan kulit yang mesti diperhatikan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Sederhana Merawat Kulit Tangan

Kulit kering dan gatal dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti mencuci tangan terlalu sering dan menggunakan sabun dengan kandungan bahan kimia yang tinggi. Selain itu, adanya perubahan suhu juga dapat menimbulkan tantangan baru bagi kesehatan kulit tangan. Dikutip dari halaman PinkVilla pada Selasa (29/0823), terdapat dua langkah sederhana untuk perawatan kulit tangan yang harus kamu ikuti.

1. Mencuci Tangan Secara Berkala

Mencuci tangan secarateratur sangat penting untuk mencegah penyebaran penyakit dan menjaga kebersihan tangan. Sebaiknya, kamu menggunakan sabu cuci tangan yang bebas zat kimia berbahaya untuk menghindari iritasi kulit akibat mencuci tangan secara berlebihan.

2. Menggunakan Pelembab yang Aman

Menjaga kelembapan tangan dengan baik sangatlah penting. Sering mencuci tangan dapat menyebabkan kekeringan, tetapi mengoleskan krim tangan beberapa kali sehari dapat membantu mengatasi permasalahan tersebut. Sebaiknya, kamu memilih krim dengan kandungan gliserin dan minyak alami dan pakailah krim tersebut pada siang hari apabila kamu merasa tanganmu kering.

3 dari 4 halaman

5 Tips Perawatan Tangan agar Terlihat Sehat

1. Lindungi dari Sinar Matahari

Ingatlah bahwa sinar UV matahari dapat membahayakan kulit tangan. Mengabaikan perlindungan sinar matahari dapat menimbulkan bintik-bintik penuaan, kekasaran ,kerutan, dan kekeringan. Tangan juga rentan terhadap bintik-bintik prakanker yang mungkin bisa menjadi kanker kulit.

2. Mengonsumsi Air Mineral yang Cukup

Kamu mungkin mesti menggunakan air lebih dari sekadar mencuci tangan. Mengonsumsi air mineral yang cukup dapat membantu membersihkan sistem tubuhmu sehingga dapat mempercantik kulit tanganmu.

3. Gunakan Masker Tangan Alami

Pelembab harian mungkin tidak cukup untuk merawat kulit tanganmu. Gunakanlah masker tangan sekali seminggu untuk menjaga kelembutan kuli tangan. Kamu dapat membuat masker tangan alami sendiri di rumah. Cukup dengan campurkan setengah alpukat, satu sendok madu, setengah sendok minyak zaitun, dan satu sendok yogurt. Kemudian, oleskan campuran tersebut dan biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air mengalir.

4 dari 4 halaman

4. Gunakan Sarung Tangan Pelindung

Terkadang, pekerjaan rumah dapat membahayakan tangan kamu sehingga penting untuk selalu menggunakan sarung tangan pelindung saat mencuci, berkebun, atau menggunakan peralatan lainnya. Kamu dapat menggunakan sarung tangan plastik atau karet untuk pekerjaan yang berhubungan dengan air, sarung tangan kain untuk pekerjaan ringan, dan sarung tangan kulit untuk pekerjaan yang lebih berat. Selain itu, menggunakan sarung tangan juga merupakan perlindungan ekstra bagi orang dengan jenis kulit sensitif.

5. Merawat Kuku

Setiap orang harus merawat kukunya untuk meningkatkan kesehatan kuku. Meskipun kamu sering mencucui tangan, tetapi kotoran akan tetap tinggal di bawah kuku. Saat mencuci tangan, gunakan sikat kuku untuk membersihkan sela-sela kuku dengan lembut.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat