uefau17.com

Ilmuwan Ungkap Konsumsi Stroberi Dapat Membantu Menjaga Kinerja Otak - Citizen6

, Jakarta Dikemas dengan serat dan antioksidan, buah beri secara luas dianggap sebagai salah satu buah tersehat berkat nutrisinya yang luar biasa dan sifat anti-inflamasinya. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa stroberi, khususnya, sebagai bagian dari makanan bergizi dan seimbang, dapat membantu mengurangi risiko beberapa kondisi kesehatan yang serius. 

Sebuah studi baru dari San Diego State University menemukan bahwa konsumsi stroberi dapat dikaitkan dengan peningkatan fungsi otak dan menurunkan tekanan darah, serta manfaat kesehatan lainnya.

Dilansir dari Good Housekeeping, penelitian tersebut yang didanai oleh California Strawberry Commission dan dipresentasikan bulan lalu di konferensi American Society of Nutrition's Nutrition 2023, mengamati sekelompok kecil yang terdiri dari sekitar 35 orang dewasa lanjut usia yang sehat. 

Peserta mengonsumsi 26 gram bubuk stroberi beku/kering setiap hari, setara dengan sekitar dua cangkir stroberi segar, dan bubuk kontrol masing-masing selama delapan minggu. Para peneliti kemudian mengukur penanda kognisi, serta tekanan darah, lingkar pinggang dan banyak lagi.

Kami berbicara dengan ahli diet terdaftar Dr. Shirin Hooshmand, Ph.D., R.D., profesor di Sekolah Ilmu Latihan dan Gizi di San Diego State University dan peneliti utama penelitian ini, untuk mendapatkan wawasan tentang penelitian dan temuannya. 

“Sebelum melakukan studi klinis kami, beberapa efek serupa ditunjukkan dalam penelitian pada hewan dan beberapa penelitian pada manusia, namun populasinya berbeda dan desainnya berbeda,” kata peneliti utama studi ini Dr. Shirin Hooshmand kepada Good Housekeeping.

“Setelah konsumsi stroberi (setara dengan dua cangkir stroberi segar) setiap hari selama 8 minggu, kecepatan pemrosesan kognitif meningkat sebesar 5,2%, tekanan darah sistolik menurun sebesar 3,6%, dan total kapasitas antioksidan meningkat secara signifikan sebesar 10,2%,” Dr. Hooshmand menjelaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Beberapa manfaat stroberi bagi kesehatan

Dia menambahkan bahwa penelitian yang dipublikasikan sebelumnya telah menunjukkan beberapa manfaat stroberi bagi kesehatan kardiovaskular akut dan jangka panjang pada populasi yang berbeda, sehingga penelitian baru ini mengkonfirmasi beberapa temuan tersebut.

“Meskipun ukuran sampel penelitian ini kecil, saya pikir temuan ini sangat berdampak, terutama karena penelitian ini diterapkan pada skala yang lebih besar untuk orang lanjut usia,” kata ahli diet terdaftar yang berbasis di New York City, Jaclyn London, M.S., R.D., C.D.N., konsultan nutrisi dan penulis Dressing on the Side (& Other Diet Myths Debunked), yang mengulas penelitian tersebut tetapi tidak terlibat dalam penelitian tersebut. 

“Meskipun kita (dalam komunitas nutrisi) telah membicarakan manfaat antioksidan buah beri selama beberapa dekade, saya pikir efek paling kuat dari uji klinis seperti ini adalah menunjukkan betapa pentingnya mengonsumsi makanan yang bervariasi bahkan dalam jumlah yang sama. kategori yang sama sebagai bagian dari pola makan yang meningkatkan kesehatan secara keseluruhan."

Meskipun London tidak terlalu terkejut dengan temuan penelitian ini karena stroberi merupakan sumber nutrisi yang berbeda, dia menunjukkan satu bagian menarik dari penelitian ini. 

“Stroberi yang digunakan dalam penelitian ini dikeringkan, yang memiliki implikasi luar biasa bagi merek makanan yang ingin menciptakan lebih banyak produk bergizi yang stabil di rak dan tetap menyertakan stroberi yang asli, sehat, dan padat nutrisi.”

3 dari 4 halaman

Stroberi sangat padat nutrisi dan merupakan tambahan yang bagus untuk diet sehat

Hanya satu cangkir stroberi utuh memiliki kurang dari 50 kalori, tetapi mengandung tiga gram serat yang mengenyangkan dan hanya sekitar 11 gram karbohidrat. 

Yang paling penting, ia menyediakan sumber vitamin C yang kaya yaitu sekitar 85 mg untuk porsi yang sama yang memenuhi hampir 100% nilai nutrisi harian. 

Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan, berperan besar dalam fungsi kekebalan tubuh, mendukung kesehatan kulit dan dapat membantu mengurangi risiko beberapa penyakit kronis.

Selain vitamin C, stroberi mengandung antioksidan kuat lainnya termasuk antosianin yang terbukti memiliki efek anti inflamasi pada tubuh. Anda juga akan menemukan banyak mineral penting dalam stroberi, termasuk potasium dan magnesium. Dengan jumlah kalori yang sedikit per porsi, stroberi sangat padat nutrisi dan merupakan tambahan yang bagus untuk diet sehat.

4 dari 4 halaman

Bagaimana penelitian lebih lanjut tentang stroberi ini?

Mengenai langkah selanjutnya untuk penelitian ini, Dr. Hooshmand mengatakan bahwa hal ini pada akhirnya bergantung pada apakah timnya dapat memperoleh pendanaan di masa depan. 

Meskipun demikian, dia menambahkan bahwa para peneliti memiliki banyak ide bagus untuk penelitian di masa depan guna menindaklanjuti beberapa temuan mereka saat ini. 

“Kami saat ini sedang mempelajari dampak stroberi terhadap hasil serupa dan hasil lainnya sebagai bagian dari intervensi multi-buah.”

Meskipun penelitian ini mencakup ukuran sampel yang kecil, London mencatat bahwa dia sangat bersemangat untuk melihat lebih banyak penelitian tentang stroberi terlepas dari bagaimana stroberi dikonsumsi, baik segar, beku, atau kering. 

“Kenyamanan adalah kunci mutlak untuk memudahkan lebih banyak orang mengonsumsi makanan yang lebih bergizi, itulah mengapa mungkin lebih menarik untuk melihat potensi peningkatan kognisi dengan menggunakan versi bubuk dan kering dari buah lezat ini.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat