uefau17.com

Tanaman Hias yang Baik dan Buruk untuk Disimpan dalam Rumah Menurut Feng Shui - Citizen6

, Jakarta Pernahkah Anda merasa bahwa lingkungan di rumah Anda seolah menciptakan perasaan stres, ketidakpuasan, dan ketidaknyamanan? Penelitian memang telah menunjukkan bahwa ruang hidup kita memengaruhi perasaan dan kinerja kita. 

Tapi praktisi feng shui telah mengetahui hal ini selama berabad-abad. Feng shui adalah seni Tiongkok kuno yang menyelaraskan ruang hidup seseorang dengan identitas dan tujuan mereka. Praktik ini memiliki banyak aspek, tetapi salah satu cara mudah untuk menerapkannya adalah melalui tanaman hias.

Praktisi feng shui percaya bahwa menciptakan lingkungan yang tepat dapat berdampak positif pada hampir setiap aspek kehidupan seseorang, mulai dari kesehatan hingga menemukan cinta. Feng shui membantu orang mendesain ruang hidup mereka untuk menyelaraskan aliran energinya. 

Tanaman hias merupakan salah satu benda yang bisa digunakan untuk  menginspirasi produktivitas, kesuksesan finansial, dan kreativitas. Laura Cerrano dari Feng Shui Manhattan merekomendasikan orang untuk menambahkan satu atau dua tanaman di dekat meja mereka atau di kantor rumah mereka. 

“Ini terkait dengan unsur kayu, yang berhubungan dengan jaringan, perluasan, pertumbuhan, peningkatan kekayaan, dan peluang. Juga, pajang kartu nama Anda di meja Anda,” ujarnya dilansir dari Mystical Raven.

Plus, tanaman hias di rumah menambah energi dan vitalitas alami. Tumbuhan adalah makhluk hidup, dan saat Anda merawatnya, mereka juga merawat Anda. Saat Anda memelihara tanaman hias untuk pertama kalinya, mungkin ada beberapa trial and error

Anda harus mengikuti instruksi ahli botani, tetapi Anda juga perlu mengamati tanaman dengan hati-hati. Perhatikan apakah mereka membutuhkan lebih banyak air atau lebih sedikit, tergantung pada suhu dan kelembapan di dalam rumah. Perhatikan apakah mereka membutuhkan lebih banyak atau lebih sedikit sinar matahari.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanaman Hias yang Harus Dihindari

Sekarang, ingat belum tentu ada tanaman yang baik atau buruk menurut feng shui. Tetapi beberapa tanaman lebih direkomendasikan, sementara yang lain sulit digunakan untuk menginspirasi energi yang baik. Apalagi ada konsep sha qi, disebut juga sebagai energi tajam, yang bisa berasal dari benda tajam yang menguras energi manusia. Oleh karena itu, banyak praktisi memberikan saran untuk melewatkan tanaman berduri seperti kaktus. Selain itu, hindari Golden Pothos karena mewakili kehidupan yang menyedihkan.

Selain itu, tanaman yang mati dan terbengkalai dapat menyebabkan lebih banyak energi yang terkuras. Jadi, pastikan Anda memilih tanaman yang sehat dan meluangkan waktu untuk merawatnya serta membuang daun dan cabang yang mati. Akhirnya, tanaman palsu tidak ideal untuk mempromosikan energi yang baik, tetapi jika Anda memilih cara itu, pilih produk berkualitas tinggi yang terlihat sangat realistis sehingga Anda hanya bisa mengetahui bahwa itu palsu.

3 dari 4 halaman

Tanaman Hias dengan Energi Baik

Saat Anda berlatih feng shui, tetapkan beberapa tujuan dari apa yang ingin Anda tingkatkan. Ini dapat membantu memandu proses, dalam hal ini, pemilihan tanaman. “Sama seperti manusia, sangat penting untuk mencari keseimbangan di antara banyak hal yang menarik orang itu, apakah itu kesenangan, bisnis, hubungan cinta, sosial, dan sebagainya,” kata Clara Leung, ahli Feng Shui Cina Kuno dan pemilik Clara’s Green House. 

“Untuk memulai, saya mendorong individu untuk memilih setidaknya tiga hal yang ingin mereka tingkatkan atau tarik dalam hidup mereka.” Ini bisa termasuk mengurangi stres, meningkatkan keuangan, atau sekadar mengalami lebih banyak kegembiraan.

Secara keseluruhan, sebagian besar tanaman yang sehat dan dirawat kondusif untuk feng shui. Namun, tanaman dengan daun yang lembut dan bulat cenderung membawa energi yang lembut dan menyehatkan. Berikut adalah beberapa tanaman lain yang sering direkomendasikan:

  • Bambu: mewakili energi positif dan peningkatan karier Anda.
  • Palm: mewakili perlindungan terhadap energi yang keras.
  • Pakis: mewakili kesegaran dan pembersihan.
  • Jade: mewakili kemakmuran dan keberuntungan.
  • Monstera Deliciosa: mewakili cinta dan hubungan.
  • Tanaman money tree: melambangkan kekayaan, keberuntungan, dan mengurangi stres.
  • Philodendron Green: melambangkan cinta, kebahagiaan, dan harmoni.
  • Snake Plant: tanaman feng shui serba guna yang melindungi dari energi negatif.
4 dari 4 halaman

8 Tanaman Hias Ini Dapat Bantu Anda Mengurangi Stres, Salah Satunya Lavender

Kita semua tahu bagaimana stres bisa terasa menguras energi dan membuat Anda sama sekali tidak berenergi. Namun, sesuatu yang sederhana seperti memiliki tanaman di rumah Anda rupanya dapat mengurangi stres tersebut. Itu karena tanah pada tanaman mengandung “outdoorphins” yang merupakan antidepresan alami. 

Dengan cara ini, tanaman rumah biasa apa pun dapat meredakan ketegangan otot dan aktivitas jantung yang meningkat. Dilansir dari Brightside, Jumat (26/3/2023), berikut ini deretan tanaman hias yang dapat membantu meredakan stres Anda:

 

1. Lavender

Lavender dikenal karena aromanya yang harum dan warna ungunya yang indah. Memiliki tanaman ini di rumah Anda dapat membuat mood Anda lebih baik dan juga membantu Anda tidur lebih mudah. Aromanya memiliki sifat penenang yang akan membantu mengurangi stres yang mungkin membuat Anda terjaga di malam hari.

Selengkapnya...

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat