uefau17.com

Jarang Disadari, Ini 5 Dampak Buruk Memakai Sandal Jepit Bagi Kesehatan - Citizen6

, Jakarta Sandal jepit mungkin menjadi alas kaki yang dianggap paling nyaman bagi banyak orang. Hal ini lantaran sandal jepit mudah digunakan dan ringan. Itu mengapa banyak orang mengenakan sandal jepit saat beraktivitas di luar rumah bahkan di dalam rumah sekalipun. Namun tak banyak yang tahu bahwa mengenakan sandal jepit rupanya bisa berdampak pada kesehatan. 

Meningkatnya penggunaan sandal karet bersol tipis meningkatkan kemungkinan masalah kaki yang serius, mulai dari luka akibat benda yang terjatuh, hingga masalah pada pergelangan dan telapak kaki. 

Dilansir dari CBS News, penelitian dari Universitas Auburn menunjukkan bahwa sol tipis dan kebutuhan untuk menggenggam sepatu ke kaki memaksa kita untuk berjalan secara berbeda, dan dapat menyebabkan masalah pada kaki, lutut, pinggul, dan punggung.

Kurangnya dukungan yang ditawarkan oleh sandal jepit dapat menyebabkan masalah pada lengkungan dan tumit. Kurangnya perlindungan berarti jari kaki bisa terluka parah jika seseorang menginjaknya, atau menjatuhkan sesuatu di kaki Anda.

Dan sekarang, beberapa dokter memperingatkan bahaya baru yaitu kanker kulit, karena matahari yang mengenai area kaki yang biasanya tertutup dengan baik jika mengenakan sepatu. Berikut ini deretan dampak buruk mengenakan sandal jepit pada kesehatan:

1. Kanker kulit

Kulit kaki Anda terkena sinar matahari dengan sandal jepit dan orang sering lupa memakai tabir surya di kaki mereka. Kanker kulit di kaki bisa sangat berbahaya karena bintik-bintiknya lebih mudah hilang, terutama jika berada di antara jari kaki.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Terkena benda jatuh

Saat Anda memakai sandal jepit, jari kaki dan kaki Anda terbuka, sehingga rentan terhadap benda jatuh atau orang yang menginjak jari kaki Anda. Dokter melihat lebih banyak cedera kuku dan jari kaki patah atau memar, yang tidak akan terjadi jika Anda menutupi bagian depan kaki Anda ketika mengenakan sepatu.

3 dari 5 halaman

3. Sol tipis

Sandal jepit tidak menawarkan banyak dukungan seperti sepatu. Tidak ada dukungan lengkungan, tidak ada bantalan tumit, dan tidak ada peredam kejut. Itu bisa menyebabkan sakit kaki, tendonitis, dan bahkan pergelangan kaki terkilir jika Anda tersandung.

4 dari 5 halaman

4. Tali sandal bisa menyebabkan luka

Studi Auburn menunjukkan bahwa tali di tengah sandal berarti Anda harus mencengkeram sepatu untuk mempertahankannya. Tali itu benar-benar dapat bergesekan dengan kulit dan menyebabkan borok dan luka. Selain itu, saat Anda memakai sandal jepit mencengkeram sepatu dengan jari kaki untuk mencoba dan mempertahankannya. 

Itu mengubah gaya berjalan Anda dan memberi tekanan pada otot yang biasanya tidak Anda gunakan saat berjalan dengan sepatu biasa. Juga, sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa pria dan wanita yang memakai sandal jepit benar-benar membentur tanah dengan kekuatan yang lebih kecil daripada saat mereka memakai sepatu kets, sekali lagi mengubah cara Anda berjalan dan menyebabkan Anda mengambil langkah lebih pendek, yang mungkin menjelaskan mengapa orang yang memakainya untuk waktu yang lama mengalami nyeri kaki bagian bawah dan memiliki lebih banyak masalah tumit, seperti taji tumit (pertumbuhan tulang kecil di tumit) dan radang jaringan yang menutupi bagian bawah kaki.

5 dari 5 halaman

5. Berisiko tinggi bagi penderita diabetes

Siapa pun yang pernah mengalami cedera kaki sebaiknya tidak memakai sandal jepit. Orang dengan diabetes, yang berisiko lebih tinggi terkena infeksi dan cedera jari kaki, sebaiknya tidak memakainya. Dan siapa pun yang kelebihan berat badan secara signifikan membutuhkan lebih banyak dukungan pada sepatu mereka, karena mereka cenderung memberi lebih banyak tekanan pada kaki, pergelangan kaki, dan punggung bawah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat