uefau17.com

5 Gejala Awal Batu Ginjal yang Tidak Boleh Anda Abaikan - Citizen6

, Jakarta - Batu ginjal adalah massa padat yang terdiri dari kristal kecil di ginjal atau saluran kemihmu. Batu ginjal terutama disebabkan oleh mineral terlarut yang menumpuk di dalam ginjal.

Itu bisa berpindah ke saluran kemih dan di situlah mereka bisa menyebabkan masalah. Batu ginjal sangat umum dan cenderung diturunkan dalam keluarga.

"Beberapa faktor yang berkontribusi terhadap perkembangannya mungkin juga termasuk konsumsi cairan yang rendah, asupan makanan dan riwayat kesehatan seseorang," kata Dr Praveen Pushkar, MBBS, MS (Bedah), DNB (Urologi) di Pristyn Care, seperti melansir dari Times of India, Minggu (30/4/2023).

Pushkar menambahkan, batu ginjal mungkin kecil dan tidak terlihat melalui saluran kemih, tapi beberapa tumbuh seukuran bola golf. Mereka bisa terbentuk dalam beberapa minggu atau bulan ketika urine Anda mengandung terlalu banyak zat tertentu.

Batu ginjal kebanyakan menyerang orang dewasa. Tapi anak-anak dan remaja juga bisa menidapnya.

Individu yang mengidap penyakit batu ginjal memilki kondisi kesehatan seperti obesitas, bagaimana saluran kemih terbentuk, asupan diet khusus, gangguan metabolisme, diabetes dan lainnya. Faktor lain termasuk terlalu banyak asupan garam dan kurang air.

"Anda mungkin memerlukan tes darah, tes fungsi ginjal, dan tes yang mencari kristal dalam urine. Beberapa tes itu seperti CT scan, bisa melihat adanya batu atau penyumbatan di saluran kemihmu. Ini membantu dokter memutuskan pengobatan terbaik," saran Pushkar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanda-tanda batu ginjal

Tanda-tanda awal batu ginjal di antaranya:

1. Nyeri di perut bagian bawah, satu sisi atau punggung

Nyeri yang tiba-tiba di perut bagian bawah atau satu sisi tubuh bagian atas, atau di sekitar punggung bisa menjadi salah satu gejala awal batu ginjal.

2. Nyeri atau rasa terbakar saat buang air kecil

Jika Anda mengalami nyeri saat buang air kecil atau merasa ada tekanan, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter.

3. Urine berubah warna

Jika urine Anda berubah warna, merah muda, cokelat atau merah, ini menjadi indikasi batu ginjal yang parah.

4. Mual atau muntah

Merasa seperti mual atau muntah meskipun ada tanda-tanda keracunan makanan atau penyakit lain yang jelas, Anda mungkin memiliki batu ginjal yang memerlukan perhatian segera.

5. Demam

Demam mendadak, jika bukan karena virus, mungkin menjadi indikasi penyakit.

 

3 dari 3 halaman

Cara mencegah batu ginjal

Batu ginjal menjadi masalah umum. Tidak minum cukup cairan menjadi faktor penyebab utama, tetapi kebiasaan makan, obesitas, dan gaya hidup yang tidak banyak bergerak semuanya bisa berkontribusi.

Kemangi, seledri, apel dan anggur bisa membantu melindungi ginjal. Siapa pun yang memiliki gejala batu ginjal, infeksi urine, atau infeksi ginjal harus mencari saran medis untuk mencegah komplikasi berkembang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat