uefau17.com

Banyak yang Belum Tahu, Begini Asal Muasal Tradisi Mengirim Hantaran saat Lebaran Idul Fitri - Citizen6

, Jakarta Dalam hitungan hari umat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Tak sedikit yang lantas melakukan persiapan menjelang Lebaran mulai dari persiapan mudik, membersihkan rumah, membeli kue Lebaran hingga menyiapkan hantaran untuk diberikan kepada kerabat. 

Seperti yang kita tahu, di momen Lebaran ini banyak yang mengirim hantaran atau parsel kepada kerabat terdekat. Hal ini seolah telah menjadi tradisi di Tanah Air. Rupanya tradisi ini dapat ditelusuri pada momen hari raya panen yang berlangsung di masa kerajaan abad ke-16. 

"Hantaran Lebaran yang hingga saat ini populer di kalangan masyarakat Indonesia merupakan bentuk transformasi dari tradisi hantaran hasil bumi yang dipersembahkan rakyat kepada raja dan kemudian dari raja untuk rakyatnya," ujar Fadly Rahman, sejarawan kuliner Universitas Padjadjaran dikutip dari Merdeka. 

Pada masa kerajaan, ada tradisi masyarakat menghantarkan hasil bumi untuk raja. Ketika raja mengadakan pesta panen, biasanya akan membekalkan hasil olahan dan berbagai macam makanan serta kue, yang akan dibawa pulang oleh rakyatnya sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti Simbolik

Rupanya tradisi ini tak hilang meski masa kerajaan telah berakhir. Tradisi hantaran untuk raja ini pun berubah menjadi menghantarkan makanan untuk tetangga, saudara, serta handai taulan. Nah, tradisi tersebut berlangsung hingga hari ini.

Pada masa kolonial, saling membalas hantaran Lebaran juga telah muncul di kalangan antar-keluarga. Hantaran tersebut berupa berbagai jenis hidangan utama khas Lebaran seperti ketupat, opor, kari, dan rendang serta kue basah tradisional yang disajikan di dalam rantang.

Fadly mengatakan bahwa tradisi hantaran berupa tukar rantang menunjukkan kekhasan masyarakat agraris. Selain berfungsi sebagai wadah bekal, secara sosial-budaya rantang memiliki arti simbolik sebagai perekat hubungan antar-tetangga atau kerabat ketika digunakan untuk hantaran.

"Ketika dikirimi dalam bentuk rantang, secara spontan kita akan membalasnya. 'Ah, malu kalau kita mengembalikan dalam kondisi kosong'. Lalu kita akan mengisinya kembali dengan makanan-makanan," katanya

3 dari 4 halaman

Transformasi menjadi hampers

Pada masa kolonial, kue-kue kering dalam kemasan stoples mulai dikenal dan dijadikan hantaran Lebaran yang diberikan keluarga Eropa untuk keluarga pribumi priyayi. Kue kering tersebut merupakan kue yang identik ada saat Lebaran seperti nastar, kastangel, lidah kucing, dan putri salju.

Dalam perkembangannya, kini hantaran telah bertransformasi dalam bentuk hampers dan parsel. Namun meskipun wujudnya telah berubah, esensi serta makna hantaran tidak berubah signifikan.

Di masa sekarang ini, hampers pun telah menjadi pilihan. Umumnya orang mengirimkan hampers berupa makanan atau peralatan makan dan sholat. Hampers pun umumnya dilengkapi dengan kartu ucapan sebagai tanda ucapan terima kasih atau ucapan hari raya. Tak hanya antar rekan kerja, hampers juga umum diberikan kepada kerabat atau sanak saudara yang jauh.

4 dari 4 halaman

5 Inspirasi Hampers Lebaran yang Bermanfaat

Nah, menjelang lebaran ini apakah Anda telah memiliki ide hampers untuk kerabat? Berikut ini beberapa ide hampers lebaran bermanfaat yang bisa Anda berikan kepada orang tercinta dirangkum dari berbagai sumber:

1. Alat Sholat

Inspirasi hampers lebaran yang sangat bermanfaat pertama yang bisa kalian berikan kepada keluarga atau kerabat adalah alat sholat. Alat sholat sendiri menjadi sebuah kebutuhan penting bagi seluruh umat muslim.

Terlebih lagi alat sholat tersebut bisa digunakan saat sholat Ied di hari lebaran. Tak hanya mukena, hampers Lebaran yang berisi alat sholat ini juga bisa dilengkapi dengan sajadah, tasbih, kerudung, peci, dan sarung.

2. Parfum

Inspirasi hampers lebaran bermanfaat selanjutnya adalah parfum. Tentunya hampers ini cukup unik dan juga anti mainstream. Seperti yang kita tahu parfum bisa menjadi hal yang penting bagi sebagian besar orang. Terlebih lagi parfum akan sangat bermanfaat saat momen lebaran dan momen-momen penting lainnya.

3. Lilin aromaterapi

Ide hampers unik namun juga bermanfaat selanjutnya yakni lilin aromaterapi. Lilin aromaterapi akan menjadi pilihan hampers yang unik dan juga berkesan.

Lilin aromaterapi bisa membantu menghilangkan penat usai seharian beraktivitas. Sebelum memberikan hampers lilin aromaterapi, ada baiknya kalian cari tahu dulu wangi dan aroma apa yang disukai oleh rekan atau kerabat Anda.

4. Peralatan makan

Peralatan makan akan menjadi pilihan ide hampers unik namun juga sangat bermanfaat selanjutnya. Semua orang tentu akan membutuhkan alat makan. Itu mengapa kalian bisa memasukkannya ke dalam list hampers lebaran. Kalian bisa memilih peralatan makan yang elegan untuk dijadikan hampers lebaran.

5. Pengharum ruangan

Tentu banyak dari kita yang suka ruangan di rumah mereka menjadi harum. Ya, ide unik untuk menjadikan pengharum ruangan sebagai hampers ini nampaknya patut kalian coba. Terlebih lagi saat ini orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah jadi hampers ini tentunya akan sangat bermanfaat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat