uefau17.com

7 Hewan Ini Dikenal Paling Setia, Bisa Dicontoh - Citizen6

, Jakarta - Di dunia ini ada tiga jenis makhluk hidup, yaitu manusia, hewan, dan tumbuhnya. Ketiga makhluk hidup tersebut saling melengkapi. Untuk mempertahankan keturunannya, maka ketiga makhluk hidup itu berkembang biak.

Dalam perkembang biakan makhluk hidup, hewan dan manusia hampir memiliki kesamaan terutama dalam memilih pasangan. Namun, tidak semua manusia dan hewan mampu bertahan dengan pasangannya atau bisa dikatakan bahwa hanya beberapa manusia dan hewan saja yang mampu menjaga kesetiaannya dengan pasangan.

Berikut ini dilansir animalwised.com, beberapa hewan yang setia pada pasangannya,

1. Angsa

Mungkin kamu seringkali melihat undangan pernikahan seseorang yang menambahkan gambar angsa di dalamnya? Angsa ditambahkan dalam undangan pernikahan tersebut karena memang dipakai sebagai simbol cinta dan kesetiaan hewan.

Selain karena kebiasaan mereka menyatukan kepala dengan pasangannya dan membentuk gambar hati, angsa juga sangat terkenal sebagai hewan setia monogami. Mereka baru akan berpisah dan mencari pasangan lain kalau gagal bersarang, pasangannya mati atau menjadi mangsa predator.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Buaya dan Kupu-kupu

2. Buaya

Di dalam kehidupan manusia ada istilah “buaya darat”, buaya memang bisa hidup sementara di darat. Arti dari istilah “buaya darat” bukan begitu yang benar “buaya darat”  adalah pria hidung belang atau penggemar wanita.

Jika di dalam kehidupan manusia buaya dikaitkan dengan pria hidung belang atau manusia yang tidak setia, maka lain halnya dengan buaya dalam dunia binatang.

Buaya dalam dunia binatang sangat dikenal dengan hewan paling setia, bahkan hewan dengan gigi tajam ini hanya melakukan perkawinan satu kali saja dalam hidupnya. 

3. Kupu-Kupu

Hewan dengan sayap cantik yang satu ini ternyata merupakan hewan yang setia. Salah satu faktor dari kesetiaan kupu-kupu adalah jangka hidupnya yang pendek.

Namun, kupu-kupu betina akan mengatupkan sayap jika ada kupu-kupu jantan yang bukan pasangannya mendekat. Hal ini merupakan simbol penolakan kupu-kupu untuk berpasangan.

 

3 dari 4 halaman

Merpati dan Serigala

4. Merpati          

Tak heran jika hewan yang satu ini menjadi simbol kasih sayang dan kesetiaan. Pasalnya, merpati hanya mencari pasangan hidup sekali seumur hidup.  Mereka juga akan setia terhadap pasangannya hingga salah satu dari mereka mati.

Tak hanya setia, sepasang merpati juga terkenal romantis. Mereka akan membangun sarang bersama dan menetaskan telur di sana.

5. Serigala 

Setelah biaya ada hewan pemakan daging berikutnya yang termasuk ke dalam hewan yang setia terhadap pasangannya dan hewan itu adalah serigala.

Lebih tepatnya serigala yang hidupnya di kawasan atau daerah yang bersalju. Serigala termasuk jenis hewan yang berkelompok dan ketika berburu akan selalu ada pemimpinnya.

Dengan adanya pemimpin, maka pemimpin, maka hewan-hewan yang diburu akan mudah untuk diterkam. Serigala memiliki sifat yang sangat menyeramkan, sehingga banyak hewan yang menakutinya. Namun, dibalik sifat menyeramkan itu  ternyata serigala tipe hewan yang penakut serta pemalu.

Serigala akan sulit melihat pada siang hari, sehingga kelompok serigala akan melakukan perburuan pada malam hari. Selain dengan mata, ketika berburu kelompok serigala mengandalkan penciumannya yang tajam. 

 

4 dari 4 halaman

Penguin dan Siamang

6. Penguin

Mayoritas jenis penguin yang ada di dunia tinggal atau hidup di kawasan bersalju. Namun, ada jenis penguin yang tidak tinggal di kawasan bersalju melainkan di wilayah dengan suhu yang lebih hangat. Wilayah itu ada di Amerika Selatan atau 600 mil dari lepas pantai Ekuador. 

Sepanjang perjalanan hidupnya, penguin hanya hidup dengan satu pasangan atau monogami. Penguin betina dan jantan akan menghabiskan waktunya bersama-sama terutama ketika sudah masuk melahirkan.

Telur-telur penguin akan dijaga oleh mereka berdua sampai menetas menjadi anak pengun hingga menjadi pengun dewasa. Akan tetapi, ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa sebagian kecil penguin betina yang ada di dunia mempunyai beberapa pasangan pejantan pada sat masuk musin perkawinan. 

7. Siamang

Hewan yang paling setia berikutnya adalah siamang. Siamang betina dan siamang pejantan biasanya mendapatkan kesetiaan karena mereka sering hidup bersama, sehingga akan ada banyak pekerjaan yang dilakukan secara bersama-sama.

Dengan kesetiaan itu, sepasang siamang akan saling membantu dalam menjalani kehidupannya. Bukan hanya itu, sepasang siamang bisa membangun sebuah kelompok dengan anak-anak yang dilahirkannya.  

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat