uefau17.com

8 Grup KPop Generasi Keempat Ini Tak Ada Posisi Tertentu Selain Leader, Tahukah Kamu? - Citizen6

, Jakarta - Setiap member dalam grup KPop umumnya memiliki satu atau lebih posisi tertentu. Posisi-posisi seperti leader, dancer, rapper, vocalist, dan visual ini memiliki tujuan untuk membantu para member dalam membawakan penampilannya dan fokus terhadap bagian tugasnya.

Peran yang mereka pegang biasanya akan mereka bawa sebagai bagian dari perkenalan setiap anggota grup. Tidak hanya sebagai julukan, tetapi posisi ini penting untuk membantu dalam menampilkan bakat istimewa yang dimiliki masing-masing dari anggota.

Secara umum, posisi-posisi yang paling sering ada di dalam satu grup KPop adalah leader, dancer, vocalist, rapper, hingga maknae. Posisi ini biasanya akan diputuskan melalui diskusi anggota grup bersama dengan agensi mereka sebelum melakukan debut.

Untuk beberapa peran seperti maknae, ditentukan berdasarkan usia termuda di antara dari para member. Sementara untuk leader, beberapa grup memilih leader berdasarkan usia tertua, tetapi grup lain ada yang memilih pemimpinnya berdasarkan pengalaman dan kemampuan dari calon idol KPop tersebut.

Sementara itu, untuk dancer, rapper, dan vocalist biasanya akan dipilih berdasarkan kemampuan calon idol. Seluruh calon anggota grup KPop memang diharuskan ahli dalam setiap bidang membawakan penampilan. Namun, beberapa dari mereka pasti memiliki keahlian yang condong terhadap ke bidang tertentu.

Ada pun pemilihan jabatan idol berdasarkan penampilan dan popularitas yang dimiliki calon idol. Peran seperti center atau visual biasanya akan dipegang oleh calon idol yang memegang nilai-nilai tersebut.

Namun, tidak semua grup KPop menggunakan seluruh posisi tersebut. Beberapa grup KPop tidak memiliki posisi resmi tersebut, kecuali untuk jabatan leader.

Hal ini pun mengundang pendapat dari para penggemar yang menyebut anggota-anggota grup KPop tersebut sebagai idol multitalenta yang serba bisa.

Melansir dari All KPop, Minggu (20/11/2022), berikut ini nama-nama grup KPop generasi keempat yang setiap membernya tidak memegang posisi resmi kecuali leader:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Just B

Terdiri dari 6 anggota, boy group KPop Just B tidak memiliki posisi resmi kecuali leader. Just B dibentuk di bawah Bluedot Entertainment dan sudah memulai debut pada 20 Juni 2021.

Posisi leader resmi dipegang oleh Lim Jimin. Sampai saat ini, grup yang beranggotakan Lim Jimin, Lee Geon Woo, Jeon Do Yeom, Bae In, Kim Sang Woo, dan JM ini telah merilis dua judul album, yaitu JUST BURN dan JUST BEGUN.

3 dari 9 halaman

2. Omega X

Akhir-akhir ini nama boy group KPop Omega X tengah ramai diperbincangkan akibat skandal yang terjadi di antara grup dan agensi yang menaunginya, Spire Entertainment. Grup ini resmi melakukan debut pada 30 Juni 2021, sama dengan Just B.

Belum banyak yang mengetahui bahwa dengan total anggota sebanyak sebelas orang, grup ini termasuk sebagai grup KPop yang tidak memegang posisi resmi tertentu kecuali leader. Posisi leader dipegang oleh Jaehan.

4 dari 9 halaman

3. Kep1er

Kep1er merupakan girl group rookie yang terbentuk melalui program survival dari Mnet, bernama "Girls Planet 999".

Grup ini berhasil melakukan debut mereka pada awal tahun ini, yaitu 3 Januari 2022, di bawah Swing Entertainment dan Wake One Entertainment.

Grup ini debut dengan jumlah 9 anggota tanpa memiliki posisi resmi tertentu, kecuali leader. Dalam grup ini, posisi leader dipegang oleh dua anggota, yaitu Choi Yujin dan Mashiro.

Choi Yujin merupakan leader yang asli dari Korea, sedangkan Mashiro yang merupakan member asal Jepang berperan sebagai co-leader.

5 dari 9 halaman

4. Rocket Punch

Rocket Punch juga termasuk sebagai girl group KPop generasi keempat yang memiliki enam orang anggota dan berada di bawah agensi Woollim Entertainment. Grup ini telah melakukan debutnya pada 7 Agustus 2019.

Setiap member dari Rocket Punch tidak memegang posisi resmi tertentu. Juri Takahashi terkenal sebagai mantan anggota dari grup Jepang, AKB48. Di samping itu, posisi leader grup ini dipegang oleh Yeonhee.

6 dari 9 halaman

5. LOONA

Satu lagi girl group KPop generasi keempat yang setiap membernya tidak memegang posisi resmi tertentu. LOONA terdiri dari dua belas anggota yang bekerja di bawah label rekaman Blockberry Creative.

Grup ini juga dikenal dengan nama "Girl of the Month". Mereka menjadi salah satu grup yang mencoba debut tanpa memegang posisi resmi.

Semua anggota diketahui cukup berbakat untuk mengisi peran apa pun di dalam grup. Hanya HaSeul yang memegang posisi sebagai leader dari grup ini.

7 dari 9 halaman

6. LE SSERAFIM

Girl group LE SSERAFIM baru saja melakukan debut resminya tahun ini dan sudah melakukan comeback pertamanya dengan single "ANTIFRAGILE". Grup ini menjadi grup rookie paling menjanjikan dan populer setelah comeback-nya.

LE SSERAFIM dibentuk dan dikelola oleh HYBE Corporation X Source Music.

Kini, grup ini berhasil meningkatkan popularitasnya dengan lima member, setelah Kim Garam meninggalkan grup akibat terjerat isu kontroversial. Tidak ada posisi resmi yang mereka pegang, kecuali Chaewon sebagai leader dari grup.

 

8 dari 9 halaman

7. ENHYPEN

Grup lain yang debut di bawah HYBE Corporation adalah ENHYPEN. Setiap member ENHYPEN juga tidak memegang posisi tertentu saat melakukan debut mereka. Terbentuk dari acara survival "I-Land", grup ini terdiri dari 7 orang anggota.

ENHYPEN melakukan debutnya pada 30 November 2020. Satu-satunya posisi resmi yang ada dalam grup ini adalah leader yang dipegang oleh Jungwon, membuatnya bertanggung jawab atas anggota-anggota grupnya.

9 dari 9 halaman

8. TXT

Terakhir ialah TXT. Salah satu grup KPop generasi keempat paling populer ini dipercaya oleh agensi mereka, BigHit Music dan tidak memberikan posisi resmi tertentu kepada mereka.

Hanya Soobin TXT yang memegang posisi sebagai leader dan bertanggung jawab atas grup tersebut.

Sekilas tentang grup asuhan BigHit Music ini, TXT merupakan grup yang terdiri dari lima member dan telah memulai debut resmi mereka pada 4 Maret 2019.

Popularitas dari grup ini sudah ada sejak sebelum mereka debut, mengingat grup ini merupakan grup kedua yang dikeluarkan oleh BigHit setelah BTS.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat