uefau17.com

Dampak Buruk Terlalu Banyak Tidur yang Jarang Disadari - Citizen6

, Jakarta - Jika Anda memperhatikan bahwa Anda membutuhkan lebih dari 9 jam tidur untuk merasa istirahat, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami masalah kesehatan. 

Terutama jika Anda tertidur di tempat yang tidak terduga dan pada waktu yang tidak terduga. Itulah mengapa penting untuk melihat sedikit lebih dalam penyebab masalah tidur berlebihan Anda. 

Dalam kebanyakan kasus, tidur berlebihan diabaikan, karena kebanyakan berpikir bahwa itu karena jam kerja yang panjang. Tetapi tidak memperhatikan hal ini dapat menyebabkan Anda mengabaikan masalah sebenarnya yang dapat memiliki beberapa efek samping yang buruk.

Ada informasi untuk Anda tentang penyebab tidur berlebihan dan merasa terlalu lelah, bahkan setelah 12 jam tidur. Dan ingat, ini bukan tentang tidur yang nyenyak. Dilansir dari Brightside, Kamis (1/9/2022), berikut ini deretan dampak buruk jika Anda terlalu banyak tidur:

1. Mengalami hipersomnia

Kebalikan dari insomnia, hipersomnia, adalah suatu kondisi yang dikenal dengan peningkatan durasi tidur pada malam atau siang hari. Padahal, mengalami kondisi ini juga bisa berarti Anda mengalami kantuk di siang hari. Dalam hal ini, Anda mungkin bisa tertidur saat mengemudi atau sedang bekerja. Bahkan ketika tidur lebih dari jumlah yang disarankan, kemungkinan besar Anda akan merasa lelah.

Beberapa gejala hipersomnia termasuk merasa mengantuk dan lelah di siang hari, sulit untuk bangun di pagi hari, dan merasa bahwa tidur siang di siang hari tidak membantu sama sekali. Ini semua dapat menyebabkan kecemasan, kegelisahan, tidak berpikir dengan benar (berpikir lebih lambat), sakit kepala, dan tidak nafsu makan.

Kondisi ini memengaruhi sekitar 2% orang di seluruh dunia. Jika Anda sering terbangun di tengah malam, atau bahkan tidak ingat kapan Anda terbangun di malam hari, Anda mungkin mengalami kondisi ini. 

Menurut Healthline, itu biasanya dimulai pada masa kanak-kanak Anda. Namun, jika Anda tidak pernah merasa lelah seperti saat dewasa, disarankan untuk menghubungi dokter Anda untuk melihat apa yang mungkin menyebabkan kondisi ini dan memulihkan kesehatan Anda.

Sebelum Anda mengunjungi dokter Anda, disarankan untuk melakukan beberapa pemeriksaan sendiri untuk mempersiapkan janji temu. Anda dapat melacak pola tidur Anda dalam buku harian — ketika Anda tertidur, ketika Anda bangun, dll. Dengan cara ini, akan lebih mudah bagi dokter Anda untuk mendapatkan detail spesifik yang mereka butuhkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Mengalami depresi

Sementara beberapa orang dewasa mengalami insomnia sebagai tanda depresi, ada persentase orang dewasa, serta anak-anak dan remaja, yang mengalami tidur berlebihan karena kondisi ini. Jika Anda mengabaikan atau tidak menyadari fakta bahwa Anda mengalami depresi, tidur berlebihan bisa menjadi tanda yang tidak boleh Anda abaikan.

Depresi adalah masalah serius, dan tidur berlebihan bisa menjadi salah satu indikatornya. Ini biasanya dapat terjadi selama masa remaja Anda, sementara orang yang lebih tua mengalami lebih banyak insomnia. 

Namun, ketika orang tua mengalami tidur berlebihan yang terus-menerus, mungkin mereka mengalami depresi dan mereka mungkin perlu dirawat secara medis. Tidak hanya itu, kebanyakan wanita yang tidur lebih banyak dan merasa sangat lelah di siang hari ketika mereka mengalami depresi. Penting untuk mencari perawatan medis, seperti mengonsumsi antidepresan, untuk mengobati kondisi ini.

3 dari 4 halaman

3. Masalah pada Jantung

Salah satu tanda bahwa Anda mungkin mengalami penyakit yang berhubungan dengan jantung adalah tidur berlebihan. Ini juga termasuk kantuk di siang hari. Meskipun Anda mungkin merasa lelah, itu mungkin bukan karena Anda telah bekerja banyak.

Itulah mengapa tidak mudah untuk membedakan apakah masalah Anda dengan tidur lebih dari 9 jam dalam siklus 24 jam dapat dikaitkan dengan masalah jantung.

4. Anda harus mempertimbangkan untuk memeriksa tiroid Anda

Ada 2 jenis masalah tiroid yang memengaruhi tidur. Sementara salah satunya menyebabkan insomnia, yang lain menyebabkan tidur berlebihan atau perasaan lelah sepanjang waktu. 

Misalnya, hipotiroidisme terkait dengan tidur lebih dari 8+ jam sehari dan dapat menyebabkan kelelahan dan tidur di siang hari. Jika Anda tidak mengalami masalah kesehatan lain tetapi Anda tidur lebih dari jam yang disarankan, sebaiknya periksa tiroid Anda.

Tiroid kita membuat hormon, dan jika terlalu banyak, maka ini bisa membuat Anda terbangun berkali-kali sepanjang malam, jengkel, dan berkeringat di malam hari. Namun, jika tiroid Anda tidak menghasilkan cukup hormon atau membuatnya terlalu sedikit, maka ini dapat menyebabkan gangguan pada tidur Anda, seperti merasa terlalu dingin atau merasa nyeri pada otot Anda. Bukan hanya itu, tetapi juga dapat menyebabkan terlalu banyak tidur di siang hari, di mana seseorang hampir tidak bisa tetap terjaga.

Dianjurkan untuk menangani masalah ini secara medis dengan melakukan tes darah sehingga dokter Anda dapat mengetahui apakah Anda memiliki masalah tiroid. Jika Anda akhirnya mengalami masalah ini, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan kantuk dan menciptakan gaya hidup yang lebih sehat.

Anda dapat menemukan suhu tidur yang nyaman, mengatur rutinitas tidur ideal Anda dengan musik (atau bahkan mandi sebelum tidur), dan mengurangi asupan kafein dan zat.

4 dari 4 halaman

Masalah tidur berlebihan yang serius

Ya, tidak mendapatkan jumlah tidur yang tepat dapat menyebabkan masalah tidur berlebihan yang serius. Entah karena pilihan atau karena faktor lain, kurang tidur bisa membuat Anda tidur lebih lama dari biasanya. Periode tidur Anda harus tenang, santai, dan tidak terganggu. Jika tidak, Anda mungkin akan tidur lebih banyak di siang hari, termasuk tidur siang.

Terkadang orang akan kesiangan saat harus bekerja shift malam, saat mereka tidak mendapatkan cukup latihan fisik, atau bahkan saat menggunakan terlalu banyak obat. Ada kelainan yang disebut sindrom kaki gelisah, yaitu ketika Anda banyak menggerakkan kaki dan tidak bisa berhenti menggerakkannya. Ini juga dapat menyebabkan gangguan tidur, dan merasa sangat lelah ketika bangun.

Sleep apnea

Apnea tidur obstruktif terjadi ketika ada penyumbatan di jalur udara. Saluran udara bagian atas akhirnya runtuh selama 10 detik dan ini bisa terjadi ratusan kali dalam semalam. Karena ini, tidur kita terganggu beberapa kali per malam dan kita membutuhkan lebih banyak jam tidur untuk merasa istirahat. Ketika kita tidak mendapatkan jam tidur itu, kantuk di siang hari terjadi. Jika Anda dapat tertidur di mana saja dan kapan saja, ini mungkin disalahartikan sebagai "tidur yang nyenyak".

Sleep apnea kebanyakan terjadi pada anak-anak dan juga orang dewasa. Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda memiliki kondisi ini kecuali orang yang tidur di sebelah Anda memberitahu Anda bahwa Anda terlalu banyak mendengkur. Di sini, pernapasan Anda terganggu, yang berarti Anda kurang tidur dan akhirnya merasa sangat lelah untuk sekolah atau bekerja. Ini juga dapat menyebabkan bahaya karena Anda mungkin tertidur di jalan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat