uefau17.com

5 Makanan Terbaik untuk Sarapan, Bisa untuk Diet - Citizen6

, Jakarta - Penting bagi kita untuk memilih makanan yang kita konsumsi saat sarapan. Tak cuma nutrisi yang bisa kita dapatkan, program diet Anda juga akan terjamin kesuksesannya jika bahan makanan yang dipilih saat sarapan tepat.

Sarapan tak sekadar ritual waktu makan pada pagi hari. Apa yang kita santap pada pada pagi hari akan mempengaruhi energi harian, kewaspadaan, dan kesehatan.

Seperti dikutip dari laman US News, Minggu (6/2/2022), dari semua pilihan, beberapa bahan pangan di antaranya dianggap paling baik untuk dikonsumsi pada waktu sarapan dan dapat mendukung diet. Hal ini karena kandungan vitamin, mineral, lemak sehat, dan karbohidrat yang baik untuk setiap sel di tubuh kita.

Karena itu pastikan menu sarapan yang dipilih tepat dan dapat mendukung diet kita. Berikut daftar 5 dari 10 bahan makan terbaik untuk sarapan menurut US News yang kami pilih karena mudah ditemukan di pasar swalayan Tanah Air:

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan jantung. Buah ini memiliki banyak vitamin, di antaranya E, C, A, dan K, serta kaya serat.

Tak cuma itu, alpukat juga disebutkan mengandung antioksidan yang mampu menyerap gelombang cahaya yang merusak penglihatan kita. Sehingga baik sekali untuk mata.

Jika hari Anda akan disibukkan dengan rapat online, maka tak ada salahnya mengonsumsi buah ini saat sarapan pagi. Makanlah alpukat kocok yang dioles pada roti, jadikan smoothie atau jus bersama dengan bahan lainnya.

3 dari 6 halaman

2. Blueberry

Buah ini memang tak berasal dari Indonesia, namun Anda bisa menemukannya di swalayan terdekat. Tak ada salahnya mengonsumsi buah yang tinggi kandungan anti-oksidannya ini, dapat mencegah penuaan.

US News menyebutkan, blueberry merupakan sumber prebiotik, nutrisi yang baik bagi kesehatan pencernaan Anda. Dalam setengah cangkir blueberry, terdapat kandungan 2,5 gram serat dan 57 kalori.

Selain itu ada vitamin A, C, dan K. Juga ada kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Tak cuma itu, blueberry juga mengandung lutein, zeaxanthin dan beta-karoten yang baik untuk kesehatan mata.

4 dari 6 halaman

3. Telur

Telur merupakan makanan yang padat nutrisi. Makanan ini kaya dengan asam amino esensial atau bahan penyusun protein yang bisa menjadi bahan bakar untuk otot dan organ Anda pada pagi hari.

Selain itu disebutkan, mengonsumsi telur juga baik untuk keseimbangan otak dan hormon. Makanan tinggi protein ini juga dipercaya mampu memaksimalkan kontrol gula darah pada tubuh.

Makanlah satu atau dua buah telur pada pagi hari. Hindari menggorengnya. Merebus telur atau memasak setengah matang lebih sehat menurut US News.

5 dari 6 halaman

4. Jamur

Makanlah jamur saat sarapan pagi, terutama jamur kancing. Jamur kaya akan serat dan sumber protein nabati. Dia dipercaya memiliki kandungan prebiotik yang dapat mendorong bakteri baik di saluran pencernaan.

Secangkir jamur kancing cincang mengandung banyak posfor, kalium, folat, dan kalsium. Selain itu juga mengandung 80 kalori dan 3 gram karbohidrat.

Anda bisa menumis jamur atau menambahkannya pada telur dadar.

6 dari 6 halaman

5. Plain Yoghurt

Yoghurt merupakan makanan yang kaya protein dan kalsium, sangat cocok dikonsumsi pada pagi hari. Namun hindarilah yoghurt yang sudah diberi tambahan gula.

Mengonsumsi plain yoghurt atau yoghurt tawar lebih baik bagi Anda. Pilihlah jenis greek yoghurt yang lebih kental. Tak cuma kandungan prebiotiknya yang baik bagi usus, mengonsumsi makanan berbahan dasar susu ini juga membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Yoghurt bisa dikonsumsi bersama dengan campuran buah-buahan atau kacang-kacangan. Tambahkan juga madu atau biji-bijian di atasnya. Bisa juga menambahkan satu sendok yoghurt ke dalam telur untuk dibuat orak-arik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat