uefau17.com

Sosok Mendiang Pangeran Abdul Azim, Putra Sultan Brunei dan Kekayaannya - Citizen6

, Jakarta - Kabar duka datang dari negeri jiran Brunei Darussalam. Pangeran Abdul Azim meninggal dunia pada Sabtu 24 Oktober 2020, pukul 10.08 pagi waktu setempat.

Kabar wafatnya Pangeran Abdul Azim dikonfirmasi penyiar radio negara Brunei, Radio Television Brunei dalam sebuah pengumuman resmi dan juga Borneo Bulletin, seperti dikutip dari the Star Malaysia, Minggu 25 Oktober 2020.

"Putra Sultan Haji Hassanal Bolkiah, Pangeran Hj Abdul Azim meninggal dunia pada tanggal 17 Rabiul awal (24 Oktober 2020) pukul 10:08 waktu setempat. Pemakaman akan berlangsung selama salat asar malam ini," kata pengumuman itu yang diumumkan dalam bahasa Melayu Brunei.

Urutan keempat dalam garis suksesi monarki, Pangeran Abdul Azim adalah pangeran kedua dari pemimpin Brunei Sultan Hassanal Bolkiah.

Mengutip The Staits Times, Pangeran Abdul Azim lahir di Bandar Seri Begawan pada 29 Juli 1982. Ia menempuh pendidikan di International School Brunei, Raffles Institution di Singapura dan Oxford Brookes University.

Selain itu, dilansir Time, Pangeran Abdul Azim dideskripsikan oleh Forbes sebagai "favorit paparazzi," juga pesta-pesta terkenal yang diadakannya dengan tamu-tamu kalangan selebritas papan atas seperti Janet Jackson dan Pamela Anderson.

Pangeran Abdul Azim juga terlibat dalam bisnis perfilman. Sejumlah film yang yang diproduksinya berada di bawah nama Azim Bolkiah.

Di IMDb, Pangeran Abdul Azim dikreditkan untuk karyanya di enam deretan film termasuk You’re Not You, sebuah film produksi tahun 2014 yang dibintangi oleh Hilary Swank dan laris dalam penayangan perdananya di Tokyo International Film Festival.

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Brunei Berkabung Nasional

Menurut laporan the Star Malaysia, sumber monarki mengatakan, Brunei Darussalam dalam kondisi tujuh hari berkabung nasional dan semua orang harus mengenakan pakaian putih.

Instruksi yang dikirim kepada warga, menurut laporan lokal, berbunyi: "Wanita Muslim diharuskan memakai tudung putih atau kerudung, dan non-muslim diharuskan memakai ban lengan putih berukuran lebar 3".

Adapun Borneo Bulletin juga melaporkan, mendiang Pangeran Abdul Azim dimakamkan di Royal Mausoleum, yang berlokasi di ibu kota pada 24 Oktober 2020.

3 dari 4 halaman

Harta Kekayaan

Dilansir dari Meaww.com, Minggu 25 Oktober 2020, semasa hidupnya, sang pangeran dikenal karena kemurahan hati dan pesta mewahnya. Lantaran Pangeran Abdul Azim memiliki banyak teman selebritas.

Berkat terjunnya ke Hollywood sebagai produser bersama perusahaan film yang berbasis di London, Daryl Prince Productions yang memproduksi 'You're Not You', Azim tidak asing lagi untuk berbaur dengan orang kaya dan terkenal.

Dengan kekayaannya yang ditaksir sekitar USD 5 miliar tersebut ia juga gemar beramal. Pada 2009, Pangeran Haji Abdul Azim pernah mendesain tas akhir pekan yang bisa digunakan pria maupun wanita (unisex) untuk MCM. Hasil penjualan tas tersebut ditujukan bagi yayasan amal Inggris Make A Wish Foundation.

Selain itu, ia sempat menghebohkan pemberitaan internasional dengan mengadakan pesta ulang tahun pada tahun 2009 yang dijuluki 'Party of the Year'. Ia merogoh kocek 70.000 pound atau USD 91.318 atau sekitar RP 1,3 miliar (USD 1=Rp14,742) hanya untuk bunga-bunga menghiasi acara dan mengundang Mariah, Janet Jackson, dan Sophia Loren.

Sang pangeran sempat dilaporkan memiliki hubungan dekat dengan Mariah, dan pernah menghadiahkan penyanyi wanita itu dengan perhiasan senilai USD 6 juta.

Kemudian di pesta perayaan ulang tahunnya yang ke 30 diadakan di Dorchester Hotel London pada tahun 2012, ia mengundang selebritas dunia seperti Mariah Carey, Pamela Anderson, dan Raquel Welch.

Demikian menurut keterangan, Pangeran Haji Abdul Azim dikebumikan pada hari yang sama sekitar waktu salat Ashar. Saat ini, Brunei pun menjalani tujuh hari masa dukacita yang ditandai dengan masyarakat diminta mengenakan pakaian putih atau pun pita putih di lengan.

4 dari 4 halaman

Gelar Tahlilan

Kerajaan Brunei Darussalam telah menggelar upacara berkabung atas meninggalnya Pangeran Brunei Abdul Azim, putra Sultan Hassanal Bolkiah, yang tutup usia pada 24 Oktober 2020 dalam usia 38 tahun.

Dikutip dari Borneo Bulletin, Minggu 25 Oktober 2020, Sulltan Brunei beserta istri, dan para anggota monarki, turut hadir dalam upacara yang digelar di Makam Kerajaan.

The Bulletin juga melaporkan bahwa keluarga kerajaan menggelar doa bersama (tahlilan) selepas upacara pemakaman Pangeran Brunei Abdul Azim.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat