uefau17.com

Cek Fakta: Tidak Benar Pendaftaran Program Grand Prize Permata Bank Bagikan Hadiah - Cek Fakta

, Jakarta- Cek Fakta mendapati klaim pendaftaran program grand prize Pertama Bank bagikan hadiah, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 31 Mei 2023.

Program grand prize Pertama Bank bagikan hadiah berupa tulisan sebagai berikut.

"Khusus Untuk Nasabah Bank Permata Yang Sudah Terdaftar Mobile Banking PERMATA MOBILE X

Program Grend Prize Bank PermataBerhadiah Hadir Lagi,Ayo Buruan Daftar Menangkan Hadiah Nya Utama nya

-2: Unit Mobil XPander

-5 : Unit Mobile Innova

-2 : Unit Mobile Toyota Fortuner

10: Unit Gunung

-6:Unit Sepada motor Honda Vario

-6: paket umroh gratis

-10 : Unit TV Led

-15 : Unit Leptop

-15: Unit Lemari es

-20 : Unit Specker Prolytron

-20 : Unit Ac Prolytron

Masih Banyak Keuntungan Lainnya... Info Lebih Lanjut Tentang Pendaftaran ( Grend Prize Undian Bank Permata) Silakan Klik Menu (Daftar) Yang Telah Kami Sediakan."

Unggahan tersebut disertai tautan berikut "https://gebyarinfo-permata.web.app/?fbclid=IwZXh0bgNhZW0CMTEAAR1lRIjX-NxSdX6FoeT9-z9Mfn0wrZtmuBQKfj3JpkGAy5CcaN4RLleGi7A_aem_ATGrUoFemtYmXM8znQkhGK6EX6j9I1So1uDVh3WNblmyvrShUgPu1A8nFSinyjmUyxoJRL2mucrur4bGRqT_G4kh" jika tautan tersebut diklik makan mengarah pada situs yang menampilkan formulir pendaftaran.

Formulir tersebut meminta sejumlah data seperti nama lengkap, nomor kartu ATM, CVV tiga digit angkat dibalik kartu ATM, nomor handphone dan masa berlaku kartu.

Benarkah klaim pendaftaran program grand prize Pertama Bank bagikan hadiah? Simak penelusuran Cek Fakta .

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusuri klaim pendaftaran program grand prize Pertama Bank bagikan hadiah, penelusuran mengarah pada tulisan berjudul "Modus Kejahatan Perbankan" yang dimuat situs resmi Permata Bank permatabank.com.

Tulisan situs permatabank.com menyebutkan, salah satu kejahatan perbankan berkedok penipuan berhadiah, calon korbanakan menerima WhatsApp, Telegram, ataupanggilan yang menginformasikan akan mendapatkan hadiah tertentu dengan syarat mengirimkan uang ke kode yang merupakan virtual account dari penipu tersebut.

Selain itu juga lewat email Phishing, yang meminta korban untuk memberikan informasi dengan cara mengisi data diri di link bodong.

Artikel berjudul "Kenali Modus Penipuan Lewat Whatsapp" yang dimuat situs permatabank.com menyebutkan, informasi pembagian hadiah yang meminta informasi data pribadi, seperti PIN kartu debit/kredit, OTP, nama ibu kandung,dan lainnya sudah pasti penipuan.

Sumber:

https://www.permatabank.com/sites/default/files/2023-08/Modus%20Kejahatan%20Perbankan.pdf

https://www.permatabank.com/sites/default/files/2021-04/Kenali%20Modus%20Penipuan%20Lewat%20WhatsApp.pdf

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta , klaim pendaftaran program grand prize Pertama Bank bagikan hadiah tidak benar.

Informasi pembagian hadiah yang meminta informasi data pribadi, seperti PIN kartu debit/kredit, OTP, nama ibu kandung,dan lainnya sudah pasti penipuan.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta  pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta  bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat