uefau17.com

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Rumah Sakit China Berdiri Setelah UU Kesehatan Disahkan - Cek Fakta

, Jakarta - Cek Fakta mendapati klaim Rumah Sakit China berdiri setelah Undang-Undang Kesehatan disahkan, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 18 Juli 2023.

Unggahan klaim video Rumah Sakit China berdiri setelah Undang-Undang Kesehatan disahkan, menampilkan video bangunan bertuliskan Tzu Chi Hospital, berikutnya menayangkan Presiden Joko Widodo alias Jokowi sedang mengunjungi ruangan diselingi dengan tayangan fasilitas kesehatan.

Dalam video tersebut terdapat narasi suara sebagai berikut.

"saya tadi berkeliling untuk melihat fasilitas penanganan pasien baik yang berkaitan dengan kanker, baik yang berkaitan dengan alasemia, baik yang berkaitan dengan sumsum, semuanya sangat modern saya sangat menghargai pembangunan rumah sakit ini, rumah sakit dengan kapasitas 576 kamar kita ingin semuanya sehat.

Tetapi kalau pas sakit jangan pergi ke luar negeri Pergi saja ke rumah sakit Tzu Chi Hospital, warga negara Indonesia yang berobat ke luar negeri itu hampir satu juta orang setiap tahun kita kehilangan devisa 11,5 miliar us dolar Moga ini kita bisa bersaing dan masyarakat kita beribat di dalam negeri dan kita tidak kehilangan 170 triliun per tahun dengan rahmat Tuhan yang maha kuasa pada siang hari ini saya resmikan rumah sakit hospital di Provinsi DKI Jakarta terima kasih"

Dalam video terdapat logo DAAI TV Indonesia.

Video tersebut diberikan keterangan sebagai berikut.

"Terkait UU Kesehatan yg baru di sahkan, Tadi malam sy tanyakan ke salah satu jaleg, respon dan tanggapannya seperti apa ehh langsung kejadian.

Undang-undang baru diresmikan 11 Juli, tanggal 16 Juli sudah ada rumah sakit China berdiri megah di DKI Jakarta. Sampai sini pahamkan...??"

Benarkah klaim video Rumah Sakit China berdiri setelah UU Kesehatan disahkan? Simak penelusuran Cek Fakta .

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusuri klaim video Rumah Sakit China berdiri setelah UU Kesehatan disahkan, menggunakan Google Search dengan kata kunci 'Tzu Chi Hospital diresmikan'.

Penelusuran mengarah pada sejumlah situs salah satunya adalah tulisan berjudul "Resmikan RS Tzu Chi, Presiden Imbau Masyarakat Berobat di Dalam Negeri" yang dimaut situs resmi Presiden Indonesia Presidenri.go.id.

Situs Presidenri.go.id menyebutkan, Presiden Joko Widodo meresmikan pembangunan Rumah Sakit (RS) Tzu Chi Hospital yang berlokasi di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta, pada Rabu, 14 Juni 2023.

Dalam artikel tersebut terdapat kalimat kutipan Presiden Jokowi yang identik dengan narasi suara di dalam video klaim.

Seperti berikut ini:

"Kita kehilangan devisa karena bayarnya ke luar negeri, kehilangan devisa 11,5 miliar US dollar, Rp170 triliun hilang gara-gara berobat ke luar negeri.".

Penelusuran juga mengarah pada tayangan video berjudul "Presiden Jokowi : Berobat Tidak Perlu Keluar Negeri, Cukup di Tzu Chi Hospital" yang akun YouTube resmi DAAI TV Indonesia, pada 14 Juni 2023. Tayangan video tersebut identik dengan klaim video.

Video yang diunggah akun YouTube resmi DAAI TV Indonesia diberi keterangan sebagai berikut.

"Tzu Chi Hospital merupakan rumah sakit yang berada di bawah naungan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia ini mengusung konsep High Tech dan High Touch dengan dihadirkannya pusat transplantasi sumsum tulang pertama di Indonesia.

Tzu Chi Indonesia mengedepankan lima layanan unggulan yakni pusat transplantasi sumsum tulang, perawatan paliatif, penanganan kanker, bedah syaraf dan anak.

Seluruh pelayanan ini dilakukan dengan dukungan tenaga medis dan non medis yang profesional dengan nilai budaya humanis."

Penelusuran dilanjutkan dengan mengubah kata kunci 'Undang-Undang Kesehatan disahkan', penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Tok! RUU Kesehatan Disahkan DPR Jadi Undang-Undang" yang dimuat situs .

Situs menyebutkan, Rancangan Undang-Undang tentang Kesehatan atau (RUU Kesehatan) resmi disahkan menjadi Undang-Undang.

Ketua DPR RI, Puan Maharani, yang memimpin rapat paripurna DPRI RI masa Sidang V tahun 2022-2023 pada hari ini, Selasa, 11 Juli 2023 sudah mengetuk palu terkait hal ini.

Sumber:

https://www.presidenri.go.id/siaran-pers/resmikan-rs-tzu-chi-presiden-imbau-masyarakat-berobat-di-dalam-negeri/

https://www.youtube.com/watch?v=4chqazn9SEs

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta , klaim video Rumah Sakit China berdiri setelah UU Kesehatan disahkan tidak benar.

Peresmian rumah sakit  Tzu Chi Hospital yang ada dalam tayangan video tersebut terjadi pada Rabu, 14 Juni 2023. Lebih awal dari pengesahan UU Kesehatan yang baru, yaitu pada Selasa, 11 Juli 2023.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta  pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta  bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat