uefau17.com

Kilas Balik Euro 2020: Italia Rebut Gelar Kedua di Turnamen Bersejarah - Bola

, Jakarta - Piala Eropa berulang tahun ke-60. Untuk menandai momen spesial itu, Michel Platini yang masih jadi presiden UEFA menginginkan turnamen berlangsung di berbagai negara.

Semula event berlangsung di 13 negara. Namun, pandemi Covid-19 mengubah segalanya. Euro 2020 akhirnya digelar di 11 negara setelah Brussels (Belgia) dan Dublin (Republik Irlandia) menarik diri. Kompetisi juga berlangsung setahun kemudian.

Sebanyak sembilan dari 11 penyelenggara lolos ke turnamen utama, dengan Azerbaijan dan Rumania gagal lolos. Sebagai gantinya Finlandia dan Macedonia Utara berkesempatan debut.

Usai persaingan grup, finalis edisi sebelumnya Portugal dan Prancis sama-sama kandas di babak 16 besar. Turut tersisih Jerman dan Belanda.

Pada putaran perempat final, Italia, Spanyol, Inggris, dan Denmark meraih kemenangan atas lawan masing-masing demi menjaga kans merebut gelar. Timnas Italia sukses menyisihkan Spanyol dan Inggris membungkam Denmark.

Meski dilanda euforia dan dukungan suporter karena bermain di kandang sendiri, Inggris gagal mengakhiri paceklik gelar. Mereka menderita patah hati usai kalah karena adu penalti.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bintang Euro 2020

Patrik Schick dan Cristiano Ronaldo jadi pemain tersubur lewat torehan masing-masing lima gol. Sementara para penyerang tajam lain juga mewarnai daftar top skor yakni Romelu Lukaku, Harry Kane, dan Karim Benzema.

Namun, Komite Teknik UEFA memilih kiper Italia Gianluigi Donnarumma sebagai pemain terbaik turnamen. Catatan tiga clean sheet dan hanya kemasukan empat gol dalam tujuh laga jadi salah satu alasan di balik keputusan tersebut.

Donnarumma juga mementahkan tiga eksekutor lawan pada dua adu penalti yang mesti dilakoni Italia. Pertama dia menepis eksekusi striker Alvaro Morata. Donnarumma lalu memblok usaha duo Inggris Jadon Sancho dan Bukayo Saka.

3 dari 3 halaman

Fakta Menarik Euro 2020

  • Italia jadi negara pertama yang memenangkan dua adu penalti pada Piala Eropa usai mengalahkan Spanyol (semifinal) dan Inggris (final).
  • Italia mengangkat trofi setelah menunggu selama 53 tahun, selisih terbesar bagi pengoleksi dua gelar Piala Eropa atau lebih.
  • Tercipta 142 gol di Euro 2020, terbanyak dalam satu turnamen sepanjang sejarah kompetisi. Rata-rata 2,78 gol per laga juga jadi yang tertinggi. Namun, hanya satu yang tercipta melalui tendangan bebas langsung. Sedangkan tujuh dari 16 penalti diselamatkan atau melenceng.
  • Torehan dua gol ke gawang Prancis membuat koleksi Cristiano Ronaldo di pentas internasional menjadi 109, menyamai rekor sebelumnya yang tercatat atas nama striker Iran Ali Daei. Total Ronaldo membuat lima gol di Euro 2020 sehingga jadi top skor kompetisi lewat catatan 14 gol.
  • Kacper Kozłowski (17 tahun 246 hari) jadi pemain termuda yang tampil di Piala Eropa. Jude Bellingham sempat menggoreskan rekor tersebut dengan selisih enam hari. Namun, Bellingham kemudian jadi pemain termuda (18 tahun 4 hari) yang tampil di babak gugur.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat