uefau17.com

Prediksi Piala AFF 2022 Filipina vs Indonesia: Tiga Poin Jadi Harga Mati - Bola

, Jakarta- Timnas Indonesia akan melakoni laga pamungkas fase grup Piala AFF 2022 melawan tuan rumah Filipina di Stadion Rizal Memorial, Manila, pada Senin (2/1/2023) malam WIB. Laga ini wajib dimenangkan demi merebut satu tiket ke babak semifinal dan mengintip peluang jadi penguasa Grup A.

Hingga tiga pertandingan berlangsung, Indonesia harus puas berada di posisi kedua klasemen Grup A Piala AFF 2022. Pasukan Shin Tae-yong mengoleksi tujuh poin. Namun kalah selisih gol dari Thailand yang berhak berada di puncak klasemen.

Situasi ini membuat Indonesia perlu imbang atau menang atas Filipina. Karena jika sampai kalah, masih ada kemungkinan tak lolos ke semifinal. Takutnya Kamboja bisa membuat kejutan di laga lainnya dengan mengalahkan tuan rumah Thailand.

Ketimbang menggantungkan nasib kepada pertandingan lain, timnas Indonesia membidik tiga poin di markas Filipina. Kemenangan besar di kandang Filipina juga bisa membuat Indonesia menjadi juara Grup A. Saat ini Indonesia terpaut selisih satu gol saja dengan Thailand.

Peluang menang terbuka lebar. Filipina di Piala AFF 2022 tidak terlalu garang. Mereka sudah dipastikan tidak akan lolos ke babak semifinal. Mereka baru mendapat tiga poin dari tiga pertandingan. Filipina cuma bisa menang atas Brunei Darussalam.

Meski dijagokan menang, timnas Indonesia enggan meremehkan Filipina. STY meminta anak asuhnya memperlakukan laga kontra Filipina bak pertandingan final.

"Kami tidak akan lengah saat menghadapi Filipina. Kami akan memberikan yang terbaik seperti final," ujar STY seperti dilansir Antara.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanpa Jordi Amat

Sementara Kiper Nadeo Agrawinata mewaspadai permainan long ball yang biasa diterapkan oleh Filipina. Apalagi Filipina memiliki pemain berpostur tinggi besar seperti Stephen Shrock, Mark Hartmann, Julian Swarzer dan Kenshiro Daniels.

"Prediksi saya, mereka akan mengandalkan bola-bola ke arah belakang kami, dalam artian bola long ball. Pemain Filipina berpostur bagus dan tinggi besar," ujar Nadeo.

Filipina juga diuntungkan oleh status tuan rumah sehingga sangat mengenal betul Stadion Rizal Memorial yang menggunakan rumput buatan. "Mereka sangat paham bagaimana bermain di sini," kata Nadeo.

Melawan Filipina, Indonesia juga tak bisa turun dengan kekuatan penuh. Bek naturalisasi Jordi Amat dipastikan bakal absen karena terkena akumulsi kartu. Amat telah mendapat kartu kuning dua kali di Piala AFF 2022.

Padahal Jordi Amat akan sangat dibutuhkan untuk menghalau umpan-umpan silang dari Filipina yang punya postur badan tinggi besar. Posisi Jordi Amat sebagai starter akan diperebutkan oleh Rizky Ridho dan Hansamu Yama Pranata untuk menjadi pendamping bagi Fachruddin Aryanto di lini belakang timnas Indonesia.

3 dari 4 halaman

Prediksi Susunan Pemain

Prediksi Susunan Pemain Indonesia saat melawan Filipina:

Timnas Indonesia (4-3-3): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Hansamu Yama, Fachruddin Aryanto, Pratama Arhan; Rachmat Irianto, Marc Klok, Marselino Ferdinan; Witan Sulaeman, Ilija Spasojevic, Egy Maulana Vikri.

4 dari 4 halaman

Rekor Pertemuan

25/11/2014: Filipina vs Indonesia 4-0

22/11/2016: Indonesia vs Filipina 2-2

25/11/2018 Indonesia vs Filipina 0-0

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat