uefau17.com

Jadwal Timnas Indonesia: Tampil di Kandang Sendiri, Skuad Garuda Ditantang Curacao dalam FIFA Matchday - Bola

, Jakarta Timnas Indonesia bakal menghadapi Curacao dalam ajang FIFA Matchday yang dijadwalkan berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dan Stadion Pakansari Bogor.

Duel pertama antara kedua kesebelasan dimulai pada Sabtu (24/9/2022). Sementara itu, pertandingan selanjutnya akan dihelat tiga hari berselang.

Terdapat total 23 penggawa yang dipanggil Shin Tae-yong untuk memperkuat Skuad Garuda dalam perhelatan kali ini. Beberapa di antaranya berkarier di Liga Indonesia dan beberapa lainnya berkiprah di luar negeri.

Sejumlah nama yang kerap menjadi andalan pelatih asal Korea Selatan dikabarkan bakal unjuk gigi dalam pertandingan kontra Curacao. Mereka adalah Asnawi Mangkualam, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Elkan Baggott, hingga Pratama Arhan.

Pemain debutan seperti Muhammad Ramadhan Sananta, Muhammad Ferarri, Dendy Sulistyawan, Yakob Sayuri, dan Muhammad Rafli, juga akan diberi kesempatan untuk menjadi amunisi Indonesia di FIFA Matchday.

Dilansir dari situs resmi PSSI, Skuad Garuda telah memulai persiapannya jelang menghadapi Timnas Curacao pada akhir pekan ini. Latihan perdana dihelat di Stadion Sidolig, Bandung, pada Senin (19/9/2022).

Shin Tae-yong belum terlalu menggenjot para pemainnya dalam sesi tersebut. Juru taktik asal Negeri Ginseng mengungkap pihaknya hanya ingin memantau sekaligus memulihkan kondisi anggota Timnas Indonesia.

“Seperti yang dilihat, latihan hari ini hanya pemulihan dan perkenalan antarpemain. Jadi (seperti) pemanasan saja,” ujarnya kala memimpin sesi latihan Skuad Garuda, seperti dilansir dari situs resmi PSSI.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Analisis Kekuatan Curacao

Lebih lanjut, Shin Tae-yong menjelaskan dirinya juga belum mengetahui kekuatan calon lawan Indonesia di FIFA Matchday. Eks manajer Timnas Korea Selatan itu mengaku baru akan menganilisis performa Curacao dalam waktu dekat.

“Jujur, (saya) tidak tahu tentang Curacao. Sampai besok, (kami) akan menganilisis tim seperti apa (mereka). (Setelah itu) baru nanti akan diberi tahu taktiknya bagaimana,” ungkap pelatih berusia 52 tahun tersebut.

Sekadar informasi, Curacao bukanlah lawan yag bisa dianggap remeh. Klub yang kini ditangani oleh Art Langeler itu pernah mencatatkan namanya sebagai juara Piala Karibia 2017 serta perempatfinalis Piala Emas CONCACAF edisi 2019.

Curacao pun lebih unggul dari segi ranking dibanding Timnas Indonesia. Mereka bertengger di peringkat 84 FIFA, sementara Skuad Garuda hanya menghuni urutan ke-155.

3 dari 4 halaman

Skuad Curacao

Curacao juga akan menurunkan kekuatan yang sama di FIFA Matchday. Federasi Sepak Bola Curacao (FFK) telah memanggil 23 nama untuk menjalani laga persahabatan melawan Timnas Indonesia pada September ini.

Dilansir dari Twitter resmi FFK, Timnas Curacao bakal kembali diperkuat oleh Vurnon Anita. Pemain berusia 33 tahun tersebut pernah bermain di klub-klub elite Eropa, seperti Ajax, Leeds United, hingga Newcastle United.

Menariknya, Vurnon Anita juga merupakan alumnus Timnas Belanda. Dia sempat memperkuat Oranje selama tiga kali pada tahun 2010. Dia juga merupakan langganan tim usia muda di Negeri Kincir Angin. 

Penampilan Anita bersama Timnas Belanda sebenarnya tidak mengecewakan. Akan tetapi, Bert van Marwijk yang dulu menukangi Oranje tidak mengajaknya masuk dalam skuad Belanda di Piala Dunia 2010.

Adapun Anita telah menjalani debut bersama Curacao saat timnya berhadapan dengan Saint Vincent and the Grenadines pada 2021 lalu.

4 dari 4 halaman

Jadwal Timnas Indonesia

Berikut adalah jadwal Timnas Indonesia kontra Curacao di FIFA Matchday September.

Sabtu, 24 September 2022

Indonesia vs Curacao

Stadion Gelora Bandung Lautan Api

Selasa, 27 September 2022

Indonesia vs Curacao

Stadion Pakansari

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat