uefau17.com

Studi Kantar: Belanja Rumah Tangga Masyarakat Tumbuh 9 persen di Kuartal I 2024 - Bisnis

, Jakarta Hasil studi Kantar Indonesia Divisi Worldpanel, perusahaan riset konsumen dan analisis data, menunjukkan perbelanjaan rumah tangga masyarakat Indonesia tumbuh 9% dibanding tahun lalu di kuartal I 2024. Angka ini hampir dua kali lipat dari pertumbuhan PDB. Di mana total spending secara rata-rata meningkat menjadi Rp 6,1 juta dibandingkan dengan Rp 5,6 juta di kuartal pertama tahun 2023.

Besarnya perbelanjaan ini masih dipengaruhi oleh kenaikan harga dan juga masyarakat yang lebih percaya diri untuk berbelanja lebih banyak setelah arus inflasi di tahun-tahun sebelumnya.

"Kebiasaan berbelanja yang baru ini mempengaruhi konsumen dalam hal memilih brand yang dibeli. Kondisi ini tentunya memberikan tantangan tersendiri bagi pelaku industri FMCG untuk dapat tetap dipilih konsumen," ujar Venu Madhav, Managing Director of Kantar Indonesia, Worldpanel Division kepada media di Jakarta, Jumat (28/6/2024).

Kantar Indonesia baru saja merilis laporan terbaru mereka, Brand Footprint Indonesia 2024. Brand Footprint adalah studi tahunan yang dilakukan oleh Kantar untuk mengukur merek yang paling dipilih oleh konsumen.

Laporan ini mencakup lebih dari 550 merek di lima sektor FMCG, yaitu Makanan, Minuman, Produk Susu, Perawatan Rumah, dan Perawatan Tubuh.

Brand Footprint Indonesia tahun ini mencakup 97% rumah tangga di berbagai kota besar dan kecil di seluruh wilayah urban dan rural Indonesia, dari keseluruhan populasi rumah tangga sebanyak 70 juta.

Beberapa fakta menarik dari studi Brand Footprint pada tahun ini, yakni: produk FMCG masih menjadi prioritas dalam perbelanjaan masyarakat Indonesia dari semua kalangan ekonomi dan demografi. Hal ini merupakan peluang bagi para pelaku industri FMCG untuk menjadi bagian dari prioritas masyarakat ketika berbelanja.

Kemudian adanya kesamaan dari kesepuluh brand yang menempati peringkat teratas di studi Brand Footprint adalah, brand tersebut setidaknya dibeli oleh 60% masyarakat Indonesia atau setara dengan 42 juta rumah tangga.

Selain dibeli oleh 60% masyarakat, kesamaan lainnya adalah 10 brand peringkat teratas dibeli sebanyak 14x atau lebih dalam satu tahun.

Corina Fajriyani, Senior Marketing Manager of Kantar Indonesia, Worldpanel Division menjelaskan lebih  lanjut bahwa, dalam studi tahunan Brand Footprint, Kantar menggunakan metode yang disebut Consumer Reach  Point (CRP) untuk mengukur sejauh mana suatu merek dapat menjangkau konsumen.

"CRP adalah matriks yang  menggabungkan tingkat penetrasi, yaitu jumlah rumah tangga yang membeli merek tersebut, dengan frekuensi  pembelian oleh konsumen. Dengan kata lain, nilai CRP memberikan gambaran tentang seberapa kuat hubungan  antara merek tersebut dengan konsumennya,” kata dia.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kebutuhan Terbesar Masyarakat

 

Dilaporkan jika FMCG dan fresh food menjadi dua kebutuhan terbesar di ketiga kelas masyarakat seperti kelas atas, menengah, dan bawah.

Meskipun demikian, terdapat perbedaan di kebutuhan ketiga masing-masing kelas masyarakat dimana kelas atas mengutamakan kendaraan, kelas menengah lebih banyak membeli durable goods, sementara kelas bawah memproritaskan pakaian. Hal ini dikarenakan efek dari bulan Ramadhan dimana THR diberikan.

“Kebutuhan prioritas ketiga ini yang menjadi perbedaan karena Q1 2024 sangat berhubungan dengan musim lebaran karena Maret hingga April kan kita puasa sehingga hitungan kita itu sangat terpengaruh oleh mereka saat festive season” tegas Corina. 

3 dari 3 halaman

10 Brand Teratas

Hasil studi Kantar Indonesia menemukan jika produk Indomie tetap mempertahankan posisi teratas dari the Most Chosen FMCG Brand di Indonesia. 

Posisi berikutnya di peringkat 2 hingga 8 juga diduduki brand yang sama seperti tahun sebelumnya, yaitu: SoKlin, Mie Sedaap, Royco, Roma, Kapal Api, Indofood, dan Nabati.

Produk Daia mendobrak klasemen di peringkat 10 teratas  tahun ini dengan nilai CRP lebih dari 800 juta – yang berarti Daia dipilih oleh konsumen sebanyak 800 juta kali di  sepanjang tahun 2023. 

Menariknya, 7 dari 10 peringkat teratas merupakan brand makanan. Satu-satunya produk minuman di kalangan 10 peringkat teratas adalah produk kopi, di mana sebanyak 65% rumah tangga Indonesia mengkonsumsi kopi  setidaknya 20 kali dalam setahun. Hal ini menunjukkan bahwa rumah tangga di Indonesia lebih memilih kopi dibandingkan produk minuman lainnya seperti teh atau sirup.

Selain itu adapula pendatang baru di 100 Peringkat Teratas (Rising Star Brands). Brand itu adalah Le Minerale yang melesat 26 peringkat dari tahun lalu, Le Minerale berhasil masuk ke 100 peringkat teratas di klasemen Brand Footprint tahun ini.

Strategi Le Minerale untuk menawarkan berbagai pilihan ukuran kemasan, meningkatkan kehadiran dan aksesibilitasnya memungkinkan Le Minerale memenuhi beragam kebutuhan dan preferensi konsumen, memastikan semua orang dapat menikmati manfaatnya dalam berbagai momen.

Kemudian Milku. Pertama kali hadir sebagai produk susu cari dalam kemasan botol di tahun 2020, tahun ini Milku berhasil masuk ke klasemen 100 peringkat teratas Brand Footprint. Karakteristik utama yang diusung Milku adalah terbuat dari susu sapi Belgia, ukuran kemasan yang pas dengan keinginan konsumen (200ml), dan harga yang ditawarkan pun sesuai dengan dompet konsumen.

Dengan strateginya, Milku berhasil merangkul lebih dari 40% rumah tangga Indonesia untuk memilih Milku sebagai produk susu cair untuk anak-anak.

"Studi Brand Footprint ini memberikan wawasan komprehensif tentang  industri FMCG yang terus menunjukkan ketahanan dan kemampuan beradaptasi di tengah kenaikan harga secara  umum. Beberapa merek berhasil tumbuh dan memperluas basis pembelinya dengan cepat merespons kebutuhan  dan preferensi konsumen. Ini menunjukkan bahwa pertumbuhan merek dapat dicapai dengan cepat tanggap  terhadap perubahan perilaku konsumen," jelas dia.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat