uefau17.com

Tengok Jadwal Operasional BCA, BNI, dan BSI selama Libur Lebaran 2024 - Bisnis

, Jakarta - Pemerintah telah menetapkan libur Idulfitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024 mulai 8-15 April 2024. Libur lebaran sendiri ditetapkan pada 10-11 April, sementara sisanya ditetapkan sebagai cuti bersama. Lantas, bagaimana waktu operasional perbankan?

Layanan perbankan nyatanya ikut melakukan penyesuaian waktu operasional selama libur Lebaran 2024 nanti. Mulai dari tak beroperasi penuh, sehingga beroperasi secara terbatas pada waktu-waktu tertentu.

Ada sejumlah perusahaan yang sudah menetapkan waktu operasional selama libur lebaran. Mulai dari Bank Central Asia (BCA), Bank Negara Indonesia (BNI), hingga Bank Syariah Indonesia atau BSI.

Berikut rangkuman waktu operasional bank selama libur lebaran 2024;

Jadwal Operasional BCA

Melalui laman resminya, BCA mengumumkan waktu operasional selama periode libur lebaran. Perusahaan memutuskan tidak membuka layanan pada 9-15 April 2024.

"Seluruh cabang BCA tidak beroperasi pada 9-15 April 2024," seperti dikutip, Kamis (4/4/2024).

Kemudian, khusus pada 12 April 2024, beberapa cabang BCA akan beroperasi hanya untuk layanan B2B Pertamina. Diantatanya, KCU Madiun, KCU Matraman, KCU Palembang, dan KCU Semarang.

Meski operasional dibatasi di kantor-kantor cabang, perusahaan menjamin proses transaksi masih bisa dilakukan melalui berbagai kanal. Milai dari aplikasi hingga ATM BCA.

"Namun, tidak perlu khawatir, ya, karena nasabah tetap dapat bertransaksi menggunakan berbagai fasilitas e-channel BCA, seperti myBCA, BCA mobile, KlikBCA, dan ATM BCA, kapan pun, di mana pun dengan mudah dan nyaman," sepeeti dikutip.

Perusahaan menegaskan, informasi terkait lokasi ATM dan Cabang BCA bisa diketahui melalui laman resminya. Info lebih lanjut terkait layanan transaksi dan produk BCA, bisa menghubungi Halo BCA 1500 888 atau via Aplikasi haloBCA.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadwal Operasional BNI

Sama halnya dengan BNI. Bank pelat merah ini juga ikut menyesuaikan waktu operasional selama libur lebaran.

BNI memilih untuk membuka layanan secara terbatas pada beberapa kantor cabang, hingga kantor cabang pembantu. Perusahaan melalui laman resminya mencatat ada pembatasan operasional sejak pukul 09.00-12.00 waktu setempat.

Ini berlaku untuk masa libur lebaran mulai 8-15 April 2024.

"Dalam rangka memberikan layanan kepada masyarakat selama libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H, maka BNI akan melaksanakan operasional terbatas pada tanggal 08 s.d 15 April 2024 pada pukul 09.00 sampai dengan 12.00 WST (waktu setempat)," seperti dikutip.

 

3 dari 3 halaman

Jadwal Operasional BSI

Kemudian, PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI juga ikut melakukan penyesuaian jadwal operasionalnya. BSI membatasi jenis layanan yang bisa dilakukan di kantor cabang selama 8-15 April 2024 mendatang.

"Sehubungan dengan cuti bersama dan libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H, dengan ini kami informasikanbahwa Kantor Cabang kami tetap dapat melayani Bapak/lbu nasabah Bank Syariah Indonesia padatanggal 08 - 15 April 2024," tulis pengumuman di laman resmi BSI.

Ada beberapa jenis transaksi yang bisa dilakukan, diantaranya;

- Transaksi pembayaran Pertamina dan Institusi

- Setoran tunai/Cek atau BG non kliring

- Penarikan tunai/Cek atau BG non kliring

- Pembukaan Rekening

- Complaint handling

- Layanan Gadai dan Cicil Emas (Outlet tertentu)

- Transaksi lainnya, sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia

"Di luar layanan ini, Bapak/lbu nasabah masih dapat bertransaksi melalui e-channel (BSI Mobile,Internet Banking, ATM, CRM, dan Cash Management System)," sebagaimana dikutip.

Informasi lebih lanjut terkait Kantor Cabang yang melaksanakan operasional terbatas dan weekendbanking, dapat menghubungi BSI Call 14040 atau klik www.bankbsi.co.id.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat