uefau17.com

Harga Minyak Dunia Terbang Tinggi, Tembus USD 97 per Barel - Bisnis

, Jakarta Harga minyak melonjak sekitar 3% pada perdagangan Rabu, setelah stok minyak mentah AS turun lebih dari yang diharapkan. Hal ini menambah kekhawatiran akan terbatasnya pasokan minyak di tengah pengurangan produksi OPEC+.

Dikutip dari CNBC, Kamis (28/9/2023), harga minyak mentah berjangka Brent menembus USD 97 per barel, dan diperdagangkan naik USD 2,55 menjadi USD 96,51 per barel. 

Sedangkan harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS naik USD 3,16 menjadi USD 93,54. Kedua patokan harga minyak tersebut menyentuh level tertingginya dalam perdagangan intraday tahun ini.

Stok minyak mentah AS turun 2,2 juta barel pekan lalu menjadi 416,3 juta barel, data pemerintah menunjukkan, dibandingkan dengan ekspektasi analis dalam jajak pendapat Reuters yang memperkirakan penurunan 320.000 barel.

Stok Minyak Mentah

Stok minyak mentah di pusat penyimpanan utama Cushing, Oklahoma, dan titik pengiriman minyak mentah berjangka AS, turun 943.000 barel dalam seminggu menjadi hanya di bawah 22 juta barel, terendah sejak Juli 2022, data menunjukkan.

“Berita besarnya adalah penyimpanan di Cushing. Kekhawatiran terbesar bagi para pedagang adalah Cushing mendekati titik terendah operasional dalam beberapa bulan. Itu adalah kekuatan bullish untuk harga minyak mentah,” kata Dennis Kissler, Wakil Presiden Senior Perdagangan BOK Financial.

“Pasar sedang overbought dan koreksi pasti diperlukan,” dia mengingatkan.

Stok minyak di Cushing telah mendekati titik terendah dalam sejarah karena kuatnya permintaan pengilangan dan ekspor, sehingga memicu kekhawatiran mengenai kualitas minyak yang tersisa di pusat produksi dan potensi penurunan di bawah tingkat operasi minimum.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penurunan Stok Minyak

Penurunan stok minyak mentah AS terjadi ketika Arab Saudi dan Rusia – sebagai bagian dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, yang dikenal sebagai OPEC+ – telah memperpanjang pengurangan produksi sukarela sebesar 1,3 juta barel per hari hingga akhir tahun, hal ini mengkhawatirkan. pasar tentang keterbatasan pasokan menjelang musim dingin.

“Sampai keputusan untuk meningkatkan produksi dibuat, pasar energi global akan tetap ketat,” kata Ole Hansen, Kepala Strategi Komoditas di Saxo Bank.

Kurangnya pasokan cadangan tercermin di ujung depan kurva harga, karena premi barel untuk pengiriman WTI jangka pendek telah mencapai hampir USD 2 per barel dibandingkan dengan bulan depan.

Berpotensi menambah ketatnya pasokan, Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan pemerintahannya untuk memastikan harga bahan bakar eceran stabil setelah lonjakan yang disebabkan oleh peningkatan ekspor.

Sebagai tanggapan, wakil perdana menterinya mengatakan ada usulan untuk membatasi ekspor bahan bakar abu-abu, atau pembelian produk minyak untuk keperluan dalam negeri yang kemudian diekspor.

 

3 dari 3 halaman

Ekspor Bensin dan Solar

Pemerintah pekan lalu memberlakukan larangan sementara terhadap ekspor bensin dan solar ke sebagian besar negara untuk menstabilkan pasar domestik, meskipun kemudian kebijakan tersebut melunakkan pembatasan tersebut.

Dampak ketatnya pasokan minyak global dapat dimitigasi jika suku bunga membatasi permintaan.

Dalam sinyal hawkish di AS, Presiden Bank Sentral Minneapolis Neel Kashkari mengatakan tidak jelas apakah bank sentral telah selesai menaikkan suku bunga.

Suku bunga yang lebih tinggi meningkatkan biaya pinjaman, yang dapat memperlambat pertumbuhan ekonomi dan mengurangi permintaan minyak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat