uefau17.com

Hal Penting Harus Diperhatikan Sebelum dan Saat Ikuti Ujian Rekrutmen Bersama BUMN 2023 - Bisnis

, Jakarta Proses rekrutmen bersama BUMN akan segera memasuki tahap tes online. Bagi pelamar yang sudah mendaftarkan diri harap dipersiapkan beberapa hal sebelum dan pada saat ujian berlangsung.

Seperti yang diketahui, pendaftaran rekrutmen bersama BUMN sudah dibuka sejak 11 Mei 2023 lalu. Hingga saat ini masih berlangsung seleksi administrasi. Rencananya hasil registrasi online akan diumumkan pada Juni 2023 ini, namun belum rilis tanggal resminya.

Akan tetapi, mengutip informasi dari laman rekrutmenbersama.fhcibumn.id, Jumat (9/6/2023), tes online tahap I rekrutmen bersama BUMN 2023 rencananya akan berlangsung pada 12 sampai 20 Juni 2023.

Bagi lulusan D3, D4, S1, dan S2 akan melaksanakan tes kemampuan dasar atau TKD dan tes AKHLAK. Sementara untuk lulusan SMA/sederajat hanya akan mengikuti TKD.

Dalam hal ini, Forum Human Capital Indonesia atau FHCI BUMN menyampaikan beberapa hal sebelum pelamar menghadapi tes online. Mengutip informasi dari akun Instagram @fhci.bumn, berikut ini poin-poin penting saat menghadapi tes online.

1. Cek Akun RBB

Pastikan email dan password akun RBB sudah benar. Jika ada ketidaksesuaian, silakan segera melapor ke layanan helpdesk RBB.

2. Cek Notifkasi E-mal

Pastikan mendapat akun tes berupa username dan password yang dikirimkan melalui email terdaftar pada akun RBB.

3. Perhatikan Jadwal Trial Test & Online Test

Jadwal tahapan pelaksanaan online test akan dikirimkan melalui email peserta yang terdaftar saat pendaftaran dan pada website RBB di menu Lamaran Saya.

4. Cek Dashboard pada Webste RBB

Pengumuman RBB terupdate dapat dicek berkala pada website RBB pada menu Lamaran Saya dan Kotak Masuk.

Disimak kembali hal lain harus diperhatikan saat mengikuti tes rekrutmen bersama BUMN 2023:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hal Penting Lain

Di samping itu, pelamar rekrutmen bersama BUMN juga harus memperhatikan beberapa hal penting yang harus dilakukan pada saat tes online berlangsung. Berikut ini poin-poin pentingnya.

1. Periksa jadwal tes online

Jadwal ujian menjadi hal teknis agar lancar dalam mengerjakan soal tes nanti. Jangan sampai salah jadwal atau bahkan terlewat jadwal tesnya.

2. Pilih tempat yang nyaman

Ruangan yang nyaman akan membuat lebih konsentrasi dalam mengerjakan tes. Pastikan tidak ada orang lain selain diri sendiri karena sistem akan mengidentifikasi jika terdapat orang lain dan dapat menggugurkan peserta.

3. Siapkan peralatan dan perlengkapan tes

Pastikan jaringan koneksi internet dan komputer atau laptop yang digunakan dalam keadaan baik dan tdak ada kendala. Siapkan juga alat tulis dan kertas kosong jika ada yang perlu perhitungan.

4. Baca petunjuk dengan hati-hati dan teliti

Tidak perlu terburu-buru mengerjakan soal. Pastikan Anda sudah benar-benar paham dengan semua petunjuk pengerjaannya pada setiap sesi soal.

5. Kerjakan soal dengan sebaik-baiknya

Kerjakan dulu soal yang mudah agar waktu tidak habis untuk soal yang sulit saja. Setelah semua soal tes dikerjakan jangan lupa untuk menelitinya lagi agar tidak ada yang terlewat.

3 dari 3 halaman

Manfaatkan Trial Test

Di samping itu, sebelum tes online yang sebenarnya berlangsung, pelamar akan menghadapi tes uji coba atau trial test. Trial test ini merupakan uji coba seleksi tes online yang memberikan kesempatan untuk mencoba dan memastikan kehandalan perangkat dan jaringan yang akan dgunakan pada saat mengikuti tes online.

Lebih lanjutnya berikut ini tips dan trik menghadapi trial test rekrutmen BUMN.

1. Pastikan jaringan koneksi internet lancar dan stabil,

2. Perangkat yang digunakan saat trial test harus sama saat tes online,

3. Wajib menggunakan komputer PC/laptop yang dilengkapi perangkat web camera (webcam) dengan spesifikasi minimal Processor Core i3 atau setara dan RAM 4GB,

4. Tidak diperkenankan menggunakan handphone atau smartphone maupun tablet,

5. Gunakan browser versi terbaru, seperti Google Chrome versi 102 dan Mozilla Firefox 102,

6. Pastikan fitur javascript dalam keadaan aktif,

7. Tidak membuka tab/window lain.

Setelah mengetahui poin-poin seperti yang telah disebutkan pelamar sebaiknya mempersiapkan diri dan perangkat agar bisa mengerjakan tes online dengan tenang dan lancar.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat