uefau17.com

Harga Minyak Dunia Naik Lagi, Brent Sentuh USD 77,23 per Barel - Bisnis

, Jakarta Harga minyak naik pada perdagangan Selasa (Rabu waktu Jakarta). Harga minyak dunia membalikkan penurunan lebih dari 2 persen di awal sesi perdagangan karena pasar mempertimbangkan rencana pemerintah AS untuk mengisi cadangan minyak darurat negara dan mengantisipasi permintaan musiman yang lebih tinggi.

Dikutip dari CNBC, Rabu (10/5/2023), harga minyak mentah Brent naik 22 sen atau 0,3 persen menjadi USD 77,23 per barel. Sementara harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS naik 33 sen atau 0,5 persen menjadi USD 73,49.

AS berencana untuk mulai membeli minyak untuk mengisi Cadangan Minyak Strategis membantu menutupi posisi pendek spekulatif, kata Robert Yawger, direktur eksekutif energi berjangka di Mizuho.

Sekretaris Energi AS Jennifer Granholm mengatakan, pemerintah dapat mulai membeli kembali minyak mentah untuk Cadangan Minyak Strategis akhir tahun ini setelah Presiden Joe Biden tahun lalu mengarahkan penjualan terbesar dari persediaan.

Sebuah laporan dari Administrasi Informasi Energi (EIA) menunjukkan permintaan musiman yang lebih tinggi dan output yang lebih rendah dari perkiraan juga mendukung harga.

“Kami memperkirakan kenaikan musiman dalam konsumsi minyak dan penurunan produksi minyak mentah OPEC akan memberikan tekanan ke atas pada harga minyak mentah dalam beberapa bulan mendatang,” kata Administrasi Informasi Energi dalam Prospek Energi Jangka Pendeknya.

EIA juga memperkirakan produksi minyak mentah AS akan naik 5,1 persen menjadi 12,53 juta barel per (bpd) hari tahun ini, tetapi menurunkan perkiraan produksinya untuk tahun ini dan selanjutnya dari perkiraan sebelumnya.

Ini memangkas estimasi harga minyak Brent dan WTI masing-masing lebih dari 7 persen menjadi USD 78,65 dan USD 73,62 per barel. Kedua patokan harga minyak dunia ini telah jatuh sekitar 2,5 persen di awal sesi setelah dua hari naik.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Impor China

Harga minyak juga tertahan oleh data yang menunjukkan impor China berkontraksi pada bulan April, sementara ekspor naik namun melambat, menyiratkan permintaan domestik yang lemah.

Pasar juga memantau komentar Presiden AS Joe Biden dan anggota parlemen terkemuka dari Partai Republik tentang peningkatan plafon utang AS sebesar USD 31,4 triliun, karena khawatir akan gagal bayar yang belum pernah terjadi sebelumnya jika Kongres tidak bertindak dalam tiga minggu.

Angka indeks harga konsumen (CPI) AS untuk bulan April akan dirilis pada hari Rabu dan dapat menentukan keputusan suku bunga Federal Reserve berikutnya.

Presiden Fed New York John Williams mengatakan inflasi masih terlalu tinggi dan bank sentral akan menaikkan suku lagi jika perlu, meskipun bank sentral AS menurunkan pedoman tentang perlunya kenaikan di masa depan.

Sementara keraguan tentang ekonomi dapat membebani pasar, harga minyak mentah didukung karena kebakaran hutan mendorong produsen minyak di provinsi Kanada Alberta untuk menutup setidaknya 280.000 barel setara minyak per hari, lebih dari 3 persen dari produksi Kanada. 

3 dari 4 halaman

Kemarin, Harga Minyak Dunia Naik Lebih dari 2 Persen

Kemarin, harga minyak dunia naik lebih dari 2 persen pada perdagangan Senin karena kekhawatiran akan resesi di Amerika Serikat (AS) telah memudar. Harga minyak dunia juga naik karena pelaku pasar melihat penurunan yang telah terjadi selama tiga pekan ini merupakan kekhawatiran yang berlebihan.

Mengutip CNBC, Selasa (9/5/2023), harga minyak mentah Brent naik USD 1,65 atau 2,19 persen menjadi USD 76,95 per barel. Sedangkan harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS juga naik USS 1,78 atau 2,5 persen menjadi USD 73,12 per barel.

Laporan pekerjaan AS untuk bulan April yang membaik membantu harga minyak mentah naik sekitar 4 persen pada hari Jumat, meskipun kekuatan pasar tenaga kerja dapat memaksa Federal Reserve (Fed) atau Bank Sentral AS untuk mempertahankan suku bunga lebih tinggi lebih lama.

Harga minyak dunia Brent menyelesaikan minggu lalu dengan penurunan sekitar 5,3 persen. Sementara harga minyak mentah AS anjlok 7,1 persen, bahkan setelah rebound hari Jumat. Kedua tolok ukur harga minyak dunia tersebut turun selama tiga minggu berturut-turut untuk pertama kalinya sejak November.

"Rebound minyak (pada hari Senin) mengikuti kembalinya saham-saham energi di Wall Street Jumat lalu setelah AS melaporkan data pekerjaan yang kuat, yang meredakan kekhawatiran tentang resesi ekonomi yang akan segera terjadi," kata analis CMC Markets Tina Teng.

Kekhawatiran perbankan telah melanda pasar keuangan dan komoditas baru-baru ini setelah runtuhnya tiga bank regional utama. Saham bank regional pada hari Senin, bagaimanapun, memperpanjang kenaikan dari rebound pada hari Jumat.

"Pasar saat ini tidak terlalu khawatir tentang krisis perbankan yang dapat menyebabkan resesi dan mengurangi permintaan," kata Phil Flynn, analis Price Futures Group.

4 dari 4 halaman

Aksi Jual yang Berlebih

Sedangkan Ole Hansen, kepala strategi komoditas di Saxo Bank, mengatakan penurunan minyak baru-baru ini terlihat berlebihan.

"Kondisi pasar oversold dikombinasikan dengan Brent yang berhasil menemukan support menjelang level terendah Maret memaksa short seller yang baru didirikan untuk mencari perlindungan, berpotensi menyoroti bahwa aksi jual baru-baru ini berlebihan," katanya.

Analis Goldman Sachs pada hari Sabtu juga mengatakan bahwa kekhawatiran atas permintaan jangka pendek dan peningkatan pasokan berlebihan.

Putaran pemotongan produksi sukarela oleh beberapa anggota Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, bersama-sama disebut OPEC+, dimulai bulan ini dan kelompok tersebut mengadakan pertemuan berikutnya pada 4 Juni.

Sebelum itu, angka inflasi harga konsumen AS untuk bulan April akan menjadi fokus pada hari Rabu, berpotensi memengaruhi sikap Fed terhadap keputusan suku bunga di masa depan.

Laporan pasar minyak bulanan terbaru OPEC akan dirilis pada hari Kamis, memberikan pembacaan terbaru tentang prospek permintaan dan penawaran.

  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat