uefau17.com

Anda Orang Ekstrovert? Ini 7 Pilihan Pekerjaan yang Cocok - Bisnis

, Jakarta - Apakah Anda seorang ekstrovert? Tentu saja, kepribadian ekstrovert adalah kebalikan dari kepribadian introvert yang cenderung pendiam. Sesuai dengan karakter kepribadiannya, orang yang ekstrovert juga akan lebih cocok dengan pekerjaan tertentu.

Orang-orang ekstrovert tentunya cocok untuk bekerja yang lebih banyak berinteraksi dengan orang lain karena kepribadian jenis ini lebih suka bergaul dan dengan keramaian. Karena kecocokan karakter dengan tempat bekerja akan sangat memengaruhi kualitas kerja.

Jika Anda termasuk dengan kepribadian ini, pilihan pekerjaan di bawah ini bisa jadi pertimbangan. Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut jenis-jenis pekerjaan yang cocok bagi ekstrovert yang bisa jadi pilihan.

1. Jadi Pengacara

Membela klien, memberikan alibi yang jelas kepada hakim, dan berdebat dengan jaksa merupakan bagian pekerjaan dari seorang pengacara. Semua aksi tersebut tentu saja dibutuhkan seseorang yang pandai bicara agar kliennya bisa menang di peradilan.

Oleh sebab itu, orang yang memiliki kepribadian ekstrovert sangat dibutuhkan untuk bidang pekerjaan ini. Mereka akan dengan lancar dan berani berbicara di depan persidangan. (Baca Juga: Tips Membangun Karier Cemerlang Berdasarkan Tipe Kepribadian)

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Bekerja di Bidang Marketing

Untuk menarik orang membeli sebuah produk yang akan diperdagangkan dibutuhkan keahlian khusus. Anda harus pandai meyakinkan dan merayu orang tersebut. Maka dibutuhkan keahlian khusus dalam urusan komunikasi. Nah, orang ekstrovert jagonya.

Tak salah kalau mereka sangat cocok bekerja di bidang marketing (pemasaran). Mereka cenderung bisa bermanis mulut meyakinkan orang untuk mempromosikan produknya. Hasilnya, profit perusahaan pasti bisa naik olehnya.

3. Jadi Pembawa Acara (MC/Master of Ceremony)

Orang ekstrovert cenderung memiliki kepercayaan diri tinggi. Mereka tidak akan malu untuk berbicara di depan orang banyak. Umumnya, orang ekstrovert takkan menemukan kendala yang berarti seperti malu berbicara di depan umum seperti yang ditemukan pada orang introvert. Oleh sebab itu, MC bisa jadi pilihan karier yang tepat untuk orang ekstrovert. Misalnya, jadi MC acara pernikahan, MC seminar, dan lain sebagainya.

3 dari 4 halaman

4. Jadi Wartawan

Memburu berita ke sana dan ke mari, mengejar dan mewawancarai narasumber merupakan tugas utama dari wartawan atau reporter. Untuk mengerjakan semua hal ini dibutuhkan keberanian dan keluwesan berbicara untuk menggali informasi.

Oleh sebab itu, Anda yang ekstrovert akan cocok bekerja di bidang ini. Kebayangkan kalau seorang wartawan malu-malu untuk menemui seseorang dan mewawancarainya sebagai narasumber? Hasilnya, berita malah tak didapat, kerjaanpun jadi berantakan.

5. Pemandu Wisata

Seorang ekstrovert jagonya berbicara di depan orang banyak. Memandu sekelompok orang yang ingin berwisata ke satu tempat bukanlah hal berat untuk mereka. Mereka akan dengan mudah menjelaskan tentang sejarah suatu tempat atau deskripsi tentang objek wisata tersebut dengan menarik.

Untuk itu, Anda yang ekstrovert akan merasa senang jika jadi pemandu wisata. Apalagi pendapatan untuk pekerjaan yang satu ini juga tak kalah menjanjikan, lo. (Baca Juga: Cara Melihat Kepribadian dari Memperlakukan Uang, yang Manakah Anda?)

4 dari 4 halaman

6. Penyiar di Radio

Masih seputar berbicara di depan umum. Menjadi seorang penyiar radio sepertinya pilihan pekerjaan yang sesuai bagi Anda yang memiliki kepribadian ekstrovert. Tentunya seorang ekstrovert takkan terbata-bata membacakan script untuk sebuah acara di radio. Apalagi mereka hanya berbicara tanpa melihat orang lain yang menyaksikannya. Tentu saja itu hal kecil bagi mereka.

7. Jadi Komika

Di samping pekerjaan-pekerjaan serius, pekerjaan “nyeleneh” juga ada yang cocok untuk para ekstrovert. Misalnya jadi komika. Jadi komika atau stand up comedian, merupakan pekerjaan menghibur orang di atas panggung dengan berbagai canda agar penonton tertawa. Mereka yang ekstrovert tentunya akan dengan mudah menguasai panggung dan melemparkan candaan-candaan yang lucu.

Pilih Pekerjaan yang Sesuai dan Raihlah Sukses

Kebanyakan dari pekerjaan yang cocok untuk orang yang memiliki kepribadian ekstrovert adalah pekerjaan yang tampil di depan dan jadi sorotan. Ini sangat relevan dari karakter mereka yang percaya diri dan pandai berkomunikasi. Oleh sebab itu, bagi Anda yang ekstrovert, manfaatkanlah karakter yang dimiliki. Dengan begitu, Anda akan menikmati menjalani pekerjaannya. Pilih pekerjaan yang sesuai dan raihlah sukses dalam berkarier.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat