uefau17.com

Kunci Sepeda Motor Susah Diputar, Bisa Jadi Ini Biang Keladinya - Otomotif

, Jakarta - Kunci sepeda motor yang tak bisa diputar, memang bisa membuat pemilik kendaraan kesal dan panik. Biasanya, kunci yang macet dialami oleh roda dua dengan usia yang tua, karena adanya karat dalam komponennya.

Tidak bisa diputarnya kunci motor bisa jadi disebabkan berbagai macam hal, terlebih jika pemilik sepeda motor jarang melakukan servis secara berkala. Selain itu, bisa jadi adanya kotoran seperti debu atau endapan air yang masuk pada silinder kontak.

Disitat dari laman Wahana Honda, jika kunci tidak bisa diputar, otomatis motor tidak akan menyala. Jika tetap dipaksakan, kunci motor bisa patah dan menimbulkan masalah lain.

Sebenarnya pabrikan motor telah menyiapkan pencegahan masalah kunci motor, yakni dengan menjadikan stainless steel sebagai bahan dasar logam lubang kunci motor agar terhindar dari karat.

Hampir semua pabrikan motor telah memberikan solusi untuk meminimalisir kunci motor yang tidak bisa diputar. Salah satunya dengan menggunakan bahan dasar stainless steel agar bagian lubang kunci motor tidak berkarat.

Bahkan motor keluaran terbaru telah dilengkapi tutup kunci motor. Hal itu untuk mengantisipasi masuknya berbagai kotoran kecil yang bisa menyebabkan kunci motor macet saat diputar.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebab kunci rusak

Lantas apa penyebab kunci motor tidak bisa diputar? Benarkah bisa terjadi karena sering diputar-putar? Ternyata ini faktanya:

Kunci Bengkok

Pada umumnya, kunci memiliki bentuk yang lurus serta mempunyai pola khusus seperti bergerigi ataupun bercelah. Saat akan dimasukkan pada lubang kunci, pastikan posisi kunci lurus agar kunci bisa berfungsi. Namun jika kunci tersebut telah bengkok, maka dipastikan akan menyebabkan kunci motor tidak bisa diputar atau macet.

Ada Tumpukan Kotoran

Salah satu penyebab paling umum kunci motor tidak bisa diputar yakni karena terdapat kotoran pada bagian kontak kunci motor. Kotoran seperti debu atau partikel kecil lainnya menumpuk dan akhirnya mengganjal kunci motor saat dimasukkan.

Karatan

Hal lain yang memicu kunci motor macet yakni adanya karat pada bagian lubang kunci motor. Karat pada bagian komponen kunci motor tersebut disebabkan adanya air yang masuk, sehingga benda berkarat akan sulit untuk diputar atau digerakkan.

Silinder Kontak Rusak

Masalah lain yang perlu diperhatikan adalah silinder kontak motor rusak yang membuatnya tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat