uefau17.com

Indosat Jamin Jaringan Nyambung Terus Saat Momen Mudik - Tekno

, Jakarta - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) menjamin kelancaran konektivitas saat masyarakat melakukan mudik ke kampung halaman, untuk merayakan Idul Fitri. 

Dikatakan President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha, Indosat telah mengintegrasikan jaringan serta membangun infrastruktur berteknologi tinggi untuk memastikan layanan dinikmati tanpa putus oleh semua pelanggan. 

"Untuk menunjang kebutuhan komunikasi dan layanan digital pelanggan, mulai dari perjalanan mudik, tiba di kampung jalaman, hingga kembali ke daerah asal, kami melakukan optimalisasi jaringan di sejumlah jalur mudik dan lokasi prioritas," kata Vikram, dalam acara Buka Puasa bersama Media di Kantor Pusat Indosat di Jakarta, Rabu (3/4/2024). 

Vikram mengatakan, jangkauan jaringan Indosat kini telah meluas hingga kecamatan dan desa. Menurutnya, Indosat menjamin pelanggan dengan 'Unparalleled Network Services Guaranteed' bagi seluruh pelanggan. 

Menurut Vikram, selama dua tahun kehadiran IOH, perusahaan berhasil meningkatkan jumlah infrastruktur BTS untuk memastikan layanan dan jaringan Indosat untuk pelanggan tetap terjaga. 

Vikram menyebut, pada 2022 saat dirinya memantau mudik, Indosat memiliki 30.000 sites BTS, kini jumlah tersebut telah mendekati 50.000 sites. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kenaikan Trafik Diperkirakan Mencapai 17 Persen

"Semua BTS juga fully upgraded agar bisa dipakai di spektrum yang dimiliki," kata Vikram. 

Sementara itu, sebanyak 71,7 persen dari total penduduk Indonesia diperkirakan akan mudik. Pergerakan tersebut diproyeksikan akan meningkatkan trafik data di jaringan Indosat sebesar 17 persen dibandingkan dengan rata-rata trafik harian di 2024. 

Menurut Director & Chief Technology Officer IOH Desmond Cheung, peningkatan trafik tersebut didorong oleh tingginya aktivitas digital masyarakat. 

"Kenaikan trafik data diperkirakan mencapai 17,5 persen dengan puncak payload daya 51,46 Petabytes. Peningkatan ini dipicu oleh aktivitas gaming 65 persen, media sosial 15 persen, messaging 13 persen, dan streaming 7 persen," kata Desmond. 

 

3 dari 3 halaman

Tingkatkan Kapasitas Jaringan

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik data, Indosat meningkatan kapasitas jaringan sekitar 32 persen dibandingkan rata-rata kapasitas harian. 

Indosat menambah 2.145 site baru dan 38 mobile BTS. Penambahan ini didukung jaringan fiber optik sepanjang 51.000 Km dan lebih dari 224.000 Km akses metro fiber optic untuk memperkuat sinyal di lokasi prioritas. 

Indosat juga memetakan 590 titik keramaian serta jalur mudik tol maupun non-tol. Tim juga terus bersiaga di lapangan selama 24 jam.

Sebanyak 2.000 petugas teknis Indosat dan tim IOH Network Operation Center (INOC) memastikan agar pelanggan bisa berkomunikasi dengan tenang di mana pun dan kapan pun. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat