uefau17.com

Trafik Data Indosat Naik 17 Persen Saat Lebaran, Dipicu Aktivitas Streaming Video dan Main Game - Tekno

, Jakarta - Indosat Ooredoo Hutchison mencatat peningkatan trafik data sebesar 17 persen pada periode Hari Raya Idul Fitri. Lonjakan trafik ini dipicu oleh penggunaan media sosial, aplikasi pesan singkat, dan game mobile.

Director and Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison Desmond Cheung mengatakan, Indosat berkomitmen menghadirkan jaminan pelayanan yang tidak putus, tidak hanya di kota-kota besar tetapi juga di wilayah pedesaan seluruh Indonesia.

Desmond menyebutkan, dengan kualitas jaringan Indosat tersebut, pelanggan bisa menikmati layanan digital mulai dari mengakses media sosial, berbagi pesan, dan main game tanpa terkendala.

Penggunaan aplikasi pun meningkat saat momen Idul Fitri dan hal inilah yang memicu lonjakan trafik. Misalnya penggunaan TikTok, Instagram, dan YouTube yang jadi penyumbang terbesar lonjakan data.

Rata-rata peningkatan trafik data Indosat berasal dari aplikasi streaming dan medsos di atas sebesar 24 persen.

Seentara, game mobile seperti Mobile Legends, Free Fire, dan Call of Duty mobile mencatat lonjakan data tertinggi, dengan peningkatan 95 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Upaya Indosat Atasi Peningkatan Trafik Saat Idul Fitri

Sebelumnya Indosat menyebutkan, untuk memastikan kualitas layanan, perusahaan didukung pemanfaatan infrastruktur jaringan berbasis artificial intelligence dan machine learning.

Selain itu, teknologi jaringan yang dipakai juga diklaim efisien dari sisi penggunaan energi hingga SDM yang andal.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik, Indosat menambah 2.145 situs baru dan 30 mobile BTS. Penambahan ini didukung jaringan fiber optik dengan panjang 51.000 Km dan lebih dari 224 ribu Km akses metro fiber optik untuk memperkuat sinyal di lokasi prioritas.

 

3 dari 3 halaman

Tiket Aduan Pelanggan Alami Penurunan

Masih dalam langkah antisipasi, Indosat menyiagakan lebih dari 2.000 personel di lapangan maupun Pusat Operasi Jaringan Indosat di seluruh wilayah Indonesia.

Dengan begitu, jumlah tiket aduan pelanggan mengalami penurunan 26 persen untuk IM3 dan 42 persen untuk Tri dibanding Lebaran tahun lalu.

“Dengan Unparalleled Network Services Guaranteed kami bertekad untuk terus meningkatkan pengalaman digital pelanggan, menyesuaikan dengan kebutuhan dan gaya hidup mereka,” kata Desmond.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat