uefau17.com

Review Samsung Galaxy Z Flip 5: Cover Screen Lega Nyaman Buat Nonton YouTube dan WhatsApp-an - Tekno

, Jakarta - Akhir Juli lalu, Samsung resmi meluncurkan Galaxy Z Flip 5. Smartphone layar lipat generasi terbaru milik perusahaan Korea Selatan itu pun diklaim meraih kesuksesan di Indonesia lewat pre-order (bersama Galaxy Z Fold 5) yang angkanya naik 1,5 kali lipat dibanding versi sebelumnya.

Sekadar informasi, secara desain, Galaxy Z Flip 5 masih sama seperti sebelumnya, hadir dalam bentuk kompak saat dilipat sehingga membuatnya nyaman saat dimasukkan ke saku atau tas kecil. Namun, kali ini Galaxy Z Flip 5 tak lagi memiliki celah ketika layar perangkat ditutup. 

Peningkatan utama dari versi Samsung Galaxy Z Flip tahun ini ada pada sektor layar depan alias cover screen-nya. Di mana, Samsung menghadirkan cover screen lebih besar sehingga pengguna bisa melakukan lebih banyak aktivitas di layar depan.

Dengan begitu, pengguna tak perlu harus membuka layar untuk bisa melakukan aktivitas-aktivitas yang harus cepat dilakukan. Misalnya balas pesan di WhatsApp atau mengontrol lagu yang sedang diputar.

Lalu, bagaimana cara dan pengalaman kami memanfaatkan cover screen yang lebih besar ini untuk berbagai kebutuhan? Yuk simak di review singkat Tekno ponsel Samsung Galaxy Z Flip 5 seharga Rp 15 jutaan ini.

Layar Cover Screen Lebih Besar

Cover screen Samsung Galaxy Z Flip 5 lebih besar sehingga membuatnya dipakai mengakses lebih banyak aplikasi. Adapun ukuran Cover Screen Galaxy Z Flip 5 kini jadi 3,4 inci.

Samsung klaim, pengguna kini bisa mengakses 13 widget dan berbagai aplikasi di layar cover yang lebih besar ini.

Dengan layar cover lebih besar, Samsung berharap bisa membuat pengguna mengakses berbagai aplikasi dengan seamless.

Salah satunya untuk balas pesan WhatsApp di tengah perjalanan ke kantor yang hectic sampai nonton Netflix atau YouTube di cover screen.

Adapun untuk nonton Netflix atau balas chat WhatsApp tak bisa serta merta dilakukan. Pengguna harus mengatur widgetnya terlebih dahulu.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Aktifkan Aplikasi WhatsApp dan Netflix di Cover Screen

Caranya?

  • Pertama-tama, tentu kamu harus instal dulu aplikasi yang ingin bisa dibuka dari Cover Screen, misalnya Netflix, WhatsApp, YouTube, dan lainnya,
  • Login dulu ke aplikasi-aplikasi tersebut,
  • Selanjutnya kamu bisa buka Setting Galaxy Z Flip 5,
  • Pilih opsi Cover Screen,
  • Scroll ke bagian paling bawah ada opsi tip dengan tulisan Apps allowed on cover screen (Lab) alias aplikasi-aplikasi yang diizinkan untuk diakses dari cover screen. Pilih menu tersebut,
  • Dari aplikasi yang sudah diinstal, pilih aplikasi-aplikasi yang mau diakses dari Cover Screen. Aktifkan sakelar untuk mengizinkan WhatsApp, Netflix, Google Maps dan aplikasi lainnya,
  • Setelah mengaktifkan fitur ini, kita bisa menemukan aplikasi di bagian widget dalam cover screen. Caranya, di Cover Screen, tahan layar lalu geser widget ke kiri hingga menemukan deretan aplikasi yang sudah diizinkan sebelumnya.
  • Klik salah satu aplikasi, misalnya WhatsApp, aplikasi WhatsApp pun terbuka dan kamu bisa chat salah satu kontak atau membalas pesan yang masuk.

Sayangnya tidak semua aplikasi bisa dibuka, misalnya kami instal aplikasi pesan Telegram. Namun, untuk mengizinkan Telegram diakses dari Cover Screen tidak ada di opsi Tip.

Hal ini diamini oleh pihak Samsung, dan disebutkan bahwa ke depannya Samsung Galaxy Z Flip 5 akan mendukung lebih banyak aplikasi untuk dibuka dari cover screen. Mungkin nantinya Instagram juga akan bisa dibuka dari cover screen.

3 dari 6 halaman

Kustomisasi Tampilan Samsung Galaxy Z Flip 5

Salah satu hal yang digarisbawahi Samsung selama ini adalah kemampuan personalisasi tampilan perangkat untuk ekspresikan diri si pengguna.

Nah, Samsung Galaxy Z Flip 5 didukung dengan sejumlah Flipsuit Case untuk membuat penampakan perangkat tidak begitu-gitu saja. Ada sejumlah pilihan Flipsuit Case dengan berbagai gambar yang bisa dibeli pengguna.

Flipsuit Case ini juga telah mendukung NFC. Jadi, nantinya bisa membaca Suit Card.

Dengan Flipsuit Case ini, kamu bisa mengatur wallpaper Cover Screen sama dengan gambar di Flipsuit Case.

  • Gimana caranya?
  • Pertama pasang Flipsuit Case yang diinginkan di bagian bawah casing perangkat lalu pakaikan case bening di perangkat Galaxy Z Flip 5.
  • Lalu, aktifkan fitur NCF di perangkat agar pengguna bisa personalisasi tampilan di layar cover Galaxy Z Flip 5.
  • Sesudah itu, kamu bisa langsung menuju Screen Cover lalu melihat ada wallpaper interaktif di sana.

Kamu juga bisa personalisasi Galaxy Z Flip 5 dengan aplikasi bernama GoodLock. Di sini ada berbagai opsi yang bisa diinstal untuk membuat tampilan ponsel jadi lebih personal. Misalnya mau ubah jam di always on display, atau apa pun yang diinginkan.

4 dari 6 halaman

Kamera Samsung Galaxy Z Flip 5

Samsung membawa kamera ultrawide 12MP dengan aperture f2.2 dan kamera wide 12MP dengan aperture f1.8 yang didukung fitur OIS.

Sementara kamera selfienya menggunakan resolusi 10MP f2.2.

Pengguna Galaxy Z Flip 5 bisa melakukan selfie dengan layar cover saat ponsel tertutup. Namun kali ini, pengguna bisa melihat bayangan dirinya di kamera, pada layar yang lebih besar.

Pengguna bisa mengambil gambar dari berbagai angle yang kreatif secara hands-free menggunakan FlexCam, atau melihat dan mengedit foto pun cepat dan mudah dengan Flex Mode.

Fitur lain adalah Quick View di Flex Window, untuk meninjau, mengatur tone warna, atau menghapus gambar dengan mudah.

Pengguna juga bisa merekam dengan mulus saat bergerak dengan SuperSteady untuk menstabilkan kamera. Fitur lain adalah Auto Framing, untuk memastikan tidak ada orang yang ketinggalan dalam frame.

Samsung juga menghadirkan fitur Dual Preview, sehingga pengguna bersama orang lain bisa mendapatkan hasil foto dan video yang oke dari sisi manapun.

Fitur FlexCam ini juga memudahkan Flip5 digunakan dengan cara dipegang seperti sebuah camcorder.

Fitur anyar lainnya adalah Flex Mode Panel, di mana pengguna bisa mengkustomisasi panel untuk kendali yang lebih banyak, pada aplikasi-aplikasi yang didukung.

Terdapat juga Full-screen dalam Flex Mode, serta Multi Window quick launch di perangkat ini.

5 dari 6 halaman

Hasil Foto-Foto Galaxy Z Flip 5

<p>Hasil foto dengan kamera Galaxy Z Flip 5 (/ Agustin Setyo W)</p>

<p>Hasil foto dengan kamera Galaxy Z Flip 5 (/ Agustin Setyo Wardani)</p>

<p>Hasil foto dengan kamera Galaxy Z Flip 5 (/ Agustin Setyo Wardani)</p>

<p>hasil foto selfie malam hari di dalam ruangan dengan kamera Galaxy Z flip 5 (/ Agustin Setyo Wardani)</p>

<p>Hasil foto dengan kamera Galaxy Z Flip 5 untuk menonton konser (/ Agustin Setyo Wardani)</p>

<p>Hasil foto dengan kamera Galaxy Z Flip 5 (/ Agustin Setyo Wardani)</p>

<p>Hasil foto dengan kamera Galaxy Z Flip 5 (/ Agustin Setyo Wardani)</p>

6 dari 6 halaman

Baterai

Samsung Galaxy Z Flip 5 didukung dengan baterai berkapasitas 3.700 mAh dengan kemampuan fast charging 25W.

Pengisian daya membutuhkan waktu 1 jam lebih dengan pengisi daya Super Fast Charging milik Samsung dan kabel USB Type C bawaan. 

Adapun baterai Galaxy Z Flip 5 bisa bertahan selama seharian jika ponsel dipakai untuk terus terhubung ke internet, misalnya untuk main medsos Instagram, TikTok, serta WhatsApp-an, juga untuk mengakses kamera dan merekam video. 

Kesimpulan

Galaxy Z Flip 5 dengan cover screen besar membuat pengguna lebih leluasa untuk mengakses berbagai aplikasi di layar sekunder. Misalnya untuk balas pesan WhatsApp atau menonton YouTube atau Netflix di perjalanan saat naik transportasi umum. 

Samsung makin andal dalam mengizinkan penggunanya mengekspresikan diri lewat perangkat ini, dengan berbagai fitur personalisasi seperti Flipsuit Case hingga kehadiran aplikasi GoodLock. 

Dukungan baterai besar membuat perangkat ini bisa dipakai seharian penuh. Selain itu kamera yang dibenamkan juga mampu hadirkan foto dan video yang cukup untuk mereka yang ekspresif di medsos atau suka bikin konten. 

Penyuka konser musik pun bisa memakai kamera Galaxy Z Flip 5 untuk merekam atau foto pertunjukkan, meski kamera Galaxy Z Flip 5 tak dibekali fitur zoom yang begitu mumpuni seperti milik Galaxy S23 series. 

Sayangnya, masih banyak aplikasi yang belum mendukung penggunaan di Cover Screen, namun Samsung menjanjikan agar ke depannya lebih banyak aplikasi yang bisa diakses di Cover Screen. 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat