uefau17.com

Samsung Ungkap Sensor ISOCELL HP2, Debut Bersama Galaxy S23 Ultra - Tekno

, Jakarta - Samsung resmi mengungkap sensor kamera terbaru besutannya. Hadir dengan nama ISOCELL HP2, sensor 200MP ini memiliki ukuran 1/1.3 inci dengan 0.6μm piksel.

Dikutip dari GSM Arena, Rabu (18/1/2023), sensor ini hadir dengan teknologi baru untuk meningkatkan kualitas dynamic range dan reproduksi warna. Menurut Samsung, sensor ini dibekali kemampuan beresolusi tinggi dan teknologi paling mutakhir.

Dalam sensor ini, Samsung menyertakan teknologi pixel-binning baru bernama Tetra2pixel. Pada lingkungan dengan pencahayaan redup, HP2 dapat menggabungkan 4 piksel menjadi 1 dengan hasil foto beresolusi 50MP.

Sementara untuk kemampuan 16 piksel menjadi 1, sensor kamera ini bisa menghasilkan foto beresolusi 12,5MP. Sensor anyar Samsung ini juga mendukung perekaman video 8K dengan teknologi yang serupa ketika mengambil foto.

HP2 dapat mengambil gambar burst 15fps pada resolusi aslinya yakni 200MP. Berbekal kemampuan itu, HP2 mampu bekerja dua kali lebih lebih tinggi dari HP3, dan 50 persen lebih dari sensor HM3 100MP.

Sensor ini juga dilengkapi dengan Dual Vertical Transfer Gate (D-VTG) untuk menghindari sorotan berlebih. Lalu, ada pula teknologi Super QPD yang mampu mengenali pola horizontal dan vertikal, sehingga dapat menghasilkan AF cepat dan akurat dalam kondisi cahaya redup.

Tidak hanya itu, ISOCELL HP2 turut menjadi sensor pertama Samsung dibekali fitur DSG (Dual Slope Gain) pada mode 50MP. Fitur ini berguna untuk menghindari risiko kehilangan detail dalam mode HDR konvesional, serta memungkinkan perekaman video 4K HDR pada 60fps.

Samsung menyebut sensor ini sudah dalam tahap produksi, dan akan debut pada Galaxy S23 Ultra. Karenanya, pembahasan mengenai kemampuan sensor ini akan diungkap pada gelaran Unpacked yang diadakan pada 1 Februari 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga Samsung Galaxy S23 Bakal Lebih Murah dari Galaxy S22, tapi...

Sebagai informasi, Samsung dijadwalkan akan memperkenalkan lini Galaxy S23, Galaxy S23 Plus, dan Galaxy S23 Ultra pada 1 Februari 2023 mendatang.

Walau perusahaan asal Korea itu belum mengonfirmasi, sejumlah bocoran dan gambar render HP Samsung tersebut sudah beredar di internet.

Terkini, Samsung disebut-sebut sedang mencari solusi agar harga model standar Galaxy S23 lebih murah. Bagaimana perusahaan dapat melakukan hal tersebut?

Dilansir Gadget360, Selasa (17/1/2023), Samsung diklaim akan menghapus sejumlah fitur atau menurunkan kualitas komponen di Galaxy S23.

Berdasarkan bocoran di internet, salah satu komponen di HP Android milik Samsung yang akan di-downgrade adalah motor getar di ponsel.

Samsung disebutkan bakal menggunakan motor feedback kelas bawah di model standar Galaxy S23 ini. Penurunan kualitas lainnya adalah dalam hal layar.

Penurunan lainnya adalah dalam hal layar. Meskipun Samsung dapat mempertahankan kualitas layar, Galaxy S23 mungkin memiliki bezel lebih besar daripada di Galaxy S22.

Dengan ini, perusahaan dapat menjual perangkat barunya tersebut dengan harga lebih murah dari seri Galaxy S23.

Samsung dikabarkan turut memperkenalkan Galaxy Book terbaru dalam gelaran Unpacked tahun ini.

Informasi ini diketahui setelah situs resmi Samsung di Amerika Serikat membuka kanal pemesanan laptop dan smartphone terbaru besutannya.

Menurut prediksi, Samsung disebut-sebut akan memperkenalkan Galaxy Book 3 Pro dan Galaxy 3 Pro 360. Kendati demikian, informasi mengenai laptop terbaru ini belum banyak diketahui.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Galaxy S23

Diketahui, Samsung akan memperkenalkan tiga model Galaxy S23, mulai dari varian standar, Galaxy S23 Plus, dan Galaxy S23 Ultra.

Dari bocoran informasi terkini, Samsung tidak lagi menggunakan media penyimpanan sebesar 128 GB.

Mengutip cuitan leaker Ahmed Qwaider di Twitter, Selasa (3/1/2023), Samsung menghapus opsi memori 128 GB dan mengantikannya dengan kapasitas 256 GB.

Menariknya, kapasitas memori 256 GB ini akan tersedia untuk seluruh HP Samsung Galaxy S23 yang akan diumumkan mendatang.

Ahmed memposting, Galaxy S23 dan 23 Plus hanya tersedia dalam opsi RAM 8 GB dan memori 256 GB. 

4 dari 4 halaman

Kapasitas Memori Galaxy S23 Ultra

Sementara itu untuk Galaxy S23 Ultra, Samsung akan memadukan ponsel premiumnya dengan memori sebesar 256 GB, 512 GB, dan 1 TB.

Mengutip kicauan leaker Ahmed Qwaider di Twitter, Selasa (3/1/2023), Samsung menghapus opsi memori 128 GB dan mengantikannya dengan kapasitas 256 GB.

Menariknya, kapasitas memori 256 GB ini akan tersedia untuk seluruh HP Samsung Galaxy S23 yang akan diumumkan mendatang.

Ahmed mem-posting, Galaxy S23 dan 23 Plus hanya tersedia dalam opsi RAM 8 GB dan memori 256 GB.

Sebelum informasi ini, bocoran lain juga sempat menyebut mengenai kapasitas baterai yang akan digunakan di Galaxy S23.

Berdasarkan bocoran leakster kenamaan Ice Universe, Samsung akan meningkatkan kapasitas baterai seri smartphone anyar ini.

Ia menyebut Galaxy S23 diprediksi bakal menggunakan baterai 3.900mAh dengan fast charging 25W. Sebagai perbandingan, Galaxy S22 hanya menggunakan baterai berkapasitas 3,700mAh.

Sementara Galaxy S23 Plus akan didukung baterai berkapasitas 4.700mAh yang mendukung fast charging 45W, dan Galaxy S23 Ultra akan memiliki baterai berkapasitas 5.000mAh dengan kemampuan fast charging 45W.

(Dam/Ysl)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat