uefau17.com

Indonesia Kerja Sama dengan TIP dan Meta untuk Kembangkan Metaverse - Tekno

, Jakarta - Indonesia menjalin sinergi dengan Telecom Infra Project (TIP) dan Meta Connectivity (Meta) untuk mengembangkan ekosistem digital di Indonesia, termasuk metaverse.

Menteri Komunikasi dan Informatika/ Menkominfo Johnny G. Plate mengatakan, saat ini Indonesia tengah mempercepat transformasi digital dengan mengembangkan ekosistem dan talenta digital.

Sinergi tersebut diwujudkan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Telkom University, TIP, dan Meta dalam rangkaian acara Mobile World Congress (MWC) 2022 di Barcelona, Spanyol.

"Sinergi ini akan mendorong industri lokal memanfaatkan teknologi metaverse dan masyarakat Indonesia akan bisa memanfaatkan metaverse," kata Johnny, dikutip dari keterangan resmi.

VP Connectivity Meta, Dan Ribnovitsj, menyampaikan dukungan untuk kolaborasi dalam pembuatan produk dan pengembangan teknologi terbuka dan ekosistem metaverse di Indonesia.

"Saat ini yang kita perlukan adalah Open Innovative Research dan Innovative Engineering. Meta siap dan membuka kolaborasi dan berperan lebih jauh di Indonesia," kata Ribnovitsj.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perlunya Manufaktur Lokal untuk Open RAN dan Open WIFI

Menurutnya, diperlukan manufaktur lokal untuk Open RAN dan Open WIFI di Indonesia untuk mengembangkan ekosistem digital.

"Meta ingin mendukung kerja sama ini dan bekerja bahu membahu dengan pemerintah. Meta memiliki blue print bernama Evenstar yang bisa digunakan sebagai acuan mendirikan manufaktur lokal untuk Open RAN," katanya.

Sementara, untuk penyiapan talenta digital Indonesia, TIP dan Telkom University bakal mengembangkan pelatihan dan sertifikasi program.

3 dari 4 halaman

Pengembangan Talenta Digital

United States Agency for International Development Officer Kate Dimsdale menyatakan dukungan untuk pengembangan talenta digital di Indonesia melalui kemitraan ini.

"Kami akan mendukung Kemkominfo, TIP, dan Telkom University dalam mengembangkan pelatihan dan sertifikasi program untuk mempersiapkan talenta digital di Indonesia," katanya.

Rektor Telkom University Adiwijaya menyambut kerja sama tersebut, sebagai bukti bahwa Telkom University fokus pada pengembangan teknologi, termasuk metaverse.

"Kami percaya inilah saatnya bekerja sama dan bahu membahu antara Meta Connectivity, Telkom, TIP, dan industri lokal untuk memastikan manfaat metaverse segera dirasakan semua orang," katanya.

(Tin/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang Meta

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat