uefau17.com

TikTok dan Facebook Berjuang Lawan Misinformasi Soal Ivermectin - Tekno

, Jakarta - Jejaring sosial TikTok, Facebook, hingga Reddit berjuang untuk mengatasi peredaran misinformasi mengenai Ivermectin.

Ivermectin merupakan obat antiparasit yang diklaim oleh kalangan antivaksin sebagai obat Covid-19. Padahal, penjualan Ivermectin di AS ditujukan untuk hewan.

Lembaga pengawas obat dan makanan AS (FDA) telah mengeluarkan informasi update yang menjelaskan alasan manusia dilarang menggunakan Ivermectin sebagai obat atau pencegahan terhadap Covid-19.

Mengutip The Verge, Sabtu (28/8/2021), di TikTok ditemukan sejumlah video dengan jumlah view lebih dari 1 juta kali. Video tersebut mempromosikan Ivermectin sebagai obat untuk mengatasi Covid-19 dengan tagar #ivermectin4covid dan #ivermectinworks.

TikTok pun mengatakan pihaknya telah menghapus video-video tersebut karena melanggar pedoman komunitas. TikTok juga memblokir tagar tersebut.

Juru bicara TikTok mengatakan, pihaknya akan terus menghapus video-video dengan tagar serupa. Tagar #ivermectin masih ada meskipun sejumlah misinformasi telah di-debunk oleh profesional di bidang kesehatan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Misinformasi di Facebook

Pada jejaring sosial Facebook, misinformasi mengenai Ivermectin berkembang di grup Facebook. Bahkan ada pula grup yang membuat unggahan sponsor untuk mempromosikan dan mengiklankan obat tersebut, guna mengobati Covid-19.

Facebook sendiri sudah mendapatkan kritik mengenai banyaknya misinformasi yang beredar di platformnya.

Menurut seorang juru bicara, Facebook menghapus konten yang berupaya membeli, jual, donasi, atau bertanya mengenai ketersediaan Ivermectin.

"Kami juga memberlakukan sanksi pada akun atau grup apa pun yang melanggar kebijakan Covid-19 dan vaksin, termasuk klaim bahwa Ivermectin merupakan jaminan kesembuhan dan pencegahan (Covid-19)," kata juru bicara tersebut.

Lebih lanjut, menurutnya Facebook tidak mengizinkan iklan yang mempromosikan Ivermectin sebagai obat untuk Covid-10.

Kendati demikian, kelompok antivaksin dan swasta mencoba menghindari moderasi dengan menggunakan eufimisme kata seperti "ivm" atau "moo juice" untuk menyebut Ivermectin.

3 dari 3 halaman

Moderator Reddit Minta Unggahan Misinformasi Dihapus

Serupa, ratusan moderator jejaring sosial Reddit meminta platform mengambil tindakan terhadap misinformasi Covid-19, termasuk memblokir subreddit yang menyebarkan disinformasi.

CEO Reddit Steve Huffman yang tidak setuju dengan permintaan tersebut memberi tanggapan, "Reddit merupakan tempat berdiskusi dan debat terbuka yang otentik. Ini mencakup percakapan mempertanyakan atau tidak setuju dengan konsensus populer."

Namun dalam unggahan selanjutnya, Reddit menyebut pihaknya akan mengambil tindakan jika orang mempromosikan penipuan atau mendorong hal berbahaya. Reddit juga mengatakan, akan mengkarantina subreddit tertentu sehingga mereka tidak muncul dalam pencarian dan tidak dapat diakses tanpa login.

TikTok, Facebook, dan Reddit merupakan sejumlah media sosial yang berjuang melawan sejumlah misinformasi yang beredar selama pandemi.

Platform medsos telah memperbarui kebijakan, menambahkan link ke informasi terpercaya, hingga menghapus jutaan unggahan berisi misinformasi. Namun seiring pandemi Covid-19 yang masih terjadi, misinformasi pun terus berkembang.

(Tin/Ysl)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat