uefau17.com

Anak Jokowi, Gibran dan Kaesang Kompak Dukung Khofifah-Emil Dardak di Pilgub Jatim 2024 - Surabaya

, Surabaya - Dua anak Presiden Jokowi, yakni Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, kompak menyatakan dukungan kepada pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak sebagai cagub dan cawagub di Pilkada Jatim 2024.

Dukungan tersebut bisa dikatakan sebagai balas budi, usai keduannya membantu pasangan Prabowo-Gibran meraih  65,19 persen suara di Jatim pada Pilpres 2024.

"Terima kasih sudah berjuang sudah berkeringat, hasilnya sangat memuaskan. 65 persen. Luar biasa sekali. Sekarang giliran saya membantu Bu Khofifah dan Pak Emil Dardak," ujar Gibran usai mengunjungi kediaman Khofifah di Surabaya, Kamis (6/6/2024).

Gibran menegaskan, dirinya akan menyempatkan diri untuk ikut menjadi juru kampanye Khofifah - Emil pada kontestasi Pilgub Jatim 2024. Dia akan berusaha untuk pasangan petahana ini menang, sehingga dapat memimpin periode kedua.

"Nanti di sela-sela kesibukan sebagai wali kota, yang jelas saya akan membantu beliau (Khofifah - Emil) untuk pemenangan di Jawa Timur," katanya.

Untuk memaksimalkan pemenangan Pilgub Jatim, Gibran berharap Khofifah-Emil dan relawan terus memanaskan mesin politiknya. Ia juga mendoakan agar keduanya menang tebal di Pilgub Jatim.

"Saya mohon bapak ibu semua mesinnya tetap dipanaskan. Kita doakan terbaik untuk beliau berdua. Semoga semuanya dilancarkan," ujarnya.

Nantinya, lanjut Gibran, jika Khofifah - Emil memimpin Jatim lagi, bisa bersinergi lebih intens dengan pemerintah pusat yang dipimpinnya bersama Prabowo.

"Terpenting pemerintah pusat, pemerintah daerah bisa bersinergi untuk Indonesia emas 2045," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dukungan Kaesang ke Khofifah dan Emil Dardak

Sebelumnya, adik Gibran yang juga Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep menyerahkan surat rekomendasi kepada pasnagan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak sebagai calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Jawa Timur 2024.

“Ini kehormatan buat kami (PSI) di Jawa Timur karena Jawa Timur adalah salah satu daerah yang krusial buat PSI,” kata Kaesang dalam konferensi pers di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PSI, Jakarta, Selasa (4/6/2024).

Ia mengatakan, kader PSI yang didorong dan diperintahkan maju di Pilkada Jatim 2024, seperti kader di Surabaya, Malang, dan Madiun, akan ikut mendukung Khofifah-Emil sebagai calon gubernur dan wakil gubernur di Jatim.

Selain itu, ia juga berharap agar pasangan Khofifah-Emil dapat bersinergi dengan pemerintahan mendatang.

“Saya berharap Ibu Khofifah dan Bapak Emil dapat bersinergi untuk program pemerintahan pusat yang ditransisikan dari Presiden Joko Widodo ke Presiden Prabowo Subianto sebagai Presiden Terpilih 2024-2029,” kata dia.

3 dari 5 halaman

Respons Khofifah

Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistiano Dardak nampak senang mendapat dukungan dari Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka untuk Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2024.

"Saya dan Mas Emil berterima kasih kepada Mas Gibran rawuh dan kemudian beliau memberikan statement bahkan mendukung dengan kalimat all out dalam proses Pilgub November tahun ini," ujar Khofifah usai silahturahmi dengan Gibran di kediamannya di kawasan Jalan Jemursari, Surabaya, Kamis (6/6/2024).

"Mudah-mudahan semuanya membangun sinergi dalam kolaborasi yang produktif bagi semua ikhtiar pencalonan kami di periode kedua ini," imbuh Khofifah.

Dikonfirmasi target suara, Khofifah mengungkapkan, pada dasarnya dirinya dan Emil Dardak ingin membangun atau penguatan konsep pembangunan Jawa Timur secara lebih signifikan dan detail.

"Mas Emil mengkoordinasikan dengan tim yang ada di Jatim dan saya mengkoordinasikan dengan konsultan dan sudah selesai dami bukunya," ucapnya.

"Tadi malam saya membawa contoh dami bukunya, sangat detail di forum Kiai Asep. Rencana minggu ini akan kita compaign dengan yang sudah dibahas dengan tim. Artinya bahwa kita bersiap secara konseptual dan Insya Allah lebih komprehensif, matang lagi," tambah Khofifah.

4 dari 5 halaman

Jinggle dan Maskot Pilkada Jatim Dirilis

KPU Jatim mengenalkan musik jingle dan maskot Pilkada Jatim 2024  pada acara Peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2024 di Surabaya, Selasa (4/6/2024) malam.

Nantinya, maskot dan jingle tersebut akan dipergunakan sebagai alat peraga atau sarana untuk sosialisasi dan pendidikan terhadap pemilih. 

Acara tersebut turut dimeriahkan oleh penampilan kelompok musik "Glidcoustic" dan penyanyi Happy Asmara yang tampak menghibur ribuan pengunjung dari kalangan masyarakat. 

Ketua KPU Jatim Aang Kunaifi menyampaikan melalui kegiatan ini mengajak masyarakat, serta seluruh pemangku kepentingan, untuk bersama-sama menyukseskan gelaran Pilkada serentak di Jatim pada 27 November 2024.

"Kami ngin menegaskan bahwa pelaksanaan kontestasi di Jatim sedemikian rupa apapun kondisinya, siapapun pilihannya, itu terserah masyarakat. Harapannya pelaksanaan Pilkada di Jatim tetap bisa dilaksanakan dengan cara yang senang bareng, kemudian menghasilkan pemimpin yang bisa memberikan kemajuan untuk Jatim," ujarnya, Selasa malam (4/6/2024).  

5 dari 5 halaman

Tahapan Pilkada Serentak 2024

  • 27 Februari-16 November 2024: pemberitahuan dan pendaftaran pemantau pemilihan;
  • 24 April-31 Mei 2024: penyerahan daftar penduduk potensial pemilih;
  • 5 Mei-19 Agustus 2024: pemenuhan persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan;
  • 31 Mei-23 September 2024: pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih;
  • 24-26 Agustus 2024: pengumuman pendaftaran pasangan calon;
  • 6. 27-29 Agustus 2024: pendaftaran pasangan calon;
  • 27 Agustus-21 September 2024: penelitian persyaratan calon;
  • 22 September 2024: penetapan pasangan calon;
  • 25 September-23 November 2024: pelaksanaan kampanye;
  • 27 November 2024: pelaksanaan pemungutan suara;
  • 27 November-16 Desember 2024: penghitungan suara dan rekapitulasi hasil

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat