uefau17.com

Dubes Korsel untuk Indonesia Lee Sang Deok Sambut Antusias Dangdut Kpop 29ther Indosiar, Jadi Interaksi Budaya Dua Arah - ShowBiz

, Jakarta Tayangan unik Dangdut Kpop 29ther rupanya menarik perhatian Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Lee Sang Deok. Ia mengapresiasi tayangan Indosiar ini, yang dinilainya berhasil mempertemukan kebudayaan kedua negara.

“Dangdut Kpop 29ther merupakan proyek menarik, saat musik nasional Indonesia, dangdut, bertemu dengan K-Pop Korea. Ini merupakan interaksi budaya dua arah antar negara yang semakin ditingkatkan,” tuturnya, seperti dilansir dari kanal YouTube Indosiar, Minggu (21/1/2024).

Ia juga berharap agar ke depan, Indonesia dan Korea Selatan makin dapat memahami kebudayaan satu sama lain. “Dangdut Kpop 29ther, semangat!” tuturnya dalam bahasa Indonesia.

Episode perdana Dangdut Kpop 29ther sendiri menampilkan kolaborasi Melly Lee dan Hui Pentagon. Keduanya memiliki prestasi gemilang di industri musik negara masing-masing.

Melly Lee adalah juara Dangdut Academy Asia 6, sementara Gui member Pentagon yang juga penulis sejumlah lagu seperti “Energetic” dari Wanna One, "Twilight" milik Wei, “Sunflower” yang dibawakan Triple H, dan sejumlah lagu grupnya.

Dalam Dangdut Kpop 29ther, Melly Lee dan Hui berkolaborasi membawakan lagu “Insan Biasa” di Korea Selatan. Lagu ini liriknya diubah menjadi tiga bahasa: Inggris, Korea, dan Indonesia. Lagu ini juga dibumbui aransemen bernuansa K-Pop, yang ditangani langsung oleh Hui Pentagon.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berlatih Pelafalan

Lirik dalam tiga bahasa memang sempat menjadi tantangan Melly Lee maupun Hui. Dalam tayangan, keduanya terlihat berlatih keras untuk menguasai pelafalan dalam bahasa masing-masing.

“Agar lebih kompak, aku harus giat berlatih pengucapan,” kata Hui.

Melly juga memuji tekad kuat sang member Pentagon. “Melihat idol K-Pop yang mungkin tahu tapi enggak bisa berbicara [bahasa Indonesia], dia berusaha untuk mencoba pakai bahasa Indonesia, meski cuma satu kalimat atau beberapa bait saja, itu keren banget.”

3 dari 4 halaman

Perkenalkan Dangdut ke Korea

Melly juga menjelaskan soal dangdut, khususnya kepada hadirin Korea yang belum begitu familier dengan genre musik ini.

“Dangdut ini adalah salah satu lagu yang berasal dari Indonesia,” kata dia, seperti dikutip dari kanal YouTube Indosiar. Ia memaparkan sejumlah ciri khas dari dangdut, mulai keberadaan gendang dan suling serta cengkok saat menyanyi.

4 dari 4 halaman

Kolaborasi Lain

Selain Melly Lee, acara ini juga akan menampilkan kolaborasi sejumlah artis K-Pop dan dangdut lain. Dari Indonesia akan hadir Selfi Yamma, Fildan Rahayu, Lady Rara, Sridevi dan Afan.

Sementara dari Korea akan bergabung sejumlah nama penyanyi papan atas seperti Donghyuk (DK) iKON, Bang Ye Dam (eks Treasure), Kim Jae Hwan (eks Wanna One), Hyuk VIXX dan Kwon Jung Yeol 10cm. Ini juga akan menjadi debut Bang Ye Dam setelah cukup lama hiatus.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat