uefau17.com

Najelaa Shihab Sorot Pentingnya Konsep Lifelong Learning, Jadi Pelajar Sepanjang Hayat di Era Kolaborasi - ShowBiz

, Jakarta Najelaa Shihab membahas konsep lifelong learning atau menjadi pelajar sepanjang hayat sebagai salah satu kunci sukses membangun karier, tidak hanya di dunia seni atau ekonomi kreatif melainkan di semua bidang.

Putri cendikiawan Muslim Quraish Shihab ini berbagi perspektif soal kesiapan membangun karier. Kompentensi bukan indikator tunggal mengingat ada banyak hal yang mesti disiapkan dalam berkarier.

“Jika setiap dari kita ditanya kesiapan bekerja, pada akhirnya kompetensi yang ditampilkan di dunia kerja. Padahal enggak selalu itu, dan itu masalah,” kata Najelaa Shihab kepada Showbiz Liputan6.com di Jakarta, pekan ini.

Menghadiri gelar wicara “#JadiBisa Buka Peluang bersama Karier.mu dan Prakerja”, edukator sekaligus pesohor dengan 140 ribuan pengikut di Instagram ini membahas pentingnya proses belajar sepanjang hayat. Jangan malu atau takut mempelajari hal baru karena dunia bergerak begitu cepat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Life Long Learning

Dalam gelar wicara “#JadiBisa Buka Peluang bersama Karier.mu dan Prakerja,” Najelaa Shihab juga menekankan pentingnya membangun portofolio mengingat tak semua kampus mengajarkan itu. 

“Karenanya lifelong learning penting. Usia dini pun kadang berpengaruh pada bagaimana seseorang bersikap dan sebagainya selain tentu kapasitas mesti ditingkatkan,” ujar Najeela Shihab dalam kapasitasnya sebagai Founder Karier.mu.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Berbagai Penjuru Negeri

“Berkaca pada fakta dan data ini, kami berkolaborasi dengan ratusan lembaga kursus maupun vokasi dari berbagai penjuru negeri untuk mengembangkan kompetensi bekerja dan berwirausaha, yang dapat diikuti siapa saja kapan saja,” imbuhnya.

Najelaa Shihab bangga karena kini bermitra dengan Prakerja untuk memberi akses dan kualitas pelatihan ke lebih banyak orang. Tujuannya, agar pembelajaran makin merata untuk masyarakat Indonesia.

 

4 dari 4 halaman

Naik Level

Narasumber lain yakni Direktur Eksekutif Prakerja, Denni Puspa Purbasari, menjelaskan Program Kartu Prakerja bukti Pemerintah mendorong masyarakat belajar sepanjang hayat. Jangan hanya terhenti di pendidikan formal.

Ekosistem Prakerja menyediakan berbagai pelatihan hardskill dan softskill untuk pekerja maupun pelaku wirausaha. Program ini mendukung peningkatan literasi keuangan, serta mendorong gaya hidup sehat.

“Prakerja membawa angkatan kerja kita naik level, sustainable dan bermartabat dengan memiliki pemahaman mendalam terhadap 3 hal penting itu” ulas Denni Puspa Purbasari dalam presentasinya.

“Dengan demikian mereka dapat menjadi angkatan kerja produktif, baik sebagai karyawan, pelaku UMKM, atau yang saat ini menganggur. Dalam tiga tahun sudah 17 juta peserta di 514 kabupaten atau kota mendapatkan manfaat Prakerja,” tutupnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat