uefau17.com

Anang Hermansyah dan Ashanty Ikut Meriahkan Malam Inagurasi ISAM, Berkumpulnya Ahli Estetika - ShowBiz

, Jakarta Sejumlah artis penyanyi memeriahkan Malam Inagurasi International Society of Aesthetic Medicine (ISAM) yang digelar di ICE BSD, Tangerang Selatan, Sabtu (3/12/2022). Dalam acara tersebut selain digelar pendeklarasian ISAM serta pemberian berbagai penghargaan juga dihibur oleh Anang Hermansyah, Ashanty, Once Mekel dan DJ Anna RA.

ISAM sendiri merupakan sebuah perhimpunan yang dibentuk dengan tujuan untuk mengembangkan teknologi berbasis kepada penelitian di bidang Aesthetic Anti Aging. Hal ini didedikasikan kepada peningkatan pelayanan kesehatan di bidang estetik dan anti aging medicine kepada seluruh umat manusia.

"Organisasi ini lahir dari sebuah ide untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan medis di bidang estetika, yang akhirnya mendorong para dokter seminat di bidang ini berkumpul untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi dan keahlian dalam bidang estetika," ujar Teguh Tanuwidjaya yang juga ketua ISAM.

"Pada awalnya organisasi ini berdiri dengan nama ADESTI (Asosiasi Dokter Estetika Indonesia) pada tahun 2006 di Surabaya. Seiring dengan dinamika organisasi dan kebutuhan anggotanya maka ADESTI akhirnya berubah nama menjadi PERDESTI (Perhimpunan Dokter Estetika Indonesia) hingga saat ini," tambah Teguh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kerjasama

PERDESTI atau dalam istilah lain disebut sebagai ISAM (Indonesian Society of Aesthetic Medicine) terus mengembangkan diri bekerja sama dengan berbagai pihak, salah satunya adalah Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sebagai Organisasi Profesi Dokter yang diakui di Indonesia.

PERDESTI juga melakukan kerja sama dengan Universitas Udayana Bali berupa Program Magister Anti Aging (S2) dan berhasil melahirkan ratusan lulusan dokter bergelar M.Biomed AAM.

Bersama Universitas Udayana Bali juga terbentuk program Pendidikan Kedokteran Berkelanjutan PIAAM (Pendidikan Intensif Anti Aging Medicine) yang telah berhasil meningkatkan kemampuan para dokter untuk berpraktek di bidang estetika dengan makin professional.

 

3 dari 4 halaman

Semangat

Kerja sama tersebut tidak berhenti di sini, namun dengan semangat yang tinggi, para pengurus PERDESTI/ ISAM terus mengembangkan kerjasama dengan Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjadi) di Cimahi Bandung untuk membuka Program Magister Anti Aging juga, sehingga makin terbuka lebar kesempatan para dokter yang berminat di bidang estetika untuk meningkatkan kemampuannya.

Masih menurut Teguh Tanuwidjaja, PERDESTI/ ISAM memahami bahwa ada 3 kebutuhan dasar bagi dokter yang berpraktek di bidang estetika.

"PERDESTI/ ISAM memahami, bahwa sedikitnya ada 3 kebutuhan mendasar bagi dokter yang praktek di bidang estetika, yaitu ; Kebutuhan akan Pelatihan Terstruktur yang diakui oleh negara.  Kebutuhan akan Penguatan Kompetensi, dan Kebutuhan akan Perlindungan Hukum dalam menjalankan profesinya,” tambah Teguh.

Kebutuhan akan Pelatihan Terstruktur diwujudkan dengan membangun kerjasama dengan Universitas sebagai lembaga pendidikan resmi yang diakui oleh negara dengan membentuk ISAM AESTHETIC INSTITUTE.

 

4 dari 4 halaman

Harapan

Melalui sarana ini diharapkan semua lulusannya akan memperoleh standar kemampuan yang baik dan setara. Program ini segera berjalan mulai tahun 2023.

Kebutuhan akan Penguatan Kompetensi, PERDESTI/ ISAM akan bekerja sama dengan Kolegium Dokter Indonesia (KDI) dan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) untuk mendapatkan Penguatan Kompetensi di bidang yang dikerjakan oleh para dokter praktek estetika.

Kebutuhan akan Perlindungan Hukum, diwujudkan oleh PERDESTI/ ISAM dengan membentuk PERDESTI LAW FIRM. Badan ini akan dipimpin oleh para Dokter praktek Estetik yang memiliki gelar Sarjana Hukum dan Magister Hukum di bidang Kesehatan, bekerja sama dengan PERDAHUKKI (Perhimpunan Dokter Ahli Hukum Kedokteran dan Kesehatan Indonesia) agar dapat merumuskan langkah langkah perlindungan hukum yang efektif bagi para anggotanya.

PERDESTI/ ISAM juga menyelenggarakan beberapa Pertemuan Ilmiah mulai dari tingkat Regional, Nasional dan Internasional yang diberi nama SWAM (Seminar and Workshop in Aesthetic Medicine) yang telah berjalan sejak dari tahun 2006 hingga hari ini dengan nama WeSWAM (Jawa Barat), CeSWAM (Jawa Tengah), EaSWAM (Jawa Timur), BaliSWAM (Bali), JakSWAM (Jakarta) dan Batam SWAM.

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat