uefau17.com

DreamWorks Animation Pecat 400 Karyawan - ShowBiz

, Jakarta Tahun 2014 kemarin bukan tahun yang menggembirakan bagi studio animasi DreamWorks Animation. Setelah sejumlah filmnya mengalami kerugian, studio animasi penghasil Shrek dan Kung Fu Panda ini mengambil keputusan berat: mengurangi jumlah karyawan.

Dilansir Variety, Senin (19/1/2015), pengurangan karyawan ini dilakukan setelah DreamWorks Animation berada di bawah pimpinan baru, Bonnie Arnold dan Mireille Soria. Dikatakan pemecatan kali ini mengakibatkan 150 sampai 400 karyawan bakal kehilangan pekerjaan. Sementara itu, Bill Damaschke, chief creative officer DreamWorks Animation,juga sudah mengundurkan diri.

Yang bakal kehilangan pekerjaan, kata Variety, adalah para animator, seniman storyboard serta berbagai pegawai bagian produksi lainnya.

Steve Hulett, perwakilan dari persatuan para animator Animation Guild, mengatakan pihaknya sudah mendapat laporan dari para anggota kalau sejumlah animator di-PHK sejak minggu lalu. "Kami sudah mendapat laporan, namun dari pihak perusahaan belum ada tanggapan," kata Hulett.

Produser dan sutradara How To Train Your Dragon 2. (dok. Hollywood Reporter)

Kepada Variety, pihak DreamWorks Animation juga tak memberi komentar. "Kami tak mengomentari gosip dan spekulasi," kata pihak studio.

Pemutusan hubungan karyawan dilakukan sebagai langkah strategis perusahaan setelah serangkaian kegagalan film-film animasi keluaran DreamWorks Animation. Di bawah pimpinan baru, Bonnie Arnold dan Mireille Soria, DreamWorks Animation tengah merancang tipe film seperti apa yang akan dibuat studio tersebut, serta mengurangi bujet produksi dan penghematan lain.

Dilansir Variety, DreamWorks Animation menderita kerugian hingga USD 87 juta akibat Rise of the Guardians gagal di box office, USD 13,5 juta kerugian dari Turbo, serta USD 57 juta kerugian dari Mr. Peabody & Sherman.

Meski tiga film animasi di atas merugi, DreamWorks Animation masih menorehkan prestasi. Film mereka, How To Train Your Dragon 2 meraih gelar Film Animasi Terbaik ajang Golden Globe Awards 2015 dan masuk nominasi kategori yang sama di ajang Oscar 2015. (Ade)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat