uefau17.com

4 Ribu Rumah Dikabarkan Terdampak Erupsi Gunung Ruang, Apa Hasil Verifikasi? - Regional

, Sitaro - Sebanyak 4 ribu rumah di Pulau Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulut, terdampak erupsi Gunung Ruang, di Pulau Ruang, diverifikasi tingkat kerusakannya. Namun hingga kini belum diketahui hasilnya.

"Kepala BNPB ketika berkunjung ke posko pengungsi di Apengsala sudah menyampaikan bahwa pemerintah melalui BNPB akan menanggulangi perbaikan rumah yang rusak itu," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Sitaro Denny Kondoj pada, Kamis (20/6/2024).

Dia mengatakan, sebelum diberikan bantuan maka tim dari BNPB bersama akademisi melakukan verifikasi untuk memastikan kategori tingkat kerusakannya. Namun hingga kini hasil verifikasi itu belum ada.

 "Masih kita tunggu hasil verifikasi terkait kerusakan ribuan rumah itu," ujarnya.

Denny mengatakan, apabila tingkat kerusakan tergolong berat maka akan mendapatkan bantuan sebesar Rp60 juta, rusak sedang sebesar Rp30 juta, dan rusak ringan sebesar Rp15 juta.

Rumah dengan tingkat kerusakan kategori berat dapat dipastikan berada di Pulau Ruang di mana Desa Laingpatehi dan Desa Pumpente berada.

"Warga dua desa di Pulau Ruang tersebut sudah pasti tidak bisa kembali ke sana. Mereka akan direlokasi," ujarnya.

Dia mengatakan, saat ini verifikasi tingkat kerusakan semuanya difokuskan bagi rumah-rumah penduduk yang tinggal di Pulau Tagulandang, berdekatan dengan Pulau Ruang.

"Tingkat kerusakan rumah penduduk di Pulau Tagulandang rata-rata sedang, tetapi umumnya ringan. Nah, kita masih menunggu hasil verifikasi berapa yang rusak sedang dan berapa yang rusak ringan," katanya.

Diketahui, Gunung Ruang meletus tanggal 16 April 2024 setelah terjadi peningkatan aktivitas vulkanik signifikan. setelah itu, pada 30 April 2024, gunung setinggi 725 mdpl itu kembali meletus dengan kekuatan lebih dasyat.

Simak Video Pilihan Ini:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat