uefau17.com

Prediksi Puncak Mudik Wisata Idul Adha di Pelabuhan Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk - Regional

, Serang - Puncak mudik dan wisata di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, maupun Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk, diprediksi terjadi pada Sabtu, 15 Juni 2024. Sedangkan arus baliknya, diperkirakan pada Selasa, 18 Juni 2024.

Masyarakat yang ingin bepergian melalui Pelabuhan Merak, diimbau membeli tiket melalui aplikasi Ferizy, sebelum sampai di pelabuhan paling barat Pulau Jawa itu.

"Untuk lintas Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk, kami pastikan kesiapan pelabuhan dan kapal dalam menghadapi lonjakan pengguna jasa yang melakukan perjalanan darat dan penyeberangan," ujar Shelvy Arifin, Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry, Jumat, (14/06/2024).

Adapun untuk pergerakan kendaraan dan penumpang pada periode libur Idul Adha 2024 ini, diperkirakan mengalami kenaikan sekitar 10 persen bila dibandingkan periode sama tahun lalu. 

Masyarakat akan merasakan libur panjang, mulai Sabtu hingga Selasa, 15-18 Juni 2024. Sedangkan Idul Adha jatuh pada Senin, 17 Juni 2024.

Khusus di lintasan sibuk, rute Merak-Bakauheni terdapat 30 unit kapal yang siap beroperasi 24 jam dengan total 123 trip. Sedangkan di lintas Ketapang-Gilimanuk terdapat 28 unit kapal yang beroperasi 24 jam dengan total 200 trip.

Sementara itu, berdasarkan data Posko Lebaran 2024, jumlah rata-rata kendaraan yang menyeberang saat weekday sebanyak 11.992 unit per hari, sedangkan saat weekend sebanyak 14.511 unit per hari. 

"Agar penumpang dapat tertib, tetap mengikuti arahan petugas kapal dan pelabuhan untuk keselamatan dan keamanan bersama. Pastikan juga, kondisi stamina Anda dan kendaraan dalam keadaan prima demi kelancaran perjalanan liburan," jelasnya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pastikan Miliki Tiket Sebelum Sampai Pelabuhan

Fasilitas pelayanan libur Idul Adha telah disiapkan sebelum Idul Fitri, sehingga masih bisa dinikmati oleh masyarakat.

Seperti, di Pelabuhan Merak tersedia toll gate dan vending machine sebanyak 50 unit, CCTV 140 unit, layanan posko kesehatan sebanyak tiga lokasi, fasilitas toilet lebih dari 120 unit, dan kapasitas kapal per harinya akan mampu mengangkut hingga 39.000 unit kendaraan kecil per harinya.

"Kami minta kepada masyarakat agar dapat mempersiapkan keberangkatan sejak jauh hari, pastikan telah bertiket sebelum berangkat, dan tiba di pelabuhan sesuai dengan jadwal yang tertera di tiket," jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat