uefau17.com

Gyoza Mocaf Tongkol, Inovasi Kuliner Mahasiswa Vokasi UNY - Regional

, Yogyakarta - Mahasiswa prodi D4 Tata Boga Fakultas Vokasi UNY Dimas Wahyu Nugroho, berinovasi dengan memodifikasi makanan Gyoza atau pangsit mini dari Cina dengan ikan tongkol dan tepung mocaf dan menjadi Gyoza Mocaf Tongkol. Gyoza yang biasanya menggunakan isian daging cincang atau ayam ini diganti isian ikan tongkol dan menggunakan tepung mocaf menggantikan tepung terigu. Dimas memilih isian ikan tongkol karena memiliki kandungan kalsium yang lebih tinggi dibandingkan dengan ayam. Selain itu ikan tongkol juga memiliki kandungan omega 3 yang baik untuk kesehatan.

“Pemilihan ikan tongkol juga untuk meningkatkan pemanfaatan dan hasil olah ikan tongkol,” katanya, Jumat 7 Juni 2024.

Sementara Gyoza menggunakan tepung mocaf karena memiliki kandungan kalsium dan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan terigu yang baik untuk kesehatan tulang dan mencegah anemia. Pembuatan gyoza ikan tongkol ini dibagi menjadi dua bagian yaitu resep kulit dan resep isinya.

"Bahan untuk resep kulit gyoza adalah tepung terigu, tepung mocaf, garam halus dan air hangat."

Cara membuatnya,

Dimas mengatakan untuk membuat Gyoza Mocaf Tongkol ini pertama campurkan tepung terigu, tepung mocaf dan garam, aduk rata. Lalu tambahkan air hangat, uleni hingga tercampur rata, tutup dengan plastik, diamkan 1 jam.

"Setelah 1 jam adonan siap dibentuk menjadi kulit, pipihkan dengan rolling pin kemudian potong dengan ring cutter," katanya.

DImas melanjutkan untuk resep isian, membutuhkan bahan ikan tongkol, udang, kubis cincang kasar, daun bawang iris tipis, bawang putih cincang kasar, garam halus, gula pasir, minyak wijen, kecap asin, jahe bubuk dan minyak goreng.

"Cara membuatnya, haluskan/giling ikan tongkol dan udang, setelahnya campur semua bahan menjadi satu, aduk rata dan adonan isian siap digunakan. Ambil kulit gyoza, beri isian 1 sdm, kemudian lipat, ulangi hingga kulit dan isian habis," katanya.

"Panaskan frying pan dengan sedikit minyak goreng, masukkan gyoza, masak hingga bagian bawah kecoklatan, kemudian tambahkan air, tutup frying pan. Masak hingga matang kurang lebih 4 menit. Gyoza Mocaf Tongkol siap dihidangkan."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat