uefau17.com

Torehkan Sederet Prestasi, 2 Kades Babel Dianugrahi Anubhawa Sasana Jagaddhita - Regional

, Jakarta - Sebanyak 2 kepala desa (Kades) dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berhasil meraih penghargaan Anubhawa Sasana Jagaddhita. Kedua kades tersebut yaitu Zaiwan selaku Kades Namang Kabupaten Bangka Tengah dan Pratiwi Perucha sebagai Kades Keciput Kabupaten Belitung.

Penghargaan Anubhawa Sasana Jagaddhita diberikan kepada kades yang berperan aktif dalam meningkatkan kesadaran hukum masyarakat dan mendukung investasi, pariwisata, serta pembukaan lapangan kerja melalui sumber daya alam dan kearifan lokal adat-istiadat.

Zaiwan berhasil meraih 4 penghargaan sekaligus, yakni Non Litigation Peacemaker (NLP), Anubhawa Sasana Jagaddhita, Paralegal Justice Award 2024, dan Peringkat 1 Peserta Favorit Publik dari Region 3.

"Alhamdulillah, anugerah ini didapat berkat dukungan dan doa dari semua pihak," ungkap Zaiwan, Senin (3/6/2024).

Desa Namang nama sendiri merupakan desa sadar hukum yang memiliki berbagai penghargaan, yaitu Wana Lestari 2010, Adi Karya Pangan Nusantara 2013, Hutan Pelawan sebagai Hutan Pariwisata Award Bidang Lingkungan, Paramakarya 2017, Desa Mandiri dan Desa Wisata di tahun 2023.

Kemudian, Pratiwi Perucha berhasil mendapatkan tiga gelar yakni gelar Non Litigation Peacemaker (NLP), Anubhawa Sasana Jagaddhita dan Paralegal Justice Award 2024. Desa Keciput sendiri masuk ke dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) dari Kementerian Pariwisata.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bangka Belitung (Babel), Harun Sulianto turut mengapresiasi atas dedikasi para kades yang telah bekerja dengan pengabdian dan karya terbaiknya.

Harun juga mengumumkan jika saat ini telah ada 41 desa sadar hukum dan 138 desa binaan di Bangka Belitung yang masuk dalam pembinaan Kanwil Kemenkumham Babel. Ia terus berusaha melakukan pendekatan kepada para kades untuk terus membantu pemulihan ekonomi nasional.

"Terima kasih kepada Kades Namang Bangka Tengah dan Keciput Belitung yang telah mendapatkan anugerah Anubhawa Sasana Jagaddhita“ puji Harun Sulianto.

Hal senada dikatakan, Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kemenkumham, Widodo Ekatjahjana. Ia menilai penghargaan Anubhawa Sasana Jagaddhita diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada kades yang telah menyukseskan dan mengembangkan program pemberdayaan masyarakat.

"Peserta yang mendapatkan anugerah sebagai Anubhawa Sasana Jagaddhita (ASJ) sebanyak 50 Orang, dari 300 orang peserta," pungkas Widodo.

 

Simak Video Pilihan Ini:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat